PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MATERI PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN STIK ES KRIM
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7232Keywords:
Hasil belajar, Matematika, Papan penjumlahan, Stik es krim, PenjumlahanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan siswa kelas II dalam memahami operasi penjumlahan dengan memanfaatkan media papan penjumlahan yang dikombinasikan dengan stik es krim. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus mencakup rangkaian kegiatan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta tahap refleksi. Informasi mengenai perkembangan belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan papan penjumlahan berbahan stik es krim memberikan pengaruh positif yang cukup besar terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari naiknya persentase ketuntasan belajar, yaitu dari 64% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Capaian tersebut menunjukkan bahwa seluruh indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai. Dengan demikian, media papan penjumlahan berbahan stik es krim dinilai efektif dalam membantu siswa kelas II memahami konsep penjumlahan dan meningkatkan prestasi belajarnya.
References
N. Arifin, “Pemikiran Pendidikan John Dewey,” As-Syar’i J. Bimbing. Konseling Kel., vol. 2, no. 2, pp. 168–183, 2020, doi: 10.47467/assyari.v2i2.128.
N. Anindya, F. Rahmah, Y. Sari, and I. Ummah, “Menyelami Esensi Sifat Dasar Manusia Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini,” vol. 4, no. 1, pp. 24–38, 2023.
E. Siahaan and E. Surya, “Analisis Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pelajaran Matematika”.
T. A. Putra, “PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA STIK ES KRIM BERBANTU NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS II SDN 01 TAMBAKREJO,” vol. 5, pp. 1–16, 2025.
A. Must and D. Kata, “Universitas Muria Kudus PENDAHULUAN Belajar merupakan hal sangat penting bagi semua orang , pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan PP tentang pemerintah daerah yang dapat meningkatkan jenjang pada program wajib belajar hingga 12 tahun ( Hasanah & Jabar , 2017 ). pp. 31–42, 2021.
S. P. Andini and M. Zakki, “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Matematika,” vol. 4, pp. 29–39, 2024.
L. Al Husna, Z. A. Mz, and R. Vebrianto, “Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar Explorative Study Of Problematics Learning Mathematics In Basic Schools In Tanah Datar,” vol. 6, pp. 1–12, 2021.
D. I. Kelas and I. I. Sekolah, “Peningkatan hasil belajar penjumlahan melalui model,” vol. 10, no. September, pp. 310–320, 2024.
S. K. Ningsih, A. Amaliyah, C. P. Rini, U. M. Tangerang, and K. Tangerang, “Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii sekolah dasar,” pp. 44–48, doi: 10.47353/bj.v2i1.48.
O. Kristina and G. Permatasari, “Jurnal Ilmiah Pedagogy PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Jurnal Ilmiah Pedagogy,” vol. 17, no. 20, 2021.
A. Vikiantika, N. Primasatya, and Y. Erwati, “Peningkatan hasil belajar siswa sekolah penggerak pada mata pelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis flipbook,” J. basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2002–2013, 2022.
I. D. N. Sudana, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” vol. 1, no. 2, pp. 164–173, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










