Peran Budaya Sekolah dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkelanjutan: Studi Kasus di SD Negeri Tunggulsari 1

Authors

  • Ghazy Nabil Musyaffa Universitas Sebelas Maret
  • Nisrina Julia Firmayanti Universitas Sebelas Maret
  • Putri Lelyana Devi Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septina Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7480

Keywords:

Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Keberlanjutan

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam membentuk peserta didik yang berakhlak, disiplin, bertanggung jawab, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di SD Negeri Tunggulsari 1 melalui berbagai kegiatan pembiasaan mingguan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti upacara bendera, Selasa Religi, latihan Kepramukaan, Jumat Literasi, Jumat Bersih, dan Jumat Sehat berkontribusi signifikan terhadap penanaman nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Meski demikian, efektivitas internalisasi nilai masih dipengaruhi oleh konsistensi pembiasaan, keteladanan guru, serta dukungan orang tua. Temuan ini menegaskan bahwa budaya sekolah yang terstruktur, konsisten, dan didukung seluruh warga sekolah berperan penting dalam membangun karakter peserta didik secara berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan variasi pembiasaan, peningkatan evaluasi program, kolaborasi dengan orang tua dan komunitas, serta pengembangan dokumentasi digital untuk memaksimalkan pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Author Biographies

Ghazy Nabil Musyaffa, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta

Nisrina Julia Firmayanti, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta

Putri Lelyana Devi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta

Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta

References

Amelia, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.

Cahyani, E. P. N., Dwinata, A., Adlina, N., & Pujiono, S. (2024). Esensi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Di Sekolah Dasar. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 9(1), 1-7.

Hafidz, S. (2024). Apakah budaya sekolah mempengaruhi karakter siswa?: Kajian meta-analisis. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(1), 42-50.

Indriani, D. F., Anggraini, N. A., Hasanah, W. E. A., Bintartik, L., & Lestari, A. D. (2025). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 480-487.

Indrianingrum, M. D., Miyono, N., & Nurhayati, S. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Budaya Sekolah pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 194-201.

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.

Lenta, V., & Mustika, D. (2023). Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN 115 Pekanbaru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65938

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 105-112.

Listyarini, I., & Miyono, N. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 347-358.

Malahati, F., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif: Memahami karakteristik penelitian sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341-348.

Murtafik, D., Bahtiar, A. S., Amaliyah, N. F. I., & Rani, A. (2025). Penguatan kultur sekolah sebagai strategi holistik untuk pembentukan karakter dan literasi siswa di era digital. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 283-291.

Sofannah, I. A., Amrullah, M., & Wardana, M. D. K. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan budaya sekolah. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 8(2), 115-125.

Downloads

Published

2025-12-07