PERBANDINGAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DAN REGULER DALAM MENGHADAPI TANTANGAN AKADEMIK

Authors

  • Dwi Fatmawati Universitas Sanata Dharma
  • Robertus Budi Sarwono Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.6054

Keywords:

Efikasi Diri, Kelas Khusus Olahraga, Kelas Reguler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui [1] tingkat efikasi diri siswa kelas khusus olahraga SMP Negeri 1 Kalasan, [2] Tingkat Efikasi Diri siswa kelas reguler di SMP Negeri 1 Kalasan, [3] Perbandingan tingkat Efikasi Diri antara siswa kelas khusus olahraga dan siswa kelas reguler dalam menghadapi tantangan akademik di SMP Negeri 1 Kalasan. Efikasi Diri diartikan sebagai keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tugas atau menghadapi kesulitan tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan latar belakang dan fokus pembelajaran dari kedua kelas, yang diperkirakan memengaruhi cara siswa membangun rasa percaya diri dalam konteks akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa, terdiri dari 32 siswa kelas khusus olahraga dan 32 siswa kelas reguler. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket skala Efikasi Diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney karena data tidak sepenuhnya terdistribusi normal. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi JASP versi 0.18.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Efikasi Diri siswa kelas reguler lebih tinggi (150,03) dibandingkan dengan siswa kelas khusus olahraga (143,75). Namun, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik (p = 0,083 > 0,05). Artinya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Efikasi Diri siswa di kedua kelas. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun latar belakang kelas berbeda, tingkat keyakinan diri siswa dalam menghadapi tantangan akademik relatif serupa, serta menegaskan pentingnya peran dukungan sosial dan lingkungan belajar dalam membentuk Efikasi Diri siswa.

References

Alwisol, (2009). Efikasi Diri: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aprilia, A. (2021). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Self-Efficacy Siswa Cerdas Istimewa di SMAN 78 Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Bouffard-Bouchard, T., Parent, S., & Larivée, S. (1990). Self-efficacy and performance in a problem-solving task. Journal of Educational Psychology, 82(3), 508-512.

Damri, D., Akmaliyah, I., & Putri, R. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 5(3), 45-56.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Muhtarom, M. (2016). Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Mengenyam Pendidikan di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 123-134.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Publications.

Saifulloh, S. (2024). Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Polorejo. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 23-34.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2012). Motivation and self-regulated learning: Theory, research, and applications. Routledge.

Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: How to change your mind and your life. Vintage.

Seligman, M. E. P., Ernst, R. M., Gillham, J., Reivich, K., & Linkins, M. (2009). Positive education: Positive psychology and classroom interventions. Oxford Review of Education, 35(3), 293–311.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiggins, B., Rüppel, C., & Lebron, R. (2021). The effect of peer and teacher support on students’ academic confidence. Journal of Educational Psychology Research, 24(2), 150–167.

Wiggins, M. W., Wiggins, T. M., & Smith, R. A. (2021). The role of social support in self-efficacy and academic achievement of black male college students. Journal of College Student Development, 62(5), 633-638.

Wiggins, M., Turner, J. C., & Meissel, K. (2021). The role of social support in student academic self-efficacy and engagement. Educational Psychology, 41(3), 275–290.

Downloads

Published

2025-07-26