Relevansi Pemikiran Avicenna dan Abubacer dalam Progresivisme dan Rekonstruksionisme

Authors

  • Octavia Putri Purnama Syari Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya
  • Sovia Sovia Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Akhyat Syahbani Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6627

Keywords:

filsafat pendidikan, ibnu sina, ibnu thufail, progresivisme, rekontruksionisme

Abstract

Artikel ini membahas secara menyeluruh tentang progresivisme dan rekonstruksionisme dalam bidang filsafat pendidikan serta relevansinya terhadap situasi pendidikan saat ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami arah perkembangan pendidikan yang bisa menjawab berbagai tantangan global dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan konsep dasar, sejarah, serta pemikiran para tokoh utama dari kedua aliran tersebut, dan menghubungkannya dengan pemikiran para tokoh Islam klasik, yaitu Ibnu Sina dan Ibnu Tufail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan menganalisis berbagai buku, artikel, serta sumber-sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa progresivisme fokus pada belajar yang berbasis pengalaman dan pengembangan potensi siswa, sementara rekonstruksionisme melihat pendidikan sebagai alat untuk mereformasi masyarakat dengan tujuan keadilan dan perubahan. Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Tufail yang bersifat rasional serta humanis bisa digunakan untuk memperkaya pendekatan pendidikan modern agar lebih adaptif, kritis, dan sesuai dengan konteks. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya pendekatan pendidikan yang menggabungkan nilai-nilai klasik dan modern agar menciptakan sistem pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman dan mampu mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.

References

Addin Mustaqim, & M. Yunus Abu Bakar. (2025). Ilmu Akhlaq sebagai Pengembangan Keilmuan dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(2), 122–140. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i2.1032

Afifah, A. (2025). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Artificial Intelligence. KARTIKA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 360–372.

Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182

Hanifah, S., Yunus, M., & Bakar, A. (n.d.). 2024, Pages 5989-6000online) Journal of Education Research. Journal of Education Research, 5(4).

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Karim, A. R., Hasanuddin, M. I., Fuad, Ah. Z., Abu Bakar, M. Y., Muhaemin, M., & Arifuddin, A. (2024). Exploring The Rationality of Religious-Rational Islamic Thinkers Towards The Compatibility of The Islamic Education System. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 187–208. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i2.13638

Legi, H., & Legi, D. G. D. (2025). Relevansi Filsafat Dalam Pembentukan Paradigma Pendidikan Modern. Jurnal Keislaman, 8(1), 115–127. https://doi.org/10.54298/jk.v8i1.382

Lincaria Sianturi, Erika Christine Panggabean, Tetti Manullang, Abai Manupak Tambunan, & Betty As Pakpahan. (2024). Kinerja Guru: Kunci Sukses Hasil Belajar Siswa di SMK Swasta HKBP Lintongnihuta. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 383–395. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i3.1317

Maarif, M. S., Yunus, M., & Bakar, A. (2025). Learning Motivation From The Perspective Of Educational Psychology: an Analysis Based On Study Habits and Learning Environment 1. In International Journal of Interdisciplinary Research (Vol. 1). https://journal.as-salafiyah.id/index.php/ijir/index

Mafaza Karima, N., Ulya Wahidah, N., Maulidiyah, N., & Yunus Abu Bakar, M. (n.d.). CENDIKIA PENDIDIKAN. 15(5), 2025. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.267

Manikha Salwa, N., Eka Prasetya, V., Prilliano, B., Yunus, M., & Bakar, A. (n.d.). IMPLIKASI ALIRAN PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar (Vol. 2).

Putri Indah Mawati Waruwu, & Yulls Helsa. (2025a). Implementasi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 255–267. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942

Putri Indah Mawati Waruwu, & Yulls Helsa. (2025b). Implementasi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 255–267. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942

Rekonstruksionisme, A., Pemikiran, S., Pendidikan, F., Sutrisno, G. A., Marati, S. N., & Sari, H. P. (n.d.). conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License-(CC-BY-SA) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.8714

Sef, W., Yunus, M., & Bakar, A. (n.d.). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan RELEVANSI PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-GHAZALI TERHADAP PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA THE RELEVANCE OF AL-GHAZALI’S PERSPECTIVE EDUCATION TOWARDS THE ISLAMIC EDUCATION PARADIGM IN INDONESIA.

Subhan, R., Sawal Sugiharso, A., & Tadzkia Aini, S. (2024). Filsafat Bahasa dalam Kajian Pendidikan Islam. Jurnal Sathar, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.59548/js.v2i1.100

Taurus Tamaji, S. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab (Vol. 1, Issue 2).

Ubihatun, R., Aliyya, A. I., Wira, F., Ardhelia, V. I., Radianto, D. O., Perkapalan, P., & Surabaya, N. (2024). Tantangan dan Prospek Pendidikan Vokasi di Era Digital : Tinjauan Literatur. Jurnal Kajian Ilmu Seni,Media Dan Desain, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.62383/abstrak.v1i2.118

Umar Faruq, & M. Yunus Abu Bakar. (2025). Pendidikan Sebagai Alat Transformasi Sosial Perspektif Filsafat Ilmu. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(1), 56–74. https://doi.org/10.55606/concept.v4i1.1759

Wahyuni, M. T., Tsalasa, R., Rodhiah, A., & Fadillah, M. (n.d.). Strategi Peningkatan Keterampilan Abad ke-21 Siswa SD dengan Memanfaatkan Aliran Filsafat Rekonstruksionisme. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 2025.

Yunus, M., Bakar, A., Amin, M. N., Zein, Z., Arab, P. B., Sunan, U., & Surabaya, A. (n.d.). CENDIKIA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.267

Zainal, M. O., Aris, A., Yunus, M., & Bakar, A. (2025). Journal iof iInnovative iand iCreativity Pemanfaatan T eknologi Artificial Intelligence (Ai) Dalam Penilaian Ketrampilan M embaca T eks Berbahasa Arab attah Jombang Jawa T imur Indonesia 2 Universitas Islam N egeri Sunan Ampel Surabaya Jawa T imur Indonesia. Journal of Innovative and Creativity, 5(2), 2025. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592

Downloads

Published

2025-11-05