Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Darut Taqwa

Authors

  • Mohammad Debi Wananda Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.6056

Keywords:

implementation, Pancasila student profile, character building.

Abstract

This study examines how the Pancasila Student Profile is implemented to shape student character at Darut Taqwa High School. The objective of the study is to describe its implementation, reinforcement methods, and supporting and inhibiting factors. This study employed a qualitative descriptive approach. Data were collected from the principal, P5 teachers, and students through interviews, observations, and documentation. Data analysis was conducted in stages and validated through triangulation of sources, data, and methods. The results indicate that P5 implementation is carried out through positive habits and religious activities. Character strengthening methods include integrating P5 into lessons, fostering discipline, and the role of teachers as role models. Supporting factors include the legal basis, the role of teachers, and the P5 curriculum, while inhibiting factors include student fatigue, limited time and funding, and lack of student enthusiasm.

References

Afifah, R., N. 2022. Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(01), 132-141.

Afnina. (2021). Enterpreneur Kesehatan Lingkungan. Surabaya: Global Aksara Pers

Anggraini, D., dkk. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik. 2(1), 7.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. 2021. Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Ismail, S., dkk. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 79-80.

Kamil, M. S. A. (2021). Penerapan nilai-nilai Pancasila untuk menumbuhkan sikap nasionalisme di MTs Ahmad Yani Jabung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kusuma, P, K., dkk. (2021). Narasi Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Sejarah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 08(01), 17.

Novita, N., dkk. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 05(01), 174.

Nugroho, A.S. 2022. Tranformasi Kurikulum Pembelajaran Sejarah Pada Jenjang SMK Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar

Oktari, D., & Dewi, D. A. 2021. Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93-103.

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). Sukabumi: CV Jejak

Puthree, An Nisa 2021. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas II Sd Al-Islamiyah Surabaya). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Rahma, N, R & Dewi, D, A. (2021). Implementasi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(01), 64-65.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. 2022. Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rusnaini., dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(02), 233-239.

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, F. 2020. Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 94-104

Sati, A, L., dkk. (2021). Representasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbudaya.

Setiawan, W., Hatip, A., Gozali, A., & Anggraini, A. 2023. Studi Pustaka Tentang Penggunaan Model Pembelajaran Sebagai Bagian Dari Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 179-183.

Susanti, S. 2023. Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Sejarah Hindu Budha Kelas X IPS Di SMAN 2 PADANG. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 111-119.

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. 2020. Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158-179.

Downloads

Published

2025-07-24