Implementasi Sikap Gotong Royong Pada Pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta

Authors

  • Adela Fisca Dian Saputri Universitas Sebelas Maret
  • Andrian Maulana Ihsan Universitas Sebelas Maret
  • Destia Nur Khasanah Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septina Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7420

Keywords:

gotong royong, pendidikan karakter, pembelajaran PPkn, SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Surakarta

Abstract

Dalam penelitian ini, sikap gotong royong diterapkan dalam pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan fokus pada penerapan nilai gotong royong antara guru PPkn dan siswa SDN Tunggulsari 1 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelompok, kerja bakti kelas, proyek kebersihan lingkungan, dan kolaborasi dalam tugas tematik serta observasi dan dokumentasi kegiatan gotong royong di sekolah merupakan contoh dari nilai gotong royong.  Guru memainkan peran penting dalam membangun sikap saling membantu, bekerja sama, dan menghargai perbedaan pendapat siswa. Budaya sekolah yang baik, dukungan kepala sekolah, dan kebiasaan kerja sama siswa adalah semua faktor yang mendukung penerapan nilai gotong royong. Salah satu masalahnya adalah siswa masih individualis dalam kelompok dan tidak konsisten dalam berpartisipasi aktif. Menurut penelitian ini, pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta telah menjadi metode yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong melalui kegiatan yang dilakukan secara nyata di sekolah.

Author Biographies

Adela Fisca Dian Saputri, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Andrian Maulana Ihsan, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Destia Nur Khasanah, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahmad, M., & Wilkins, S. (2025). Purposive sampling in qualitative research: A framework for the entire journey. Quality & Quantity, 59(2), 1461-1479. https://doi.org/10.1007/s11135-024-02022-5

Awaliya, T. P., & Utami, R. D. (2024). Strengthening the gotong royong character of elementary school students through cooperative learning. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1763–1780. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.73624

Hanafiah, D., & Martati, B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Madrasah. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman karakter gotong royong dan tanggung jawab melalui metode pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Jayanti, T., Istiqomah , L. ., & Kurniawan, I. . (2024). Implementasi Karakter Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2). https://doi.org/10.30738/tc.v8i2.17243

Khoerunnisa, R., & Firmansyah, W. (2025). Implementasi Nilai Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(9), 6676–6685. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i9.20367

Khoir, M., Sartono, E. K. E., & Firdaus, F. M. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Seni Kriya dan Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Sukomulyo, Magelang). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1697-1702. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1928

Mulyani, F. S., Ghufron, A., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724

Gumelar, A., Maftuh, B., & Hakam, K. A. (2023). Penerapan pembelajaran PKN berbasis Project Citizen untuk penguatan karakter gotong royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8318

Purnamasari, M., Wuryandini, E., Solikhin, R., & Sulianto, J. (2024). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1270–1279. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153

Putri, H. J., & Murhayati, S. (2025). Metode Pengumpulan Data Kualitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 13074–13086. https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.27063

Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Jurnal At-Tadrib. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368

Riyadi, F. S., & Nuroso, H. (2024). Penerapan nilai gotong royong berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Didaktik. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3381

Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Nawa, N. E. A., Musa, H., & Kota, M. K. (2025). Peran PPKn dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi dan Gotong Royong pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intelektual. https://doi.org/10.64690/intelektual.v1i2.263

Villamin, P., Lopez, V., Thapa, D. K., & Cleary, M. (2025). A worked example of qualitative descriptive design: A step‐by‐step guide for novice and early career researchers. Journal of Advanced Nursing, 81(8), 5181-5195. https://doi.org/10.1111/jan.16481

Downloads

Published

2025-12-06