Manajemen Branding Madrasah: Analisis Konseptual Penguatan Citra Institusional dalam Mewujudkan Daya Saing Global

Authors

  • Rubai Rubai MA Darul Hikam Kudus

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7409

Keywords:

Citra Institusional, Daya Saing Global, Madrasah, Manajemen Brand, Society 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara konseptual manajemen branding madrasah sebagai upaya strategis untuk memperkuat citra institusional dan daya saing global di era Society 5.0. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur dan wawancara mendalam, penelitian ini mengeksplorasi strategi branding yang berbasis pada nilai-nilai inti integrasi ilmu agama dan umum, kualitas layanan, serta komunikasi yang konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan branding madrasah bertumpu pada empat pilar utama: diferensiasi program, peningkatan kualitas layanan, komunikasi pemasaran digital terintegrasi, dan manajemen reputasi yang proaktif. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, stigma negatif, serta persaingan ketat dengan sekolah umum masih menjadi hambatan signifikan. Untuk bersaing secara global, madrasah perlu mengadopsi pendekatan “glokalisasi” dengan menggabungkan standar internasional dan identitas keislaman lokal, serta memperkuat visibilitas digital dan kemitraan global. Studi ini memberikan rekomendasi praktis bagi madrasah dalam membangun brand yang kuat dan khas di era digital.

References

Handayani, & Sirozi, M. (2025). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 535-549.

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/21112

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. B. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1254-1267.

https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/2649

Safitri, T. D. E., & Bahri, S. (2024). Personal Branding Pengawas terhadap Kepercayaan Kepala Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 257-270. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/jmpi/article/view/4122

Anggraeni, S., & Putri, K. H. (2022). Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. Promis: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 3(2), 163-181.

Kholil, M., Rozi, F., & Fadholi, A. (2022). Peningkatan Daya Saing Madrasah di Era Society 5.0 dengan Strategi Manajemen Branding Image di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 10(2), 317-335.

Rusmini, R., Chaniago, F., & Piola, H. (2023). Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah. Islamic Pedagogy: Journal of Islamic Education, 1(1), 18-28.

Sakinah, S. S., & Nurmila, N. (2024). Pengaruh Strategi Branding Image dalam Pemasaran Pendidikan Terhadap Peningkatan Daya Saing Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 66-76.

Fachri, M., Rozi, F., & Tamimullah, T. (2022). Branding Image melalui Penerapan Pendidikan Inklusif dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 316-334.

Susyanto, B. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 692-710. h

Roziqin, Z., & Rozaq, H. (2018). Menggagas Competitive Advantage Melalui Branding Image di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(2), 225-245.

Downloads

Published

2025-12-01