DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS TINGGI DI SDN 1 BONYOKAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7484Keywords:
Media Pembelajaran, PPKn, Sekolah Dasar, Keaktifan BelajarAbstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memegang peranan penting dalam membentuk karakter serta kemampuan kewargaan peserta didik di sekolah dasar. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian, menumbuhkan motivasi, dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan menggambarkan variasi media yang dimanfaatkan oleh guru, cara media tersebut diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar, serta pengaruhnya terhadap keaktifan dan pemahaman siswa kelas tinggi di SDN 01 Bonyokan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai media seperti video, gambar, dan presentasi digital, yang secara nyata membantu meningkatkan interaksi serta pemahaman siswa terhadap materi PPKn, terutama pada pembahasan nilai-nilai Pancasila dan norma kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, pemanfaatan media masih menghadapi beberapa kendala, antara lain keterbatasan jaringan internet, kurangnya perangkat pendukung, serta pengaturan waktu pembelajaran yang belum maksimal. Di samping itu, media pembelajaran jarang digunakan dalam proses evaluasi yang masih didominasi oleh metode tradisional. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran PPKn, namun efektivitasnya perlu ditingkatkan melalui penyediaan sarana yang memadai, peningkatan kompetensi guru, dan perencanaan pembelajaran yang lebih terstruktur.
References
Aman, M., & Fauzi, M. R. (2024). Civics Learning Media in Elementary Schools. 3(4), 626–631.
Darmiyati, D. (2020). Penilaian Unjuk Kerja Dalam Pengembangan Agama Dan Moral Anak Usia Din. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 74–85. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8532
Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(3), 238–244. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Kemp, J. E., & Dayton, D. K. (1998). Planning and producing instructional media. Harper & Row Publishers: New York.
Kusnadi, E., Martini, E., & Nugraha, G. N. (2017). Konstruk pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 150–163. https://www.semanticscholar.org
Lubis, V. A., Tanjung, M. I. Y., Putri, H., & Syahrial. (2025). Planning and producing instructional media. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 2(6), 11545–11550.
Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan minat belajar siswa dengan media pembelajaran konvensional dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661
Rakhma, S., Bagus P, A., & Tri, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD. Journal of Education Research, 5(4), 6552–6556.
Riyantono, N. N., & Makmur, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Realiti DI Sekolah Dasar. 09(04), 298–308.
Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










