Pengaruh Sistem Pembayaran Digital Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Orange Carwash

Authors

  • Rizka Amelia STIE Surakarta
  • Dianing Widya Kusumastuti STIE Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6730

Keywords:

Cashless Society, Consumer Satisfaction, Digital Technology, Non-Cash Transactions, Service Industry

Abstract

This study aims to examine the influence of digital payment systems and service quality on customer satisfaction at Orange Carwash Kartasura. The background of this research arises from the growing trend of digital technology adoption in the era of the cashless society, which encourages service companies to adapt, particularly in payment systems and customer service. The study employed a quantitative method by distributing questionnaires to 103 Orange Carwash customers. Data were analyzed using SPSS version 25 to test validity, reliability, classical assumptions, multiple linear regression, t-test, F-test, and the coefficient of determination. The results indicate that both digital payment systems and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction, either partially or simultaneously. These findings demonstrate that the better the implementation of digital payment systems and the higher the service quality provided, the greater the level of customer satisfaction. This research is expected to serve as a reference for developing service strategies and implementing digital technology in the service sector.

References

Ahmad Zamzama N.2024 “Perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, sepeda motor terbanyak!” (https://data.goodstats.id/statistic/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-indonesia-sepeda-motor-terbanyak-KC4lR#google_vignette)

Annisa Aprilia Gunawan. 2022 “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA STEAM CAR WASH (Studi Pada Pelanggan Tulodo 88 Kota Depok)”

Artina, N. (2021, September). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, kepercayaan dan fitur layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan e-money di Kota Palembang. In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 1, pp. 120-131).

Athaya, M. Z. (2025). Pengaruh Kepuasan Terhadap Penggunaan Qris dengan Pendekatan TAM di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Catriana et al 2023 “Peluang Usaha Cuci Kendaraan Alias Doorsmeer, Bagaimana Potensinya?” Berita kompas, https://money.kompas.com/read/2023/09/27/101802526/peluang-usaha-cuci-kendaraan-alias-doorsmeer-bagaimana-potensinya?page=all

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Fadhilah, D. R., Muzzamil, F., & Mangundjaya, W. L. (2024). Kualitas Pelayanan Sebagai Prediktor Kepuasan Pelanggan Restoran A. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1501-1512.

Fadilah, A. S. (2025). Analisis Kepuasan dalam Penggunaan QRIS pada Masyarakat Kelurahan Mulyosari Kecamatan Metro Barat (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Febiola, F. A., & Samanhudi, D. (2022). Analisis kepuasan pelanggan terhadap layanan aplikasi Halodoc dengan menggunakan metode SERVQUAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 588-599.

Gazali. 2022. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Honda Brio.” Journal Of Communication Education 16(2).

Ghassaani, N., Maghfiroh, I. S. E., & Saputra, M. C. (2024). Analisis Faktor yang mempengaruhi Tingkat Penerimaan Teknologi pada Pengguna Aplikasi Notion menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(8).

Giga Pawestri Raharsiwi et al https://teewanjournal.com/index.php/peng/article/

view/1092/446

Jumaidi, J. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KECAMATAN HARUYAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH. Al Iidara Balad, 6(2), 361-369.

Kadir, A. (2006). Transportasi: peran dan dampaknya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Jurnal perencanaan dan pengembangan wilayah wahana hijau, 1(3), 121-131.

Kurniawan, R. (2016). Analisis regresi. Prenada Media.

Lishobrina, L. F., Arum, M. P., Hidayat, C. M., Widianty, L. I., & Wengkau, G. P. (2023). Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Gopay dalam Digital Financial Management. Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 161-171.

Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62-67.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2).

Safari, A., & Riyanti, A. (2024). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1).

Safitri, D. D., & Kusumastuti, D. W. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KERAGAMAN MENU DAN ASPEK SUASANA TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI HOTWAY’S CHICKEN PENUMPING. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(10).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Sholihah, S. M. A., Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep uji asumsi klasik pada regresi linier berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS), 2(2), 102-110.

Subhaktiyasa, P. G., Candrawati, S. A. K., Sumaryani, N. P., Sunita, N. W., & Syakur, A. (2025). Penerapan statistik deskriptif: Perspektif kuantitatif dan kualitatif. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 14(1), 96-104.

Sugiyono.2020 https://id.scribd.com/document/729101674/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-r-d-Sugiyono-2020

Syuratman Desri et al.2024 “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek Di Kota Payakumbuh (https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/8132)

Udin, Y. R., & Puspitaningrum, D. (2025). Bankruptcy prediction of e-commerce companies on IDX using Altman Z-Score, Springate, and Zmijewski. Brilliant International Journal of Management and Tourism (BIJMT), 5(3), 1–12. https://doi.org/10.55606/bijmt.v5i3.5440

Udin, Y. R. (2025). IMPLEMENTASI SYSTEM INVENTORY MANAGEMENT BERBASIS SPREADSHEETS PADA STARTUP DESAIN INTERIOR DI KARANGANYAR: STUDI KASUS PADA EFISIENSI DAN AKURASI PENCATATAN. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(9).

Downloads

Published

2025-10-11