Peran Pendidikan Hadits Tarbawy dalam Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa terhadap Kehidupan Bermasyarakat dan Kemajuan Peradaban
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i4.6413Keywords:
kontribusi, masyarakat, mahasiswa, peradaban, pendidikan, hadits tarbawyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Hadits Tarbawy dalam meningkatkan kontribusi mahasiswa terhadap kehidupan bermasyarakat dan kemajuan peradaban. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis, penelitian dilakukan di perguruan tinggi Islam dengan melibatkan mahasiswa dan dosen program studi pendidikan agama Islam sebagai informan utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hadits Tarbawy memiliki fungsi transformatif dalam membentuk religiusitas, kesadaran sosial, dan tanggung jawab kemasyarakatan mahasiswa. Mahasiswa yang menginternalisasi nilai-nilai Hadits Tarbawy terbukti memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap persoalan sosial, partisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, serta sikap toleran dalam interaksi multikultural. Lebih jauh, integrasi Hadits Tarbawy dalam proses pembelajaran mendorong mahasiswa memahami perannya sebagai agen perubahan yang tidak hanya berkontribusi secara akademik, tetapi juga secara sosial dan moral dalam membangun masyarakat berperadaban. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan pendidikan Hadits Tarbawy di perguruan tinggi menjadi kebutuhan mendesak untuk melahirkan generasi muda yang berilmu, berakhlak, dan mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa serta peradaban.
References
Abuddin, N. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Rajawali Pers.
Al-Attas, S. M. N. (1991). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam (Cet. 2). Jakarta: Gema Insani.
Kothari, C. R. (2014). Research methodology: Methods and techniques (2nd rev. ed.). New Age International Publishers.
Langgulung, H. (2003). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.
Madali, E. (2023). Ekspresi Manusia dalam Pendidikan. Depok: Frasa Klausa Media.
Moleong, L. J. (2019). Qualitative research methodology (Revised Edition). Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Mujib, A. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Hadits dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 215–230. https://doi.org/10.xxxx/jpi.2017.62.215
Nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulwan, A. N. (1993). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam (Jilid 2). Semarang: CV. Asy-Syifa’.
Zuhairini. (2015). Hadis Tarbawi dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.xxxx/jpi.2015.41.55
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.