Peran Language Acquition Device (LAD) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Perspektif Teori Nativisme
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7291Keywords:
Language Acquition Device, Noam Chomsky, Pembelajaran Bahasa Arab, Pemerolehan Bahasa, Teori NativismeAbstract
Penelitian ini membahas peran Language Acquisition Device (LAD) dalam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan perspektif teori nativisme yang dikemukakan oleh Noam Chomsky. LAD dipahami sebagai perangkat biologis bawaan dalam otak manusia yang memungkinkan seseorang memperoleh bahasa secara alami. Kajian ini berfokus pada empat permasalahan utama, yaitu: pengertian LAD dalam teori nativisme, fungsi LAD dalam pemerolehan bahasa Arab pada anak, faktor yang mendukung optimalisasi LAD, serta implikasi teori nativisme terhadap strategi pembelajaran bahasa Arab. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif berbasis kajian literatur, diperoleh kesimpulan bahwa LAD berperan penting dalam memfasilitasi kemampuan alami anak memahami struktur bahasa Arab. Optimalisasi fungsi LAD dapat dicapai melalui lingkungan belajar yang komunikatif, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, teori nativisme memberikan dasar filosofis bahwa pembelajaran bahasa Arab hendaknya menekankan potensi alami peserta didik, bukan hanya pada penguasaan aturan gramatikal.
References
Ahmad, I., & Djais, I. (2024). Idrus Ahmad 1 , Idwan Djais 2. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi ( JUPEK), 5(2), 118–127.
Annisa, M. N., & Safii, R. (2023). Needs Analysis of Challenges in Learning Arabic as a Foreign Language in Higer Education: Perspective of Students and Lecturers. ELOQUENCE : Journal of Foreign Language, 2(2), 141–158.
Ariya, A. A., & Ismail, I. (2025). Filsafat Pendidikan di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang dalam Konteks Multikultural. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1122–1131. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6442
Aziz, M. T., Hasan, L. M. U., & Adhimah, S. (2024). Jembatan Kurikulum: Inklusi dan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Konteks Multikultural. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(3), 158–166. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i3.292
Bakar, M. Y. A. (2016). PEMBENTUKAN KARAKTER LULUSAN MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN LIRBOYO KEDIRI M . Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Ampel Surabaya , Indonesia Pendahuluan Krisis moral yang melanda masyarakat Indonesia mengindikasikan. Journal of Islamic Education Studies, 1. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2059/2/M. Yunus Abu Bakar_jurnal_Pembentukan Karakter Lulusan.pdf
Hidayah, U. K., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Teori Pemerolehan Bahasa Nativisme LAD. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 177–188. https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5539
Kamila, F., Aisa, F., Susilawati, S. A., & Abu Bakar, M. Y. (2023). Isu Kontemporer Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 85–102. https://doi.org/10.35719/pba.v3i2.129
Massofia, F. D., Suci Ramadhanti Febriani, & Budianto, L. (2024). Children’s Acquisition of Arabic Language Based On Chomsky’s Theory Of Nativism. Journal of Arabic Language Learning and Teaching (JALLT), 2(2), 111–120. https://doi.org/10.23971/jallt.v2i2.182
Nismawati, N., & Darmawati, D. (2025). Integrasi Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan Behaviorisme, Mentalisme, Kognitifisme, Konstruktvisme dan Nativisme. Ta’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, x(x), 11. http://journal.stai-nuruliman.ac.id/index.php/tlmi/article/view/205
Oktaviani, I., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Sekarningrum, R., Syahrisyarifah, M., Yunus, M., & Bakar, A. (2024). Dinamika Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Arab. Jurnal Sains Student Research, 2(6), 526–538. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.3015
Uin, I., & Makassar, A. (2025). Optimalisasi Desain Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 14–22. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/17298
Wahab, L. A. (2014). Pemerolehan Bahasa Arab Anak Usia 2-7 Tahun (Studi Kasus Beberapa Anak di Konawe Selatan) Laode. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2 – 7 Tahun, November, 48–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










