Mengurai Peran Bahasa Arab sebagai Mesin Penggerak Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7262Keywords:
Bahasa Arab, Mesin Penggerak Pembelajaran, Pengembangan Ilmu PengetahuanAbstract
Bahasa Arab memiliki peran sentral sebagai motor penggerak dalam pembelajaran, terutama dalam pendidikan islam dan pengembangan ilmu pengetahuan. Bahasa ini merupakan media utama yang tidak terpisahkan dari Al-Qur’an, yang menjadi sumber nilai, moral, dan sistem perilaku umat islam. Keunggulan Bahasa Arab terletak pada kemampuannya membentuk pola pikir unik sera memperkuat keterampilan komunikatif dan berpikir krtitis peserta didik. Pembelajaran Bahasa Arab menghadapi tantangan kompleksitas struktur bahasa dan metode pengajaran yang konvensional dan monoton. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif, seperti metode quantum learning. Metode ini menggabungkan aktivitas kinestetik, visualisasi, bercerita, dan pengalaman pribadi yang menyenangkan dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan motivasi, penguasaan kosakata, dan hasil belajar peserta didik. Dengan mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, metode quantum learning menjadikan Bahasa arab sebagai mesin penggerak pembelajaran yang efektif dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas yang tidak hanya menguasai bahasa tetapi juga memahami nilai keagamaan dan budaya secara mendalam dan menyuluruh, pendekatan ini meningkatkan kemampuan bahasa sekaligus memperdalam pemahaman budaya dan agama peserta didik secara holistik.
References
Amelia, R., & Hikmah, M. A. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa : Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. 2(1).
Antarabangsa, P., Islamiyyat, P., Conference, I., Islamiyyat, O. N., Intrinsik, M., Ekstrinsik, M., Intrinsik, M., Ekstrinsik, M., Intrinsik, M., Ekstrinsik, M., Kunci, K., Motivasi, P., & Arab, B. (n.d.). Persidangan antarabangsa pengajian islamiyyat kali ke-3 (irsyad2017) 3. 3, 655–666.
Arab, B., Pesantren, P., & Risalah, I. (n.d.). Peran lingkungan bahasa arab dalam meningkatkan penguasaan bahasa arab pada pesantren izzur risalah panyabungan. 83–92.
Asror, M., Bakar, M. Y. A., & Fuad, A. Z. (2023). Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus : Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5 . 0. 8(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693
Azzahra, N. T. (2025). Teori Konstruktivisme Dalam Dunia Pembelajaran. 2(2), 64–75.
BAB I, BAB IV.pdf. (n.d.).
Bakar, M. Y. A. (n.d.). Pengaruh Paham Liberalisme dan Neoliberalisme Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. 8(1), 135–160.
Fadzil, N. A. (2019). MOTIVASI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ARAB JABATAN AGAMA ISLAM MELAKA ( SMA JAIM ) TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Abstrak. 4, 90–99.
Gustianti, E. (2023). ARAB DALAM MEMOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN DAN HADITS SISWI SMP-IT IMAM SYAFI ’ I. 6, 2498–2504.
Hanifah, S., & Bakar, M. Y. A. (n.d.). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih : Implementasi pada Pendidikan Modern. 0738(4), 5989–6000.
Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Salma, K. N. (2024). Al-Ihsan : Jurnal Pengabdian Agama Islam Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam untuk Memperkuat Identitas Budaya di Komunitas Lokal : Studi di Desa Klatakan , Situbondo The Role of Arabic Language in Islamic Education to Strengthen Cultural Identity in Local Communities : A Study in Klatakan Village , Situbondo Al-Ihsan : Jurnal Pengabdian Agama Islam. 1(1), 44–58.
Indonesia, D., Society, E., Setyawan, C. E., Aceh, A. A., Masjid, S., & Yogyakarta, S. (2021). Peran Bahasa Arab dalam Menghadapi Paradigma Pendidikan خلم ّ في ّ ميلعتلا ّ لماع ّ ىلع ّ بيايجإ ّ يرثتأ ّ هل ّ نوكي ّ نأ ّ ةرورضلبا ّ سيل ّ ايجولونكتلا ّ يرثتأو ّ ةيصخشلا ّ طئاسول او ّ يوبترلا ّ لعافتلا ّ جذونمو ّ هاتجلاا ّ جذونم ّ في ّ ايربك ّ لاوتح ّ يوبترلا ّ جذومنلا ّ دهش ّ . ايسينودنإ ّ ا رود ّ بعلتو ّ عمتلمجا ّ رصع ّ في ّ هاتجإك ّ عمتلمجا ّ في ّ ةرضاح ّ ةيب رعلا ّ ةغللا ّ ، هسفن ّ تقولا ّ في ّ . ةيميلعتلا ّ رعلا ّ ةغللا ّ رود ّ . ميلعتلا ّ لامج ّ في ّ ايسينودنإ ّ في ّ ةراضلحا ّ روطتو ّ ةيصخش ّ ةهجاوم ّ في ّ ا مهم ً رعلا ّ ةغللا ّ بعلت ّ . ايسينودنإ ّ في ّ ةصاخ ّ ةمهمو ّ عوضومو ّ ةادأك ً رود ّ ةيب ّ ةغللا ّ رودب ّ ةقلعتلما ّ تامولعلما ّ نع ّ ةماع ّ ةلمح ّ ةلاقلما ّ هذه ّ مدقت ّ . ةيبرعلا ّ ةغللا ّ ميلعت ّ لماع ّ نم ّ أدبت . اهرودو ّ ايسينودنإ ّ في ّ ميلعتلا ّ في ّ ةيبرعلا ّ تلاالمجا ّ هذه ّ لك ّ . يسينودنلإا ّ عمتجملل ّ ةيعامتجلااو ّ ةيداصتقلااو ّ ةيسايسلا ّ ت لاالمجا ّ كلذ ّ في. 04, 183–193.
Khalilullah, M., & Ma, S. A. (2011). Strategi pembelajaran bahasa arab aktif (kemahiran qira’ah dan kitabah ). 8(01), 152–167.
Lestari, R., & Masyithoh, S. (2023). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM. 17(01).
Mustofa, A., Abdul, M., & Hasan, K. (2023). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma ’ had Aly Ar- Rasyid Wonogiri
No Title. (n.d.-a). https://doi.org/https://doi.org/10.59548/je.v1i2.78.
Radzi, S. F., Fatanah, N. U. R., & Nor, M. (2019). Motivasi Pelajar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. 159–169.
Rahmania, S., & Bakar, M. Y. A. (2023). STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NAQUIB AL-ATTAS. 6(2), 129–144.
Sipirok, K. H. A. D. (2023). Efforts To Improve The Quality Of Madrasa Graduates Through Curriculum Management In Islamic Boarding School. 3, 437–446. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3801
Zahra, A. S. (2024). Integrasi Tarbiyah , Talim dan Ta ’ dib : Pilar Utama Pendidikan Islam. 1(6), 33–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










