Korelasi Pemahaman Materi Sistem Pencernaan dan Pengetahuan Gizi dengan Perilaku Menjaga Pola Makan Sehat Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i3.4427Keywords:
Digestive System Understanding; Nutrition Knowledge; Healthy Eating Behavior; Student Behavior; CorrelationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi, mendeskripsikan perilaku menjaga pola makan sehat, serta menganalisis hubungan antara pemahaman materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi dengan perilaku menjaga pola makan sehat siswa kelas XI di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kesadaran siswa dalam menerapkan pola makan sehat meskipun telah mendapatkan pembelajaran terkait sistem pencernaan dan gizi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 99 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman sistem pencernaan, angket pengetahuan gizi, dan angket perilaku menjaga pola makan sehat, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman materi sistem pencernaan siswa berada dalam kategori cukup hingga baik dengan rata-rata 82,9, sementara pengetahuan gizi tergolong baik dengan rata-rata 91,7. Perilaku menjaga pola makan sehat siswa mayoritas dalam kategori tinggi dengan rata-rata 98,1. Namun, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi signifikan antara pemahaman sistem pencernaan dan pengetahuan gizi dengan perilaku menjaga pola makan sehat (p = 0,295; r = 0,159). Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman materi sistem pencernaan dan pengetahuan gizi hanya sebatas menyadarkan siswa akan pentingnya pola makan sehat, tetapi tidak cukup untuk membentuk kebiasaan atau mengubah perilaku makan mereka. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji faktor lain yang lebih berpengaruh, seperti lingkungan keluarga, teman sebaya, serta akses terhadap makanan sehat di sekolah.
Kata kunci: Pemahaman Sistem Pencernaan; Pengetahuan Gizi; Pola Makan Sehat; Perilaku Siswa; Korelasi
References
Akhfa, A. N. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi, dan TingkatPemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi. ARGIPA (Arsip Gizi Dan Pangan), 6(1), 52–62. https://doi.org/10.22236/argipa.v6i1.6196
Amalina, L. N., & Fitrah Dewi, R. (2020). Korelasi Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI IPA SMA pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Perilaku Pemilihan Makanan. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.27
Ariwati, V. D., Nufus, H., & Amalina, T. (2025). Analisis Jalur : Efektivitas Program Kesehatan Responsif Gender “ Aksi Bergizi ” terhadap Perilaku Remaja Sadar Gizi dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior di Kota Depok Path Analysis : The Effectiveness of the Gender-Responsive Health Program " Aks. 12(1).
Aulia Alhamda, Y. A. (2024). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Perilaku Gizi Seimbang Siswa SMP IT Al-ITTIHAD Kota Pekanbaru.
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Habsy, B. A., Rachmawati, A. P., Wiyono, R. F. W. F., & Rakhmanita, A. (2023). Penerapan Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Perkembangan Bahasa Vygotsky dalam Pembelajaran. Tsaqofah, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2143
Hartini, D. A., Kusumawati, D. E., Bahja, B., Dewi, N. U., & Aiman, U. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Makanan pada Remaja dengan Status Gizi Normal dan Tidak Normal di Kota Palu. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 7(2), 174–183. https://doi.org/10.22487/ghidza.v7i2.959
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Kartika, S. D., & Hermawan Adip. (2024). Perspektif kebijakan dan anggaran dari program makan bergizi gratis.
Kartini, T. D., Manjilala, M., & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201. https://doi.org/10.32382/mgp.v26i2.1231
Khomsan, A. (2021). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi (1st ed.). IPB Press.
Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266
Muhimah, H., & Farapti, F. (2023). Ketersediaan dan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Kesmas, 12(1), 575–582. https://doi.org/10.20473/mgk.v12i1.2023.575-582
Nainggolan, J. L., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Elisabeth, S. (2024). GAMBARAN POLA MAKAN SEHAT SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI REMAJA DI SMA SWASTA SANTO YOSEPH TANJUNG SELAMAT MEDAN.
Nur Hasanah, M., & Tanziha, I. (2023). Pengetahuan Gizi, Konsumsi Fast Food, Asupan Serat, dan Status Gizi Siswa SMA KORNITA. Jurnal Ilmu Gizi Dan Dietetik, 2(2), 74–82. https://doi.org/10.25182/jigd.2023.2.2.74-82
Rizka, Fatmawati, I., Maryusman, T., & Nasrullah, N. (2023). The Relationship of Body Image, Anxiety Level and Balanced Nutritional Knowledge with Eating Behavior among Students at 45 Vocational High School in Jakarta. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 15(1), 45–54.
Rukmana, E., Fransiari, M. E., Damananik, K. Y., & Nurfazriah, L. R. (2023). Assessment of Knowledge, Attitudes and Behavior of Balanced Nutrition and Nutritional Status in Adolescents at Bandung Foundation High School, Deli Serdang Regency. Amerta Nutrition, 7(2), 178–183. https://doi.org/10.20473/amnt.v7i2SP.2023.17
Sari., I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=5aC5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=bank+sampah+sekolah+pengelolaan+sampah+sekolah+sampah+non+organik+sekolah&ots=BnzzbeGjtU&sig=-qyRm1Bt4RElOpnl6FOxHlwh5sA
Sholihah, N. A. (2024). Korelasi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Perilaku Siswa Dalam Memilih Jajanan Sehat Kelas XI dan XII MIPA SMA PLUS AL AZHAR JEMBER. November.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Alfabeta.
Wagustina, S., Fitriyaningsih, E., & Novita, R. (2024). PENDAMPINGAN SISWA SADAR GIZI DALAM UPAYA PENCEGAHAN KURANG GIZI PADA ANAK SEKOLAH DI MIN 8 ACEH BESAR Nutrition awareness students ’ guidance in an efforts to prevent malnutrition in school children at MIN 8 Aceh Besar. 2024(6), 54–62.
Wibowo, A. I., Muhtarom, M., & Harun, L. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Vii Smp Islam Sultan Agung 1 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 539–548. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.13018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.