PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SETINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.4984Keywords:
Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar dan SMP.Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar maka metode pembelajaran dan motivasi belajar harus mendukung dan memadai di setiap proses pembelajaran. Upaya membangkitkan hasil belajar siswa diperlukan metode pembelajaran dan motivasi belajar agar pelaksanaan kegiatan belajar secara efektif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan mengidentifikasi sumber-sumber karya ilmiah yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode pembelajaran dan motivasi belajar memiliki hasil yang positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor inilah memiliki peran penting karena dapat mendorong munculnya kesadaran diri untuk lebih fokus dalam mencapai tujuan yang diinginkan siswa. Guru diharapkan dapat menciptakan metode pembelajaran dan motivasi belajar yang mendukung hasil belajar siswa guna mencapai hasil pembelajaran yang maksimal
References
ALdityal, D. Y. (2016). Pengalruh peneralpaln metode pembelaljalraln resitalsi terhaldalp halsil belaljalr maltemaltikal siswal. SALP (Susunaln ALrtikel Pendidikaln), 1(2).
ALdrialdi, AL., & Talrihoraln, N. AL. (2016). Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning (PBL) daln Motivalsi Siswal terhaldalp Halsil Belaljalr PALI di SMP Negeri I Ciruals–Seralng. Salintifikal Islalmical: Jurnall Kaljialn Keislalmaln, 3(02), 145-168.
ALmbalrsalri, F. P. (2021). Pengalruh penggunalaln metode ceralmalh daln metode diskusi terhaldalp halsil belaljalr Pendidikaln ALgalmal Islalm kelals VII di SMP Negeri 1 Punggur (Doctorall dissertaltion, IALIN Metro).
ALnggralini, W. D. (2016). ALnallisis Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Halsil Belaljalr Maltal Pelaljalraln Ekonomi di Kelals XI IPS SMAL. Skripsi, Progralm Studi Pendidikaln Ekonomi Jurusaln Pendidikaln Ilmu-Ilmu Sosiall Falkultals Kegurualn daln Ilmu Pendidikaln Universitals Talnjungpural Pontialnalk.
ALrends, R. (2014). Lealrning to Tealch (10th Edition). McGralw-Hill Educaltion, New York.
ALsyalfalh, AL. (2019). Menimbalng Model Pembelaljalraln (Kaljialn Teoretis-Kritis altals Model Pembelaljalraln dallalm Pendidikaln Islalm). Talrbalwy: Indonesialn Journall of Islalmic Educaltion, 6(1), 19-32.
Blalck, P. & D. Willialm. (1998). ALssessment alnd Clalssroom Lealrning. ALssessment in Educaltion: Principles, Policy & Pralctice, 5(1), 774.
Citrialdin, Y. (2020). Metode Penelitialn Kuallitaltif Sualtu Pendekaltaln Dalsalr. Salnalbil, Maltalralm.
Dalkhi, AL. S. (2020). Peningkaltalkn Halsil Belaljalr Siswal. Jurnall Educaltion alnd development, 8(2), 468-470.
Deci, E. L., & Ryaln, R. M. (2013). Intrinsic motivaltion alnd self-determinaltion in humaln behalvior. Springer Science & Business Medial.
Falridal, I., Herkulalnal., & Sallim, I. (2015). Pengalruh motivalsi belaljalr daln pemalnfalaltaln sumber belaljalr terhaldalp halsil belaljalr siswal SMP Negeri 11 Pontialnalk. Jurnall Pendidikaln daln Pembelaljalraln Khaltulistiwal (JPPK), 4(5).
Fredricks, J. AL., Blumenfeld, P. C., & Palris, AL. H. (2014). School Engalgement: Potentiall of the Concept, Stalte of the Evidence. Review of Educaltionall Resealrch, 74(1), 59–109.
Halmre, B. & Pialntal, R. C. (2001). Ealrly Tealcher-Child Relaltionships alnd the Traljectory of Children’s School Outcomes through Eighth Gralde. Child Development, 72(2), 625-638 .
Hutomo, S., ALkmall, D., Dalrmalwaln, D & Yulialnal (2012). Dalsalr-Dalsalr Evallualsi Pendidikaln. ALddalr Press, Jalkalrtal.
Julyalnti, E., Ralhmal, I. F., Chalndal, O. D., & Nisalh, H. (2021). Pengalruh motivalsi terhaldalp halsil belaljalr siswal sekolalh menengalh pertalmal. Jurnall Pembelaljalraln Daln Maltemaltikal Sigmal (Jpms), 7(1), 7-11.
Kebaln, M. L., Nalhalk, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengalruh Motivalsi Belaljalr Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal SMP. Jurnall Salintek Lalhaln Kering, 1(1), 17-18.
Khotimalh, S. H. (2017). Pengalruh Penggunalaln Metode Pembelaljalraln Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Ditinjalu dalri Sikalp Siswal Paldal Pelaljalraln Maltemaltikal. Hikmalh: Journall of Islalmic Studies, 13(1), 95-114.
Kusnalndalr, D. (2019). Pengalruh model problem balsed lealrning terhaldalp halsil belaljalr kognitif daln motivalsi belaljalr IPAL. MALDRALSCIENCE: Jurnall Pendidikaln Islalm, Salins, Sosiall, Daln Budalyal, 1(1), 17-30.
Novital, E. (2020). Motivalsi daln Pengalruhnyal Terhaldalp Halsil Belaljalr Pendidikaln ALgalmal Islalm Di SMPN. 2 Talngse (Doctorall dissertaltion, UIN ALR-RALNIRY).
Paludi, R. I., Jalmhalri, M., & Malwalddalh, H. (2021). Self Efficalcy Daln Motivalsi Belaljalr: Pengalruhnyal Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Paldal Maltal Pelaljalraln Ipal Di Mtsn Kotal Pallu. In Prosiding Seminalr Nalsionall Pendidikaln Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 48-55).
Palyung, L. M., Ralmaldhaln, AL., & Budialrsal, I. M. (2016). Pengalruh pengetalhualn alwall, kecerdalsaln emosionall, daln motivalsi belaljalr terhaldalp halsil belaljalr ipal siswal kelals viii smp negeri 3 palrigi. Mitral Salins, 4(3), 59-67.
Praltalmal, F. (2019). ALnallisis Falktor Yalng Mempengalruhi Halsil Belaljalr Pesertal Didik Paldal Maltal Pelaljalraln Ekonomi Di Kelals XI IPS SMALN 2 Pallembalng. Skripsi, Progralm Studi Pendidikaln Ekonomi Jurusaln Pendidikaln Ilmu Pengetalhualn Sosiall Falkultals Kegurualn Daln Ilmu Pendidikaln Universitals Sriwijalyal.
Prihaltini, E. (2017). Pengalruh metode pembelaljalraln daln minalt belaljalr terhaldalp halsil belaljalr IPAL. Formaltif: Jurnall Ilmialh Pendidikaln MIPAL, 7(2).
Rofiq, AL., & I. Malshuri. (2021). Pengalruh penggunalaln metode role plalying terhaldalp halsil belaljalr siswal paldal maltal pelaljalraln pendidikaln algalmal islalm di SMP bustalnul malkmur genteng. MUMTALZ: Jurnall Pendidikaln ALgalmal Islalm, 1(1), 001-011.
Salaldalh, F. Y., & L. Y. Susalnti. (2020). Pengalruh model pembelaljalraln kooperaltif tipe STALD terhaldalp halsil belaljalr ipal kelals VII MTs. Indonesialn Journall of Malthemaltics alnd Nalturall Science Educaltion, 1(2), 81-90.
Sallalm., Ernalwalti., & Ghalni, R.AL., 2023. Pengalruh Metode Pembelaljalraln Terhaldalp Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal Kelals Viismp Negeri 3 Ralngkalsbitung Ditinjalu Dalri Kemalmpualn ALwall Siswal. Jurnall Penelitialn daln Penilalialn Pendidikaln. 5(1). 29-42.
Salnjalyal, W. (2011). Straltegi Pembelaljalraln Berorientalsi Stalndalr Proses Pendidikaln. Kencalnal Prenaldal Medial, Jalkalrtal.
Salrdimaln, AL. M. (2018). Interalksi daln Motivalsi Belaljalr Mengaljalr. Raljalwalli Pers, Depok.
Salri, M., D. ALltin, & D. Prihalrdini. (2024). Pengalruh Motivalsi Belaljalr, Disiplin Belaljalr daln Lingkungaln Kelualrgal terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal SMP Negeri 10 Palngkallpinalng. Holistic Journall of Malnalgement Resealrch, 9(2), 25-41.
Sholihalh, AL., & Kurnialwaln, R. Y. (2016). ALnallisis pengalruh motivalsi belaljalr daln lingkungaln belaljalr terhaldalp halsil belaljalr. Jurnall Pendidikaln Ekonomi (JUPE), 4(3).
Sinalmbelal, E. AL., Malrdikalningsih, R., & Dalrmalwaln, D. (2014). Inovalsi Pendidikaln daln Profesionallisme Guru. IntiPresindo Pustalkal, Balndung.
Slalvin, R. E. (1996). Resealrch on Cooperaltive Lealrning alnd ALchievement: Whalt We Know, Whalt We Need to Know. Contempopalry Educaltionall Psychology, 21(1), 43-69.
Sobalndi, R. (2017). Pengalruh Motivalsi Belaljalr terhaldalp Halsil Belaljalr Balhalsal Indonesial paldal Siswal Kelals VIII MTS Negeri 1 Palngalndalraln. Diksaltralsial: Jurnall Ilmialh Pendidikaln Balhalsal daln Salstral Indonesial, 1(2), 306-310.
Syalfi’I, AL., Malrfiyalnto, T., & Rodiyalh, S. K. (2018). Studi Tentalng Prestalsi Siswal Dallalm Berbalgali ALspek Daln Falktor Yalng Mempengalruhi. Jurnall Komunikalsi Pendidikaln, 2(2), 115-123.
Teni, T., & Yudiyalnto, AL. (2021). Pengalruh Motivalsi Belaljalr Terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal Kelals VII SMP Negeri 2 Kedokaln Bunder Kalbupalten Indralmalyu. Jurnall Pendidikaln Indonesial, 2(1), 105-117.
Tison, B., ALlbert, B., & Pemaltalng, N. (2023). Pengalruh Disiplin Belaljalr daln Lingkungaln Belaljalr terhaldalp Halsil Belaljalr Siswal paldal Maltal Pelaljalraln Ekonomi.
Utalmi, P. S., & Galfur, AL. (2015). Pengalruh metode pembelaljalraln daln galyal belaljalr siswal terhaldalp halsil belaljalr IPS di SMP Negeri di Kotal Yogyalkalrtal. Halrmoni Sosiall: Jurnall Pendidikaln IPS, 2(1), 97-103.
Yalnal, E., & Jalyalnti, R. P. (2014). Pengalruh Lingkungaln Sekolalh Daln Sikalp Pesertal Didik Terhaldalp Halsil Belaljalr Pesertal Didik Paldal Maltal Pelaljalraln Ekonomi. Edunomic, 2(2), 89-93.
Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setialwalti, M. (2022). Pengalruh motivalsi belaljalr siswal terhaldalp halsil belaljalr siswal SMP N 1 X Koto Dialtals. PROMOSI: Jurnall Progralm Studi Pendidikaln Ekonomi (e-Journall), 10(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.