Implementasi Model Problem Based Learning dalam Menguatkan Bernalar Kritis Siswa PAI di SMA Darut Taqwa

Authors

  • Dini Andriyani Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6212

Keywords:

problem based learning, Pembelajaran PAI, Bernalar kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa di SMA Darut Taqwa Purwosari. PBL dipilih karena menekankan pemecahan masalah nyata dan kontekstual yang mendorong partisipasi aktif serta pengambilan keputusan berbasis analisis logis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI dan siswa kelas X. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dilakukan secara bertahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Model ini efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan persoalan keagamaan secara kritis. Faktor pendukung implementasi meliputi kesiapan guru, ketersediaan sarana pembelajaran, dan motivasi siswa, sementara hambatannya mencakup keterbatasan waktu dan perbedaan tingkat kemampuan berpikir siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan dimensi bernalar kritis dalam Profil Pelajar Pancasila.

References

M Jamhuri, 2Achmat Mubarok, 3M Jamhuri, 4Achmad Yusuf, ‘Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Mapel PAI Pada Siswa SLB Negeri Sengonagung Purwosari’, 7.2 (2020) <https://doi.org/10.54396/saliha.v7i2.1253>

Cahyati Khasani, and Ahmad Ma’ruf, ‘Metode Listening Team Melvin L. Silberman Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam’, Jurnal Mu’allim, 2.1 (2020), 110–26 <https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2325>

Hotimah, Husnul, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Edukasi, 7.3 (2020), 5 <https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599>

Malasari, Tiur, ‘Penerapan Model Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah’, School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 4.1 (2015), 19–31 <https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2953>

Nirmawati, Alfani Apriliani, Ali Mohtarom, Ahmad Ma’ruf, and Wiwin Fachrudin Yusuf, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Aswaja Di Madrasah Aliyah Ma’Arif Sukorejo’, Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 21.2 (2023), 226 <https://doi.org/10.69552/ar-risalah.v21i2.2056>

Pendidikan, Jurnal, Islam Anak, Usia Dini, and Pembangunan Laboratorium Unp, ‘A s - S A B I Q U N’, 4 (1907), 471–83

Raito, Raito, and Riska Sintia Dewi, ‘Implementasi Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pai Dalam Meningkatkan Daya Berfikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Ciledug Al Musaddadiyah Garut’, Masagi, 2.1 (2023), 112–19 <https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.435>

Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital: Tinjauan Literatur’, Jurnal Pendidikan Islam, 10.1 (2024), 36–42 <http://jurnal.tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/al-fikr>

Downloads

Published

2025-08-05