PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MEDIA MIND MAP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.5078Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Learning Cycle 7E, Mind MapAbstract
penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. hanya sedikit peserta didik yang mampu menganalisis dan mengevaluasi permasalahan, disebabkan oleh kurangnya pemahaman materi ekonomi dan kebiasaan belajar dengan model pembelajaran konvensional yang mengutamakan metode ceramah. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas xi ips sman 1 panawangan berjumlah 128 adapun pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan memperhatikaan keaktifan peserta didik. kelas xi ips 3 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran learning cycle 7e berbantu media mind map dan kelas xi ips 4 berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan adalah tes uraian (pretest-posttest) dengan teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan ibm spss 25. hasil perhitungan uji hipotesis pertama diketahui bahwa nilai t hitung (38.611) > t tabel (2,042) dan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, maka ho ditolak atau ha diterima. hipotesis kedua t hitung (22.825) > t tabel (2.042) dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 dengan demikian ho ditolak atau ha diterima. sedangkan hipotesis ketiga menunjukkan nilai t hitung > t tabel (9.083 > 2,000) dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti ho ditolak. dengan demikian, simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata pelajaran ekonom sesudah perlakuani khususnya pada materi apbn dan apbd. hal tersebut juga diperkuat dari nilai effect size dari partial eta squared sebesar 0.579 atau 57.9%. ini menunjukkan bahwa penerapan model tersebut pada dalam mata pelajaran ekonomi dengan materi apbn dan apbd menurut kriteria cohen memberikan efek yang tergolong sedang
References
Ahmad Ibnu Rusyd. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, Vol. 13 No. 2. DOI: 10.29303/ jpm.v13i2.7451
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi 2. Jakarta: BUMI AKSARA.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisiplinier. Purwokerto: CV Pena Persada.
Duwi Priyatno. (2017). Panduan Praktis Olah data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: PENERBIT ANDI.
Eka Yustia Al Husnul. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Gravity:Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaraan Fisika. e-ISSN: 2528-1976
Erlynda, Surahman, E., & Putra, R. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan DiKelas VII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 140–152. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2800
Elvira, C. dan R. Verbrianto. (2021). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMPN 1 Kampar Kiri Tengah. Journal of Instructional Development Research. 2(2): 95-105.
Fitria Novita Sari. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ipa Smp. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA: e-ISSN: 2406-7393.
Iman, Hidayatul.(2022). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecial%20Issue.3577.
Jailani, Dkk. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills,Yogyakarta: UNY Press.
Jella Rantika. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7e Berbantuan Media Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik di SMA. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Ntan Lampung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.