Teaching Anxiety sebagai Hambatan Pengembangan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PAI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.5630Keywords:
Teaching anxiety, mahasiswa PAI, microteaching, kompetensi mengajarAbstract
Teaching anxiety merupakan hambatan nyata dalam pengembangan kompetensi mengajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama saat praktik microteaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kecemasan yang dialami mahasiswa dan dampaknya terhadap kemampuan mengajar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 23 responden melalui angket terbuka dan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kecemasan berupa rasa gugup dan ketidakpercayaan diri saat tampil. Faktor pemicu kecemasan adalah kurangnya penguasaan materi. Dampaknya terlihat pada gangguan komunikasi dan kesulitan menyampaikan materi secara runtut. Sebanyak 82,6% responden merasa kecemasan menghambat perkembangan kompetensi mereka, khususnya dalam hal komunikasi dan kepercayaan diri. Meskipun demikian, mayoritas responden telah berupaya mengatasi kecemasan melalui latihan mandiri dan persiapan pribadi. Penelitian ini menegaskan pentingnya perhatian terhadap aspek emosional mahasiswa dalam pelatihan microteaching agar pengembangan profesional mereka berlangsung secara optimal.
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jpg: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. Https://Doi.Org/10.32832/Jpg.V2i1.4099
Anni Mujahidah Et Al. (2023). Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Sikap Percaya Diri Mahasiswa Plp Ii Prodi Pai Iain Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 128–135.
Cartono, C., Hizqiyah, I. Y. N., & Aryanti, F. (2018). Pengembangan Softskill Mahasiswa Calon Guru Melalui Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa Di Universitas Pasundan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 69. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i1.66
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1.
Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2015). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 27. Https://Doi.Org/10.18269/Jpmipa.V20i1.558
Heru, H., Yuliani, R. E., & Nery, R. S. (2020). Kecemasan Mengajar Matematika Mahasiswa Calon Guru Dalam Melakukan Praktik Mengajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V6i1.14308
Jannah, A. M., Sari, A. P., Fauziah, A. R., Ginting, D., & Dahlia, N. R. (2023). Studi Literatur: Peranan Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Keguruan. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (E-Journal), 9(2), 156. Https://Doi.Org/10.24114/Paedagogi.V9i2.44581
Mighfar, S., Dilfam Aldisya Ervani, Nazilatul Faizah, Anavee Khoona, & Ainun Nisa. (2024). Studi Perbandingan Kompetensi Profesional Guru Indonesia Dan Thailand. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 45–56. Https://Doi.Org/10.55606/Jubpi.V2i4.3251
Ndukang, S., & Novita Inya Buku, M. (2023). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Biodik, 9(3), 151–161. Https://Doi.Org/10.22437/Biodik.V9i3.28144
Ningsih, E. W. (2017). Kecemasan Dalam Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Semester Keempat Akademi Bahasa Asing Balikpapan. Snitt, 2(1), 277–287.
Nurhaqia, S., Eriani, E., Kencana, R., & Siagian, S. (2023). Analisis Kompetensi Guru Paud Dalam Mengajar Dan Kompetensi Penunjang. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 74–87. Https://Doi.Org/10.51544/Sentra.V2i2.4091
Parikesit, A. A. (2020). Kecemasan Terhadap Mata Ajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Menengah. Manajemen Pendidikan, 14(2), 82–90. Https://Doi.Org/10.23917/Jmp.V14i2.4387
Regina Anggraini Et Al. (2025). Gangguan Berbicara Dalam Praktik Mengajar Mahasiswa Kajian: Psikolinguistik. 5, 105–117.
Rosyada, A., & Ramadhianti, A. (2019). The Implementation Of Pwim In English Learning For Students Of Program Pesantren Siswa. Simposium Nasional Ilmiah & Call For Paper Unindra (Simponi), 105–111. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.336
Safitri, H., & Nasution, T. (2024). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Di Kelas Mikrotheaching Tadris Ips Tahun Akademik 2023-2024. 10(2), 1273–1281.
Sari, N. (2021). Guru Yang Berwawasan Luas Menjadi Pembentuk Karakter Peserta Didik. Osfpreprints, 1–6.
Sibarani, M. (2020). Manfaat Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 1(2), 65–78. Https://Doi.Org/10.47457/Phr.V1i2.20
Sitinjak. (2024). Mengatasi Kecemasan Dan Rasa Takut Dalam Public Speaking: Pelatihan Public Speaking Pada Siswa Smk Karmel Tangerang Shenny. 4(1), 93–102. Https://Doi.Org/10.31253/Ad.V4i2.3276
Surawan, S., & Norvia, L. (2022). Kontribusi Pembinaan Akhlak Dalam Menanamkan Self-Control Siswa Sekolah Dasar Negeri. Sittah: Journal Of Primary Education, 3(2), 102–116. Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V3i2.461
Syam, A. N., & Marlina, M. (2023). Pengaruh Kesiapan Mengajar Dan Kecemasan Akademik Terhadap Performa Praktik Mengajar Mahasiswa. Kulidawa, 4(2), 65. Https://Doi.Org/10.31332/Kd.V4i2.7273
Wahdarohmah, Khairunnisa, N. H. S. (2025). Kemampuan Guru Dalam Membangun Kesiapan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Keagamaan Di Man Kota Palangka Raya. 70–89.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. Https://Doi.Org/10.59698/Afeksi.V5i2.236
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.