Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.6752Keywords:
Kebiasaan Membaca, Literasi, Kemampuan berpikir kritis, Mahasiswa PGSDAbstract
Kebiasaan membaca diyakini berperan penting dalam pembentukan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, terutama pada program studi keguruan seperti PGSD yang menuntut calon guru memiliki literasi yang kuat dan penalaran tingkat tinggi. Sejumlah studi terkini bahwa kebiasaan/budaya membaca berkorelasi positif dengan capaian akademik dan indikator keterampilan tingkat tinggi, serta bahwa literasi termasuk literasi membaca dan digital berhubungan erat dengan penguatan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan adalah kuantittatif eksplanantori dengan partisipasi mahasiswa PGSD yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner kebiasaan membaca (skala likert) dan tes kemampuan berpikir kritis berbasis indikator analisis, inferensi, evaluasi, serta penjelasan. Data analisis menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh variabel kebiasaan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis. Temuan ini diharapkan berimplikasi pada pentingnya penguatan budaya membaca terstruktur di lingkungan PGSD sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas berpikir kritis calon guru sekolah dasar.
References
Anggraini, F. D., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca Dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pap Pada Mata Kuliah Sim. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 4(1), 48. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i1.41441
Hidayati, N., Nugrahani, F., & Suwarto. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Literasi Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3201–3212. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/760
Rahma, S. N., Deyanti, F., & Fitriyah, M. (2024). Peran Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kalangan Mahasiswa. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 75–83.
ani, M. (2024). Peran Literasi Membaca dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 715–720. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.572
Fatimah, & Marnita. (2023). Literasi digital dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah IPBA. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 14(1), 46–53. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25524
Budianto, A., & Adriani, D. P. (2025). Pengaruh 4 Literasi dalam Proses Pembelajaran terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1086–1091.
https://jpion.org/index.php/jpi1086Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Harputra, Y., & Ramadhani, Y. R. (2023). M I N D : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya Hal : 59 s/d 67 Volume 3 No 2 Juli 2023 Artikel ini diterbitkan dibawah lisensi CC BY-NC-SA 4.0 M I N D ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS MAHASISWA PBI UGN. 3(2), 59–67. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.314
Purbaningrum, A. D., Siti Poerwanti, J. I., & Widianto Atmojo, I. R. (2024). Hubungan antara minat baca dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 31–36. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.80605
Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Risko Faristiana, A. (2019). Minat Baca Buku Kalangan. Student Scientiic Creativity Journal (SSCJ), 1(4), 382–398. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4
Relationship, T. H. E., Interest, R., In, V. M., Procedure, W., For, T., Class, S., Of, V. I. I., Yapi, S. M. P., & Banyuasin, B. (2020). JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Juli 2020, Vol. 1 No. 2. 1(2), 66–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










