INTERNALISASI NILAI – NILAI KEISLAMANAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KALIJATEN

Authors

  • Abdul Hakim Ali Fikri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Roha Dewi Neta UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ida Miftakhul Jannah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7048

Keywords:

Internalisasi Nilai, Pembelajaran Bahasa Arab, Nilai Keislaman, Pesantren

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di pesantren tidak hanya berfungsi sebagai sarana penguasaan bahasa, tetapi juga sebagai media pembentukan karakter dan nilai-nilai keislaman yang tercermin dalam kehidupan santri sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai keislaman dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kalijaten. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai berlangsung melalui keteladanan guru, pembiasaan aktivitas keagamaan, dan integrasi nilai ke dalam materi pembelajaran. Kegiatan seperti ngaji kitab, muhadasah, penggunaan Bahasa Arab dalam percakapan harian, serta pembiasaan adab berperan dalam menanamkan nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan sopan santun. Faktor pendukung internalisasi meliputi lingkungan pesantren yang religius dan hubungan harmonis antara guru dan santri, sedangkan hambatannya mencakup keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan santri, dan minimnya variasi metode mengajar. Secara keseluruhan, pembelajaran Bahasa Arab terbukti berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter dan identitas keislaman santri.

References

Apriyani, A., Dewi, N. S. D., Ramadhani, A. P., & Farhurohman, O. (2025). Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah: Strategi Efektif Guru Dalam Menanamkan Nilai Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 543–554.

Candira, D., Adekamisti, R., Harmi, H., Ifnaldi, I., & Ristianti, D. H. (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5725–5733.

Gani, A., Oktavani, M., & Suhartono, S. (2024). Pendidikan Agama Islam: Fondasi Moral Spiritualitas Bangsa. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 289–297.

Islami, A. (2025). Peran Pesantren Darunnajah Jakarta Dalam Pendidikan Karakter Santri Melalui Pembelajaran Bahasa Arab. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 10(1), 335–348.

Khoiri, Z. Z. M. (2024). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Emha Ainun Nadjib. IAIN Metro.

Mashudi, A., & Rizal, S. (2025). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pesantren-Based Curriculum (PBC) Di Madrasah Aliyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 59–77.

Mashuri, I., Fanani, A. A., & Hikmah, U. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa SMA Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 157–169.

Mulyawati, S. S., Nugraha, M. S., Aliyah, A., & Yani, A. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah: Internalization Of Character Values Through Classroom Management In The Teaching Of Islamic Cultural History (SKI) At Madrasah Tsanawiyah. Kharismatik: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 93–107.

Niswah, C., Sholihin, M., Zasvenda, M. Y., Amirullah, E., & Dani, A. (2025). Analisis Peran Lembaga Pendidikan Pesantren Dalam Membagun Karakter Dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 3(6), 308–316.

Noorhayati, S. M., & AF, M. S. S. (2024). Penanaman Nilai Kedisplinan Dan Kemandirian Santri Melalui Kepemimpinan Pemimpin Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 15–21.

Nuryupa, N., Amra, A., & Suharmon, S. (2024). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Dambaan Ummat Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Indonesian Research Journal On Education, 4(4), 947–959.

Ristianah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–13.

Shahara, N. A., & Masyithoh, S. (2025). Adab Guru Dan Murid Sebagai Refleksi Akhlak Islami: Implikasi Terhadap Pembentukan Lingkungan Belajar Beretika. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 739–747.

Sya’bani, M. Z., & Has, Q. A. Bin. (2023). Relevansi Bahasa Arab Dalam Dakwah: Refleksi Atas Kedudukan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran (Tinjauan Literatur). Ath-Thariq: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 97–111.

Untung, S. H., Muddin, M. I., Asnawi, A. R., Sindy, F., & Khasanah, L. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 136–145.

Downloads

Published

2025-11-17