MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH MIDANUTTA'LIM MAYANGAN JOGOROTO JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.5491Keywords:
contextual learning, Islamic jurisprudence, student understanding, learning model, madrasah.Abstract
This research examines the application of the contextual teaching and learning (CTL) model in Islamic jurisprudence (fikih) education to enhance student understanding at Madrasah Aliyah Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang. Data were gathered through documentation, interviews, and observation using a qualitative case study methodology. The findings demonstrate the active and consistent application of the contextual learning model. especially by linking fikih materials with real-life situations experienced by students, such as purification (thaharah), prayer (shalat), and economic transactions (muamalah). This approach supports cognitive, affective, and psychomotor development. The model significantly improves students’ understanding based on five indicators: translating, interpreting, extrapolating, applying, and integrating knowledge into meaningful action. Supporting factors include student enthusiasm, a conducive learning environment, and adequate learning media. However, time limitations and a lack of practical tools hinder optimal implementation. Overall, contextual learning has a positive impact on fikih learning effectiveness.
References
Ahmad Yusuf Abdurrohman dan Mukh Nursikin. Perkembangan Madrasah dan Perannya dalam Pendidikan Akhlak. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, vol. 6, no. 2, cetakan 1, 2023.
Al-Qur’an Al-Karim, Jakarta, departemen agama RI, 2020
Damayanti Nababan, PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN (CTL), Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol.2, No.2, 2023.
Dewi, M., Wahyuningsih, S. D., Aisyah, N., Bisri, W. H., dan Noviani, D. Aplikasi Metode Studi Kasus Kelebihan dan Kelemahannya dalam Pembelajaran Fikih. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 1, no. 1: 116, 2023.
Diana, E., dan Firdaus, J. Pembelajaran Fikih Berbasis Audio-Visual sebagai Media dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Nurul Yaqin Situbondo. Jurnal Al-Murabbi 6, no. 2: 27, 2021.
Fadli, M. R. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1: 40, 2021.
Handayani, S., R., ,” PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN DI SDN 3 SIDOLUHUR” 2022.
Hasanah, H. Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, cetakan 1, 2017.
Ilmi, Z., dan Aini, S. N. Pembelajaran Fikih Kontekstual di Sekolah Tahfiz Daarul Qur'an Istikomah. Jurnal Desain, vol. 4, cetakan 1, 2024.
Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. teknis analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 2024.
Jannah, Nur Aini Sholihatun, dan Kiki Safitri. “Model Pembelajaran Kontekstual Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 7, 2021.
Kamali, A. N., dan Sugiyanto, S. Strategi Guru Mata Pelajaran Fikih dalam Peningkatkan Pemahaman Agama. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, cetakan 1, 2024.
Khoerunnisa, Putri, dan Syifa Masyhuril Aqwal. analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, vol. 4, no. 1, cetakan 1, 2020.
Lie, Romli. Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) pada Pelajaran PAI sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, vol. 8, no. 2, cetakan 1, 2022.
Mansir, F. Analisis Model-Model Pembelajaran Fikih yang Aktual dalam Merespons Isu Sosial di Sekolah dan Madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 1, cetakan 1, 2021.
Mekarisce, A. A. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, vol. 12, no. 3, cetakan 1, 2020.
Meliawati, E. ,”Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pelajaran PAI Kelas V SDN 4 Raman Puja Kec Raman Utara”, 2020.
Mudhori, B., dan Maulana, A. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Fikih Kelas X SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, vol. 21, no. 1, cetakan 1, 2020.
Pajarwati, A., Pranata, O. H., dan Ganda, N. Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 1, cetakan 1, 2019.
Rachmawati, I. N. Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 11, no. 1, cetakan 1, 2007.
Rahmadi, R. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, cetakan 1, 2011.
Rahmawati, S., dan Rohim, D. C. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pengetahuan Lokal Terhadap Keterampilan Mendengarkan Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, vol. 6, no. 3, cetakan 1, 2020.
Setiani, N., Roza, Y., dan Maimunah, M. Analisis Kemampuan Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2, 2022.
Sugiarto, R., Nurdyansyah, N., dan Rais, P. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 2, no. 2, cetakan 1, 2018.
Sugiono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cet. 1. Bandung: Alfabeta, 2020.
Suriadi, S. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fikih (Studi di MIN Sekuduk, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, cetakan 1, 2018.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., dan Syafitri, R. Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, vol. 2, no. 1, cetakan 1, 2023.
Syarifah, N. R., dan Misbah, M. Model Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fikih di MI Ya Bakii Kalisabuk 03. Jurnal Kependidikan, vol. 11, no. 2, cetakan 1, 2023.
Thalib, M. A. Pelatihan Teknik Pengumpulan Data dalam Metode Kualitatif untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 2, no. 1, cetakan 1, 2022.
Usanto, S. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Cakrawala Repositori IMWI, vol. 5, no. 2, cetakan 1, 2022.
Wahyuddin. Pembidangan Ilmu Fikih. Jurnal Pendidikan Kreatif, vol. I, cetakan 1, 2020.
Waruwu, M. Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, cetakan 1, 2023.
Widayati, A. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 6, no. 1, cetakan 1, 2008.
Yustina, A., Susanti, M. M. I., dan Rustamti, M. I. Peningkatan Kedisiplinan dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 3, cetakan 1, 2021.
Zafi, A. A. "Pemahaman dan Penghayatan Peserta Didik tentang Ibadah dalam Pembelajaran Fiqih di MI Manafiul Ulum Gebog Kudus." Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 
							











