Analisis Penerapan Budaya Sekolah sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Makamhaji 04 Kartasura

Authors

  • Diva Hapsari Universitas Sebelas Maret
  • Fitri Nur Hidayati Universitas Sebelas Maret
  • Hendra Nurjanna Wijaya Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septina Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7419

Keywords:

Budaya sekolah, Pendidikan karakter, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar, yang terlihat dari rendahnya karakter disiplin, tanggung jawab, dan integritas siswa. Budaya sekolah dipandang sebagai instrumen strategis untuk membangun pembiasaan karakter yang konsisten dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk penerapan budaya sekolah di SDN Makamhaji 04 Kartasura, proses internalisasi nilai karakter melalui budaya sekolah, serta faktor pendukung, penghambat, dan strategi penyelesaian dari sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap kepala sekolah dan guru kelas. Analisis dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan budaya sekolah dan efektivitasnya dalam penguatan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah diterapkan melalui pembiasaan 5S, upacara atau apel pagi, literasi religius, kegiatan fisik, serta program kebersihan yang berfungsi untuk menanamkan nilai religius, disiplin, integritas, nasionalisme, tanggung jawab, dan kepedulian lingkungan. Keberhasilan penerapan ini didukung oleh komitmen guru dan kepala sekolah serta dukungan sarana dan prasarana sekolah. Hambatan muncul dari variasi karakter siswa, rendahnya antusiasme sebagian siswa, beban administrasi guru, serta kurangnya pembiasaan di rumah dan lingkungan sekitar. Simpulan menunjukkan bahwa budaya sekolah di SDN Makamhaji 04 berfungsi efektif sebagai mekanisme pembentukan karakter melalui pembiasaan, keteladanan, dan pengelolaan sekolah yang konsisten, sehingga layak menjadi model praktik penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.

Author Biographies

Diva Hapsari, Universitas Sebelas Maret

PGSD

Fitri Nur Hidayati , Universitas Sebelas Maret

PGSD

Hendra Nurjanna Wijaya, Universitas Sebelas Maret

PGSD

Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret

PGSD

References

Annisa, H., Dewi. D.A., & Adriansyah, M.I. (2024). Berkurangnya Rasa Nasionalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Bendera Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Primer: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2(1). 53-65. https://doi.org/10.55681/primer.v2i1.287

Armini, N.N.S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin. 4(1). 113-125. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005

Fadli, M.R. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21, 1 (Apr. 2021), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fatmah. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 3(2), 251-260. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1865

Feranina, T.M. & Komala, C. (2022). Sinergitas peran orang tua dan guru dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Perspektif. 6(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i1.163

Hada, G. S., & Zumrotun, E. (2024). Analisis Penerapan Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Membangun Karakter di Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 7(1), 2615-6598

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health. 40(1), 23 - 42. doi:10.1002/nur.21768.

Kurniawan, M. A., & Wijayanti, T. (2023). Implementation of The Madrasah Movement in Heart Towards a Culture of Achievement in Realizing The Profile of Pancasila Students at MAN 1 Jepara. Jurnal Civicus UPI, 23(1),19–30.

Risani, A., Nevianti., Aziza, T.P., & Mutmainnah. (2024). Optimalisasi Sarana dan Prasarana Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Runiah School Makassar. Edusociata. Jurnal Pendidikan Sosiologi. 7(2), 879-883.

Sholekhah. F. 2019. Pendidikan Karakter Melalui Revolusi di Era Disruptif. 64 - 88

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sofiasyari, I., HT Atmaja., & Purwadi S., (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Suardi, W. (2017). Catatan Kecil Mengenai Desain Riset Deskriptif Kualitatif. Jurnal EKUBIS, 2(1)

Una, L. M. W., & Laksana, D. N. L. . (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era 4.0. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(3), 301–310. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i3.916

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.

Wardani, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SD Negeri Taji Prambanan Klaten. Proceeding Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan, 2013, 23–27.

Wijayanti, T., Suwito, S., Masrukhi, M., Rachaman, M., & Andi, M. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Mewujudkan Profil dalam Pelajar Pancasila di MAN 1 Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 05(1), 1109–1114.

Downloads

Published

2025-12-01