Pendidikan Pancasila dan Budaya Sekolah Sebagai Penguatan Karakter Karakter Peserta Didik di SD Negeri Sumber 6 Surakarta

Authors

  • Adelia Primadani Universitas Sebelas Maret
  • Anggita Widyasti Universitas Sebelas Maret
  • Fatimah Mirra Nur Ridah Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septina Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7377

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Budaya Sekolah, sekolah dasar, pendidikan karakter, pembiasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan pancasila dan budaya sekolah berperan sebagai upaya terpadu dalam memperkuat pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri Sumber 6 Surakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatifmelalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pancasila tidak hanya diarahkan pada pencapaian kompetensi pengetahuan tetapi juga ada pembentukan karakter melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilaia tanggung jawab, kerja sama, kedisiplinan, empati serta pengambilan keputusan etis. Selain itu, budaya sekolah memperkuat internalisasi nilai Pancasila melalui pembiasaan harian yang konsisten seperti upacara bendera, kegiatan religi, litersi, apel pagi, lagu daerah, jumat bersih, olahraga, program adiwiyata serta kegiatan sedekah dan zakat fitrah. Kegiatan ekstrakurikuler seperti tari dan membatik turut membentuk kreativitas, kemandirian dan rasa cinta terhadap budaya lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter di SD Negeri Sumber 6 Surakarta terbentuk melalui sinergi antara pembelajaran Pendidikan Pancasila yang terstruktur dan budaya sekolah yang berkesinambungan.

Author Biographies

Adelia Primadani, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Anggita Widyasti , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fatimah Mirra Nur Ridah , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Elfrianto. (2016). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.

Khairunnisa, A., & Akmaluddin, A. (2025). Pancasila dan Pendidikan Karakter. Journal of Social Sciences Spectrum, 1(1).

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.

Maulidah, E. (2019). Character Building Dan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 138–146.

Rinovian, R., Wahyono, T. T., & Riyadi, S. (2025). Pendidikan Karakter Berbasis Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Kearifan Lokal Sebagai Upaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(2), 9056–9065.

Setiawan, A., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). Implementasi pendidikan karakter terhadap perilaku moral siswa melalui pembelajaran di lingkungan sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(01), 1949–1962.

Sholeha, N., Yulinda, F., & Wijayanti, C. P. (2025). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Membangun Kepemimpinan dan Karakter Peserta Didik di UPT SD Negeri 2 Sukoharjo III Implementation of Pancasila Education in Building Leadership and Character of Students at UPT SD Negeri 2 Sukoharjo III. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2, 1243–1253.

Sholihah, R. A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 705–717. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.977

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Sukadari, Suyata, & Kuntoro, A. S. (2015). Penelitian etnografi tentang budaya sekolah dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Downloads

Published

2025-12-05