KONTRIBUSI ORANG TUA TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN ADIPALA 01
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.5467Keywords:
Kontribusi orang tua, hasil belajar, siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi orang tua terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas III di SDN Adipala 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang terdiri dari siswa, guru kelas, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi menurut model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dukungan yang diberikan meliputi dorongan moral, penyediaan fasilitas belajar di rumah, serta komunikasi aktif dengan guru. Siswa yang mendapat dukungan optimal dari orang tua cenderung menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya.
References
Admelia, M., Farhana, N., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654.
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal of Education and Instruction, 4(2), 564–576.
Ayun, D. R. (2017). Teori Pola Asuh dalam Konteks Perkembangan. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Azizah, A., & Istiqamah, N. (2021). Pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres 1 Donggulu. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), Oktober.
Azzahra, N., Fisabila, N. A. L., Mildia, S., & Kurnia, B. (2021). Peran keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar anak di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (SENAPADMA), 1, 104–110. Universitas Nusa Putra.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240–246.
Hendrawan, M., & Hendriana, H. (2021). Gaya Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 77–84.
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi Belajar Siswa kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 129–139.
Nuraeni, D., & Lubis, I. (2022). Pola Asuh Anak Sesuai Karakter Individu. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 55–63.
Rahma, I., & Abdul Muhid. (2022). Motivasi Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1).
Rohmat, J. (2010). Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Subagia, I. W. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Perilaku Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 88–96.
Supardi, S. (2015). Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematis Logis dalam Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 80–88.
Wibowo, A., & Oktafira, R. A. (2024). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 35–45.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.