UPAYA PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KITAB IDHOTUN NASIHIN DI MA SAFINATUL JABAL TEMANGGUNG

Authors

  • Shokhifatus Sodiqoh Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nurul Mubin Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Zuhdi Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.5494

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Kitab Idhotun Nasihin, Karakter Siswa

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan fondasi utama dalam membentuk kepribadian peserta didik yang berintegritas, terlebih di tengah maraknya degradasi moral pada generasi muda. Salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai moral adalah melalui pembelajaran kitab kuning di madrasah berbasis pesantren. Kitab Idhotun Nasihin karya Syekh Musthafa Al-Ghalayani menjadi rujukan penting dalam membina akhlak siswa karena kandungan nasihat dan ajaran moralnya yang kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Kitab Idhotun Nasihin, menganalisis kondisi akhlak siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kitab, serta mengkaji strategi pembelajaran yang diterapkan di MA Safinatul Jabal Temanggung. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif lapangan, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru pengampu, wali kelas, pengasuh pondok, dan siswa kelas X. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Idhotun Nasihin mampu menginternalisasi nilai-nilai akhlak seperti kesabaran, keikhlasan, keberanian, tidak mudah putus asa, serta optimisme. Strategi pembelajaran dilakukan melalui metode halaqoh, diskusi, dan presentasi yang mendorong partisipasi aktif siswa. Perubahan perilaku siswa tampak signifikan, ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan, tanggung jawab, empati, dan kepedulian sosial. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran kitab kuning secara kontekstual dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter siswa di era modern.

Author Biographies

Shokhifatus Sodiqoh, Universitas Sains Al-Qur’an

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Nurul Mubin , Universitas Sains Al-Qur’an

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Ahmad Zuhdi , Universitas Sains Al-Qur’an

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

References

Hamami, T. (2025). Integrasi Asas Psikologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integration of Psychological Principles in Islamic Education Curriculum Development. 22(1), 163–175.

Hayat. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. In Unisma Press.

Munirah. (2017). Akhlak dalam Persektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 39–47.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sofa, A. R., Arab, P. B., Tarbiyah, F., Islam, U., Hasan, Z., Jl, A., Panglima, R., No, S., Kraksaan, K., & Timur, J. (2025). Konsep Etika Keutamaan dalam Tasawuf Abdul Qadir Al-Jailani dan Pengaruhnya terhadap Terbentuknya Akhlak Manusia melalui pembiasaan sifat-sifat baik , yang berbeda dengan etika deontologis yang lebih. 3.

Suriadi, S., & Mursidin, M. (2020). Teori – Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.127

Suyadi. (2020). Strategi Pendidikan Karakter. In Remaja Rosdakarya (hal. 13).

Yuanita, D. I., & Himmati, J. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Melalui Kitab ‘Idzotun Nasyiin Di SMP Mafatihul Huda Ar Rasyidiyah Bangkalan. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.62825/revorma.v3i1.48

Downloads

Published

2025-06-24