Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama melalui Peran Penyuluh Agama Desa Sungai Duren dalam Penanaman Sikap Toleransi

Authors

  • Adang Ridwan Universitas Islam Batang Hari
  • Ria Karmila Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6512

Keywords:

Education, Religious Moderation, Religious Counselors, Tolerance.

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan moderasi beragama melalui peran penyuluh agama di Desa Sungai Duren dalam menanamkan toleransi di masyarakat. Latar belakangnya adalah pentingnya moderasi beragama dalam mencegah konflik sosial, memperkuat kerukunan, dan menumbuhkan rasa saling menghormati antarumat beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah penyuluh agama dan masyarakat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan moderasi beragama di Desa Sungai Duren berperan krusial dalam menanamkan toleransi dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang beragam. Melalui kegiatan pengajian rutin, bimbingan kelompok pengajian, kelompok pengajian besar, khotbah Jumat, dan bimbingan bagi mantan narapidana, penyuluh agama berperan sebagai pendidik, konsultan, dan advokat, menanamkan nilai moderasi melalui pendekatan edukatif, persuasif, dan advokasi. Temuan ini menegaskan bahwa penyuluh agama tidak hanya sebagai penyampai ajaran agama tetapi juga penghubung dengan kebijakan negara dan promotor kerukunan sosial. Oleh karena itu, Desa Sungai Duren dapat menjadi contoh moderasi beragama yang baik di Provinsi Jambi.

References

Amin, M. T. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Sosiokultural dalam Penguatan Moderasi Beragama di SMA Negeri Magepanda. Jurnal Al –Qiyam, 1(1), 118–128.

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi BerAlbana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849agama di Sekolah Menengah. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49–64.

Anwar, R. N., Winanda, I., Febrianti, C. S., Saputri, D. N., & Mustofiah, D. N. (2024). Implementasi Moderasi Beragama pada Ekstrakulikuler Rohani Islam di Satuan Pendidikan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(4), 875. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i4.1839

Hadirman. (2024). Strategi Dan Tantangan Implementasi. Institut Agama Islam Negeri Manado, Indonesia, 1–25.

Hanum, L., & Nasution, H. S. (2022). Anak Dan Toleransi: Upaya Penanaman Nilai Moderasi Beragama Dalam Keluarga Dan Sekolah. 5.

Jannah, N. (2023). Upaya Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan agama islam. 8(2), 169–182. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i2.6435

Jannah, N., & Ni’mah, A. U. (2022). Menyikapi Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi di Skeolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Jember. Al-Adabiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 147–165. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i2.445

Lestari, D., Perangin-Angin, B., Ginting, R. F., Pd, M., Tinggi, S., Islam, A., & Arafah, D. (2025). Menanamkan Moderasi Beragama: Peran Guru PAI Dalam Membentuk Siswa Yang Toleran Dan Inklusif. Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 12(3).

Mehira, K. (2025). Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Toleransi dan Moderasi Beragama pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik Dan Sosial Indonesia, 2(3), 190.

Mu'amalah, H., Maulidin, S., & Apriawan, A. (2024). Peran Guru Pai Dalam Penguatan Moderasi Beragama Studi Di Sma N 1 Anak Tuha. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.4189

Nurhakim, R. H., Lubis, P. H., & Susanto, R. (2023). Harmoni Beragama melalui Pendidikan: Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Generasi Moderat. Prosiding Penelitian …, 241–254. http://156.67.214.213/index.php/prosidingagama/article/view/391%0Ahttp://156.67.214.213/index.php/prosidingagama/article/download/391/110

Pribadi, I., & Makmur, M. (2025). Peranan Penyuluh Agama Islam Terhadap Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama. Tamaddun, 26(1), 083–094. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v26i1.9604

Rohman Heryana, Rajaminsah, & Dasim. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama Melalui Program Kebiasaan. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 199–210. https://doi.org/10.69768/jt.v2i2.54

Sukenti, D., & Hermawan, U. (2024). Pendidikan Moderasi Beragama: Memahami Dialog Agama Perspektif Teori Otto Scharmer dalam Program Kelas Penggerak Gusdurian. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(2), 226–254. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2024.vol9(2).17838

Wasehudin, & Yudin, F. (2024). Peran Guru PAI dalam Membangun Moderasi Beragama di Lingkungan Sekolah Provinsi Banten. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6397–6407. https://edukatif.org/edukatif/article/download/7690/pdf

Yuyun Alfasius Tobondo. (2025). Manajemen Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 48–63. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1066

Downloads

Published

2025-09-06