Studi Literatur: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA pada materi Zat dan Wujud Zat
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.5777Keywords:
Pemahaman Konsep, Zat dan Wujd Zat, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) digunakan sebagai upaya memperdalam pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep dalam ilmu pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan materi zat dan wujudnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa tinjauan pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menyajikan berbagai data, menganalisisnya, dan kemudian memberikan penjelasan serta pemahaman yang memadai. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca buku dan skripsi, serta mencari artikel yang relevan melalui Google Scholar. Peneliti menelaah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan pemahaman konsep IPA peserta didik dalam aspek yang berhubungan dengan materi zat dan wujud zat. Analisis terhadap artikel-artikel yang relevan menghasilkan kesimpulan bahwa guru dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang materi zat dan wujudnya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).
References
Ainul, S. A. S. A., Wakhidah, N., Arum, W. F., Hidayati, S., & Indayati, T. (2025). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA: Analysis of Students' Concept Understanding Level in Science Learning. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v14i1.39419
Aqsa, C, N (2025). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas VII di SMPN 2 Tanjung Sari Lampung Selatan (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Repository Raden Intan Lampung.
Dewi, K. C. (2024). Peningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 2 Demak. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 24-31. https://doi.org/10.69533/56jxrs26
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130-136.https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.823
Fajriah., Pasaribu, M., & Nurjanah. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan alat sederhana terhadap pemahaman konsep zat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tobata. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 2(2), 53–56.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary, 7(1), 40-47.
Febriyana, S., Ahied, M., Fikriyah, A., & Yasir, M. (2021). Profil Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), 56-64. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8140
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1 (2), 90.
Hisbullah, S. P., & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Penerbit Aksara TIMUR.
Ikhsani, A., & Prihatnani, E. (2017). Penerapan Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Sraten. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 7(2), 69-76.
Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui metode demonstrasi di kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22-40. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 205-211. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665
Pratiwi, D. A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2020). Penerapan model PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i1.30045
Radiko, E., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 52-54. https://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.581
Rahayu, S. R. P. (2021). Peserta Didik Aktif dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(5), 2024-2029. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66361
Rahman, A., Ilwandri., Santosa, T, A., & Gunawan, R, G. (2024). Effectiveness of Problem-Based Learning Model in Science Learning: A Meta-Analysis Study. International Journal of Education and Literature, 3(1), 62-74. http://dx.doi.org/10.55606/ijel.v3i1.64
Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Maping berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560-566. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713
Riyanti, D. D., & Hasanah, D. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS 4 SD NEGERI PLERET KIDUL. In Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 01).
Sanjaya, E. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. 4(5), 1995-2000. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66354
Saputra, R. E., Pasaribu, M., & Syamsu, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Perubahan Wujud Zat dengan Menggunakan Instrumen Three Tier Test Siswa SMA Negeri 1 Lore Utara. Media Eksakta, 17(2), 126-130. https://doi.org/10.22487/me.v17i2.1322
Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936
Suteja, L. F., Sa'odah, S. O., & Nurfadhillah, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Pembelajaran Ipa Kelas 4 Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sdn Buaran Jati 2. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 34-41.http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v4i2.1721
Tarisa, R., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 159-169. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.849
Ulandari, L., Surya, Y. F., Kusuma, Y. Y., Rizal, M. S., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Predict, Observer, Explain (Poe) Berbantuan Video Animasi Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 700-710. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i3.1811
Harjono, N. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik muatan ipa melalui model problem based learning kelas 5 sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16-20.
Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh motivasi terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244-250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34
Zumaroh, Z., Sumarni, W., Widiarti, N., & Subali, B. (2024). Pengembangan E-Modul Bermuatan Etnosains Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 2829-2845. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16296
Zou, Y., Xue, X., Jin, L., Huang, X., & Li, Y. (2024). Assessment of conceptual understanding in student learning of evaporation. Physical Review Physics Education Research, 20(2), 020107. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.20.020107
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.