Implementasi Sikap Gotong Royong Pada Pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7420Keywords:
gotong royong, pendidikan karakter, pembelajaran PPkn, SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 SurakartaAbstract
Dalam penelitian ini, sikap gotong royong diterapkan dalam pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No.72 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan fokus pada penerapan nilai gotong royong antara guru PPkn dan siswa SDN Tunggulsari 1 Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelompok, kerja bakti kelas, proyek kebersihan lingkungan, dan kolaborasi dalam tugas tematik serta observasi dan dokumentasi kegiatan gotong royong di sekolah merupakan contoh dari nilai gotong royong. Guru memainkan peran penting dalam membangun sikap saling membantu, bekerja sama, dan menghargai perbedaan pendapat siswa. Budaya sekolah yang baik, dukungan kepala sekolah, dan kebiasaan kerja sama siswa adalah semua faktor yang mendukung penerapan nilai gotong royong. Salah satu masalahnya adalah siswa masih individualis dalam kelompok dan tidak konsisten dalam berpartisipasi aktif. Menurut penelitian ini, pembelajaran PPkn di SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta telah menjadi metode yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong melalui kegiatan yang dilakukan secara nyata di sekolah.
References
Ahmad, M., & Wilkins, S. (2025). Purposive sampling in qualitative research: A framework for the entire journey. Quality & Quantity, 59(2), 1461-1479. https://doi.org/10.1007/s11135-024-02022-5
Awaliya, T. P., & Utami, R. D. (2024). Strengthening the gotong royong character of elementary school students through cooperative learning. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1763–1780. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.73624
Hanafiah, D., & Martati, B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Madrasah. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman karakter gotong royong dan tanggung jawab melalui metode pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248
Jayanti, T., Istiqomah , L. ., & Kurniawan, I. . (2024). Implementasi Karakter Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2). https://doi.org/10.30738/tc.v8i2.17243
Khoerunnisa, R., & Firmansyah, W. (2025). Implementasi Nilai Gotong Royong dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(9), 6676–6685. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i9.20367
Khoir, M., Sartono, E. K. E., & Firdaus, F. M. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Seni Kriya dan Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Sukomulyo, Magelang). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1697-1702. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1928
Mulyani, F. S., Ghufron, A., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Gumelar, A., Maftuh, B., & Hakam, K. A. (2023). Penerapan pembelajaran PKN berbasis Project Citizen untuk penguatan karakter gotong royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8318
Purnamasari, M., Wuryandini, E., Solikhin, R., & Sulianto, J. (2024). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1270–1279. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153
Putri, H. J., & Murhayati, S. (2025). Metode Pengumpulan Data Kualitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 13074–13086. https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.27063
Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Jurnal At-Tadrib. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368
Riyadi, F. S., & Nuroso, H. (2024). Penerapan nilai gotong royong berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Didaktik. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3381
Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Nawa, N. E. A., Musa, H., & Kota, M. K. (2025). Peran PPKn dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi dan Gotong Royong pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intelektual. https://doi.org/10.64690/intelektual.v1i2.263
Villamin, P., Lopez, V., Thapa, D. K., & Cleary, M. (2025). A worked example of qualitative descriptive design: A step‐by‐step guide for novice and early career researchers. Journal of Advanced Nursing, 81(8), 5181-5195. https://doi.org/10.1111/jan.16481
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










