Efforts To Improve The Results Of Long Jump Learning Through The Longu Play Approach In Grade V Students Of Sdn Sukorame 4 Kediri City Odd Semester 2024-2025 School Year
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i5.6084Keywords:
Lompat Jauh, Permainan Longu, PembelajaranAbstract
Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri kurang memuaskan karena masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Oleh karena itu digunakanlah pendekatan bermain lompat kanguru atau mengvariasikan berbagai macam permainan kedalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yaitu “Apakah melalui pendekatan permainan lompat kanguru sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun Pelajaran 2024-2025. Lompat jauh melalui pendekatan lompat kanguru “longu” merupakan salah satu alternatif pembelajaran lompat jauh di Sekolah Dasar. Namun dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang menggunakan 2 siklus dan 4 pertemuan menunjukan di siklus I nilai rata-rata akhir kelas 71,9 dengan nilai persentase ketuntasan 76% nilainya masih kurang memuaskan. Maka dilanjutkan di siklus II nialai rata-rata akhir kelas 75,04 dengan nilai persentase 95,2% nilai yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain lompat kanguru pada materi lompat jauh dengan menggunakan media botol aqua dan pralon sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri.
References
Achmad munib, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Aip Syarifuddin,dkk.1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Jakarta:
Departemen pendidkan dan kebudayaan.
Bismo Suryatmo, dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas IV. Jakarta:PT. Widya Utama.
Bismo Suryatmo, dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas V. Jakarta:PT. Widya Utama.
Buku Panduan penulisan skripsi fakultas ilmu keolahragaan, 2011. Universitas Negeri Kediri.
Catharina tri anni, dkk. Psikologi Belajar.Kediri: UPT MKK Universitas Negeri Kediri.
Eko Suwarso, dkk.2010. pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.Jakarta:
PT.Arya Duta
Juari, dkk. 2010. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.Jakarta:CV Bina Pustaka.
Purwaningsih, Puji. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Penggunaan Media Botol Plastik Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sibebek Kec. Bawang Kab. Batang. Skripsi S-1. Semarang.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1991. Perrkembangan dan belajar gerak, modul 1 – 6.
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sujadi, Untung. 2012. Penggunaan Media Balok Berjenjang Dalam Pembelajaran Senam Keseimbangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Karangtejo Kec.Jumo Kab. Temanggung. Skripsi S-1. Semarang. UNNES.
Syarifudin. 2009. Tahapan Belajar Gerak dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Diunduh dari http://syarifudinteta.wordpress.com/2009/04/07/tahapan-belajar-gerak-dan-pembelajaran-pendidikan-jasmani/ [ 20 Juli 2024-2025 , pukul 11:33]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.