PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dea Mustika Universitas Islam Riau
  • Afisa Dwi Zhafira Universitas Islam Riau
  • Eka Safika Universitas Islam Riau
  • Meyza Putri Rahayu Universitas Islam Riau
  • Nursyafika Putri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.5018

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pengikat kegiatan pembelajaran lintas mata pelajaran. Di tingkat sekolah dasar, pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, dengan menghubungkan konsep-konsep antar mata pelajaran secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar, termasuk kelebihan, tantangan, serta strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode Penelitian yang dipergunakan yakni studi literature. Sumber data didapatkan dari berbagai referensi. Data-data tersebut dielaborasikan dengan teori-teori seputar landasan-landasan yang ada pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa, namun implementasinya masih menghadapi beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya, kesiapan guru, serta kesulitan dalam merancang perangkat ajar yang terpadu. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar.

References

Pratiwi Pujiastuti, Sekar Purbarini Kawuryan, Dkk, Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, Jurnal Kependidikan, Volume 1, Nomor 2, November 2017, 188

Nurjannah, Aida Zalsabilah Idris, Model Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol 2, No. 02, (Oktober 2024), 259-260

Faisal, Stelly Martha Lova, Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, Penerbit: Cv. Harapan Cerdas Medan – Indonesia, Cetakan Pertama, Oktober 2018, 23

Nurul Hidayah, Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar, Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 1 Juni 2015, 35-36

Fitri Sakinah, Yanti Fitria, Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 03, September 2024, 3-4

Vidia Putri Hadiyani, Muhammad Syahru Romadhon, Dkk, Landasan-Landasan Dalam Pembelajaran Tematik, Jurnal Ilmiah Madrasah Volume 2 Issue,1 2025, 31

Desi Eka Pratiwi, Nurul Agustin, Pembelajaran Tematik Di Sd/Mi Teori Dan Praktik, Penerbit: Uwks Press, Cetakan Ke-1, Agustus 2022, 7-9

Kadir, Abd & Hanun Asrohah, Pembelajaran Tematik, Dicetak Di Kharisma Putra Utama Offset, Diterbitkan Oleh Pt Rajagrafindo Persada, Cetakan Ke-2, Juni 2015, 6

Hermawan Wahyu Setiadi, Taufik Muhtarom, Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar, Diterbitkan Oleh Pt. Pena Persada Kerta Utama, Cetakan Pertama: 2023, 5-6

Nur Fadila, Taufina Taufik, Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar : Studi Literatur, Jurnal Inovasi Pembelajaran Sd, Volume 8, Nomor 9, 2020, 17-19

Downloads

Published

2025-06-07