HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG ICU RSUD KEMBANGAN TAHUN 2024

Authors

  • Nurkholis Abdullah Universitas Indonesia Maju
  • Weslei Daeli Universitas Indonesia Maju
  • Arif Hidayatullah Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.4163

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, perawat, Kepuasan

Abstract

Aktivitas jasa Rumah Sakit juga erat dikaitkan dengan kualitas pelayanan, fasilitas, serta kepuasan. pelayanan Kesehatan menjadi pasar yang semakin kompetitif, mempelajari pengalaman pasien tentu dapat membantu praktisi untuk lebih baik mencakup perspektif pasien dalam pemberian layanan dan meningkatkan kepuasan pasien, Mengetahui Hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di Ruang ICU RSUD  Kembangan.Penelitian ini adalah deskriptif corelational yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental Sampling. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh hasil 83 responden yang meyatakan Kualitas pelayanan tidak baik berjumlah 33 responden (39,8%), kualitas pelayanan baik 50 responden (60,2%). Responden menyatakan tidak puas 31 responden (37,3%), menyatakan puas 52 responden (62,7%). Hasil analisis diperoleh nilai P Value sebesar 0,000 < α= 0,000 artinya ada hubungan antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien. Dengan adanya penelitian ini diharapkan Rumah Sakit dapat menyusun strategi peningkatan mutu pelayanan di RSUD Kembangan melalui strategi yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

References

Ade$ Syarif Maulana, 2016. Pe$ngaruh Kualitas Pe$layanan Dan Harga Te$rhadap Ke$puasan Pe$langgan PT. Toi. Jurnal : Fakultas E$konomi dan Bisnis Unive$rsitas E$sa Unggul Jakarta

Asmuji. 2016. Manaje$me$n Ke$pe$rawatan Konse$p dan Aplikasi (M. Sandra E$d.). Yogyakarta: Ar.Ruzz Me$dia

Broe$k, dkk 2015. Que$stionnaire$s on Family Satisfaction in the$ Adult ICU: A Syste$matic Re$vie$w Incliding Psychome$tric Prope$rtie$s

Clark, K., Milne$r, K. A., Be$ck, M., & Mason, V. 2016. Me$asuring Family Satisfaction With Care$ De$live$re$d in the$ Inte$nsive$ Care$ Unit. Critical Care$ Nurse$

E$ste$r Me$i Frida, Pre$tty L.Tampubolon, Lastiur Apriani Sinaga. 2022. Gambaran ke$puasan ke$luarga pasie$n te$ntang mutu pe$layanan ke$pe$rawatan di Ruang ICU RSIA Ste$lla Maris Me$dan https://jurnal.darmaagung.ac.id/inde$x.php/darmaagunghusada/article$/vie$w/1474

Fandy Tjiptono. 2015. Strate$gi Pe$masaran, E$disi 4, Andi Offse$t, Yogyakarta.

Haliman. Alif, & Ari Wulandari. 2012. CE$RDAS ME$MILIH RUMAH SAKIT. E$d.I.-Yogy.e$d. Be$ne$dicta Rini W. Yogyakarta: Rapha.

Hasbi, Wiyadi, Amirudin 2023 Hubungan kualitas pe$layanan pe$rawatan de$ngan tingkat ke$puasan ke$luarga pasie$n di ruang inte$nsive$ Care$ Unit (ICU) RSD dr. H. Soe$marno Sosroatmodjo Tanjung Se$lor Tahun 2023 https://e$journal.itka.ac.id/inde$x.php/sainte$ke$s/article$/vie$w/80

Hasniar. 2020. Gambaran mutu pe$layanan te$rhadap ke$puasan pasie$n BPJS di Unit Rawat inap RSUD Sye$kh Yusuf Kabupate$n Gowa Tahun 2020. http://re$pository.unhas.ac.id/id/e$print/12126/2/K11115073_skripsi_30-11-2021.pdf%201-2.pdf

Ke$me$nke$s RI. 2011. Pe$tunjuk te$knis pe$nye$le$nggaraan pe$layanan Inte$nsive$ care$ unit di Rumah sakit. Jakarta Ke$me$ntrian Ke$se$hatan RI No. 834/ME$NKE$S/SK/VII/2010

Ke$me$nke$s RI. 2016. Pe$rme$nke$s, 2016. Pe$raturan Me$nte$ri Ke$se$hatan Re$publik Indone$sia Nomor72 Tahun 2016 Te$ntangStandar Pe$layanan ke$farmasian di Rumah sakit.Jakarta: Ke$me$ntrian Ke$se$hatan Re$publik Indone$sia.

Ke$me$nke$s RI. 2019. Pe$raturan Me$nte$ri Ke$se$hatan Re$publik Indone$sia No 30 Tahun 2019 Te$ntang Klasifikasi dan Pe$rizinan Rumah Sakit

Manalu, J.S. 2014. Pe$ngaruh Komunikasi Inte$rpe$rsonal te$rhadap Kine$rja Pe$rawat Ruang Rawat Inap RSUD DR Djasame$n Saragih Pe$matangsiantar. Te$sis. Unive$rsitas Sumate$ra Utara Me$dan.

Manurung P.Z, Asyiah, Anto. 2020. Pe$ngaruh Kualitas pe$layanan pe$rawat te$rhadap ke$puasan pasie$n di ruang rawat inap RSUD DR.Pirngadi Me$dan https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/inde$x.php/MPPKI/article$/vie$w/1082/921

Musliha. 2010. Ke$pe$rawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Nuha Me$dika.

Muninjaya, A. A. G. 2015. Mnanaje$me$n Mutu Pe$layanan Ke$se$hatan. Jakarta: E$GC

M.Yusuf Juni Irayana. 2020. Pe$ngaruh Kualitas pe$layanan te$rhadap ke$puasan Masyarakat https://re$pository.ar-raniry.ac.id/id/e$print/17823/

Nasrudin, Juhana. 2019. Me$tode$logi Pe$ne$litian Pe$ndidikan. Bandung: PT. Ke$ncana Te$rra Firma.

Nursalam, 2016. Manaje$me$n Ke$pe$rawatan dan Aplikasi Dalam Praktik Ke$pe$rawatan, Sale$mba Me$dika. Jakarta

Pe$raturan Pe$me$rintah Re$publik Indone$sia Nomor 2 Tahun 2018 Te$ntang Standar Pe$layanan Minimal

Rahmawati, 2022. Apa Saja Variabe$l Pe$ne$litian Dalam Bidang Marke$ting ??? (Panduan Bagi Pe$ne$liti Pe$mula). Samarinda: Mulawarman Unive$rsity PRE$SS.

Saragih, N. P. 2020. Pe$ngaruh Pe$mbe$rian Minyak Zaitun Dalam Pe$nce$gahan De$kubitus Pada Pasie$n Stroke$ Di Ruang ICU Di Murni Te$guh Me$morial Hospital. 5(3), 150–154

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Ke$puasan Pasie$n Di Rumah Sakit Umum Dae$rah Piru. 10(Siti 2018), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Triwibowo. 2013. Manaje$me$n pe$layanan ke$pe$rawatan di rumah sakit. Jakarta: TIM.

Utami Ye$ni Tri. 2018 Pe$ngaruh Karakte$ristik pasie$n te$rhadap kualitas pe$layanan rawat jalan di UPTD Puske$smas Pe$numping Surakarta. Jurnal Ilmiah Re$kam Me$dis dan Informatika Ke$se$hatan

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novie$astari, E$. 2019. Ke$puasan Pasie$n te$rhadap Pe$ne$rapan Ke$se$lamatan Pasie$n di Rumah Sakit. Jurnal Ke$pe$rawatan Indone$sia, 22(1), 43–52. https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615

Wulan, S. E$. and Rohmah, W. N. 2019 ‘Gambaran Caring Pe$rawat Dalam Me$mbe$rikan Asuhan Ke$pe$rawatan Di Ruang Inte$nsive$ Care$ Unit (ICU) Rsud Raa Soe$wondo Pati’, Jurnal Ke$pe$rawatan dan Ke$se$hatan Masyarakat Ce$nde$kia Utama, 8(2), pp. 120–126. doi: 10.31596/jcu.v8i2.410.

Yanto, A dan Re$je$ki, S 2017, 'Faktor-Faktor yang Be$rhubungan de$ngan Pe$nurunan Stre$s Ke$rja Pe$rawat Baru di Se$marang', Nurscope$:Jurnal Ke$pe$rawatan dan Pe$mikiran Ilmiah, vol. 3, no. 1, hml. 1–10.

Yuniarti, Vinna Sri. 2015. Pe$rilaku Konsume$n Te$ori dan Praktik. Pustaka Se$tia. Bandung

Zale$ha Siti. 2022 Hubungan Mutu Pe$layanan Ke$pe$rawatan Te$rhadap Ke$puasan Pasie$n Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Dae$rah Mukomuko Tahun 2022. Journal Hyge$a Public He$alth, Vol. 1 No. 1 2022 page$: 35– 46| 35

Downloads

Published

2025-03-08