PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MIND MAPPING PADA MATERI IPA KELAS VIII DI MTSN 2 SUNGAI PENUH

Authors

  • Anggun Harnila Institute Agama Islam Neger Kerinci
  • Novi Novrita Institute Agama Islam Neger Kerinci
  • Lia Angela Institute Agama Islam Neger Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7201

Keywords:

Modul Ajar, Sains, PBL, Pemetaan Pikiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping, mengkaji kelayakan modul ajar IPA berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping pada materi IPA kelas VIII di MTsN 2 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Sungai Penuh. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi didapatkan presentase melncapai skor ≥ 80%. dan ahli media didapatkan presentase melncapai skor ≥ 80. Bahan ajar IPA berbasis mind mapping efektif digunakan memperoleh pelnilaian validasi modull pelmbellajaran belrorielntasi problelm baseld lelarning (PBL) dan mind mapping pada matelri IPA tahap delngan hasil praktikalitas siswa 95,56%, hasil praktikalitas guru 89,6%, dan hasil respon siswa 90,15%. Delngan delmikian, modull ini pada Komponeln Kellayakan isi dan Komponeln Pelnyajian sangat layak digulnakan. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam pengembangannya, produk Bahan Ajar IPA Berorientasi Problem Based Learning (PBL) dan Mind Mapping digunakan sebagai bahan ajar pendamping di sekolah.

Author Biographies

Anggun Harnila, Institute Agama Islam Neger Kerinci

Departement of Tadris Biology (Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Institute Agama Islam Neger Kerinci, Indonesia)

Novi Novrita , Institute Agama Islam Neger Kerinci

Departement of Tadris Biology (Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Institute Agama Islam Neger Kerinci, Indonesia)

Lia Angela , Institute Agama Islam Neger Kerinci

Departement of Tadris Biology (Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Institute Agama Islam Neger Kerinci, Indonesia)

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ahmadillah, A. N. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta didik Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi.

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Al-Tabany, Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan. Kontektual. Jakarta: Kencana.

Arief S. Sadiman. 2009. Modul Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.

Budiningsih, Theresia Yulin., Ani Rusilowati., Putut Marwoto. (2015). Pengembangan Buku. Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi dan Suhu

Buzan, Tony. 2016. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Darsono, M. 2016. Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA‖. Pancasakti Science Education Journal.

Djamarah, S.B. 2017. Psikologi Belajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

De Porter dan Hernacki. 2003. Quantum Learning. Bandung : Kaifa.

Dwijonagoro, Suwarno dan Suparno. 2019. “Pranatacara Learning: Modelling, Mind Mapping, E-Learning or Problem Based Learning”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta 38, no. 1,

Eko Putro Widoyoko. 2012. Teknik Instrument Penelitian. Yogyakarta : Pustaka

Fauzun dan Fatkhul Arifin. 2017. “Problem Based Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran”. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Fong, Joseph, dkk. 2008. Problem Based Learning and Education. Hongkong: Caritas Francis Hsu College.

Fynesha Rahayu, 2013. Pengaruh Metode Latihan Diri (Drill) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gerlach & Ely. (1980). Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by: Pearson Education.

Idiran, Zulkarnain. 2008. Pola Pelaksanaan Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup.

Johnson E.B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.

Kim, Won. 2008. A Proposal for a Lifecycle Process for Problem Based Learning Programs. Korea: Sungkyunkwan University.

Maverick, F. (2019) „Sejarah komputer dari generasi pertama hingga sekarang‟, Sejarah Komputer, pp. 1–10.

Mento, Anthony J., Patrick Martinelli, dan RaymondM. Jones. (1999). Mind Mapping in Executive Education: Application and Outcomes. The Journal of Management Development, 18 (4).

Millah, E. S., L.S. Budipramana, & Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi Di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan dan Masyarakat (SETS). Electronic journal Bioedu, 1(1): 19-24. Tersedia di

Miles, Mathew B & Huberman, Michael A. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal On Education, 01(03), 128–135.

Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parikh, Nikhilkumar D. 2016. “Effectiveness of Teaching Through Mind Mapping. Technique”. Jurnal International of Indian Psychology. Vol. 3.

Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA press.

Rachmadtullah, R., Sumantri, M. S. and S, Z. M. (2018) „Interactive Multimedia Development Based on Scientific Approach to Civic Education Subjects in Elementary School‟, Interciencia journal, 43, pp. 13–21.

Riyana, Cepi. (2012). Modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal. Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shahmohammadi, Nayereh. 2013. ―Content Analysis of Elemantary Science Text Books Based on the Achievment Motivation Constructs ‖. Procedia – Social and Behavioral Sciences 84 (2013) 426-430.

Sinaga, D. (2014) „Evolusi Komputer, Kinerja Komputer Dan Interconnection Networks Dalam Perkembangan Dunia Teknologi Informatika‟, Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2). doi: 10.35968/jsi.v3i1.57.

Singarimbun, M dan S. Effendi (Editor). 1989. Metode Penelitian Survay. LP3S,. Jakarta.

Downloads

Published

2025-11-28