PENGARUH KESADARAN HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KONSUMEN PADA PRODUK HALAL NETWORK INTERNATIONAL (HNI) DI TOKO HALAL MART MUARA BULIAN AGENCY CENTER ASIH
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i3.4484Keywords:
Halal Awareness, Product Quality, Repurchase DecisionAbstract
The research in this thesis is motivated by consumer repurchase decisions on Halal Network International (HNI) products at the Halal Mart Muara Bulian Agency Center Asih store. This study analyzes the factors that influence consumer repurchase decisions of Halal Network International (HNI) products at the Halal Mart Muara Bulian Agency Center Asih. Using a quantitative method with a survey, this study found that halal awareness and product quality have a significant influence on repurchase decisions. These results emphasize the importance of maintaining halal and product quality to maintain consumers to continue to buy HNI products. The research method used is a quantitative method with a survey approach. The population used in this study were consumers who made repeat purchases at the Halal Mart Agency Center Asih Muara Bulian Store in 2023, namely 466 consumers.
References
Adinda Choirul Ummah, Moh. Bahrudin dan Syamsul Hilal (2023). Sertifikat Halal dan Kesadaran Halal pada Minat Beli Produk Makanan, Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah. 4 (4).
Ainun Reska, Yenni Samri Juliati Nst dan Khairina Tambunan (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Produk Takaful Dana Pendidikan pada PT Takaful Keluarga Cabang Medan, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 3 (1).
Arcy Lucyano Vergian dan Purbo Jadmiko (2023). Religuitas, Kesadaran Halal, Seritifikat Halal dan Product Ingredient dalam Mempengaruhi Minat Pembelian Konsumen Muslim, Jurnal Studi Ekonomi Syariah. 7 (2).
Asep Danurwenda Ismaya, Wati Susilawati dan Fitrin Rawati Suganda (2022). Kesadaran Halal dan Sertifikat Halal dalam Menentuka Minat Beli Produk Mie Instan Konsumen Muslim di Kabupaten Garut, Journal of Enterpeneurship and Strategic Management. 1 (1).
Bahtiar Adamsah dan Ganjar Eka Subakti (2022). Perkembangan Indutri Halal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, IndonesiaJurnal of Halal. 5 (1).
Dwi Edi Wibowo dan Benny Diah Mandusari (2022). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan, Indonesian Journal of Halal. 6 (1).
Dwi Putri Pratiwi dan Andrial Falahi (2023). Pengaruh Sertifikat Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Desa Bangun Rejo Tanjung Marawo, Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi. 10 (1).
I Gede Golden Aditya dan Ni Nyoman Kerti Yasa. Niat Beli Ulang: Persepsi Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk. Jawa Tengah: PT Media Pustaka Indo, 2024.
Ida Ayu Mas Laksmi dan Gusti Ayu Ketut Giantari. Niat Beli Konsumen Berbasis Sikap, Norma Subyektif, dan Kualitas Produk. Bali: CV Intelektual Manifes Media, 2023.
Lalu Izam Himawan dan Ismunandar (2023). Pengaruh Persepsi Nilai dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Cafe Beeginning, Junral Manajemen dan Ekonomi Kreatif. 1 (4).
M. Izul Fuadi, Survival dan Bambang Budianto (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi, Widyagama National Conference on Economics and Busnisess. 2 (1).
Maisyarah Rahmi. Pariwisata Halal Muslim Friendly Tourism Prespektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Palembang: Bening Media Publishing, 2022.
Meithiana Indrapsari. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.
Muhammad Syarofi. Pendorong Percepatan Program Sertifikat Halal. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2024.
Muzakkir (2022). Menalar Gaya Hidup Masyarakat Mileneal Terhadap Penggunaan Obat Halal HNI-HPAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat), Jurnal Studi Islam. 6 (2).
Ni Wayan Diah Chandra Swari Dewi, Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja dan Daniel Manek (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Iphone di Denpasar, Jurnal Emas. 4 (4).
Nidya Waras Sayekti et al. Kawasan Industri Halal: Upaya Menuju IndonesiaPusat Produsen Halal Dunia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2022.
Yunila, Muhammad Pariama dan Nanda Apriani (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Mbakoy Coffe Unaaha, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 10 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.