Optimalisasi Pelayanan Digital DPMPTSP Bukittinggi dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

Authors

  • Suci Kurnia Ilahi UIN M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7489

Keywords:

digital literacy; digitalization; optimization; public service.

Abstract

Digital transformation is a strategic step in realizing efficient and transparent public services. This study aims to analyze the optimization of digital services by DPMPTSP Bukittinggi in enhancing the community’s digital literacy. The research method used is descriptive qualitative with data collected through observation, interviews, and documentation of digital service activities. The findings indicate that the implementation of digital systems such as OSS and SIPATEN improves service efficiency and encourages citizens to actively engage with technology. In addition to accelerating licensing processes, digitalization contributes to a better understanding of online public services among the community. Therefore, optimizing digital services not only enhances the quality of public administration but also continuously strengthens society’s digital literacy.

References

Aisyah, Siti, Febriani Panigoro, Udin Hamim, and Fenti Prihatini Tui. 2025. “Efektivitas Implementasi E-Government Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Kota Gorontalo Effectiveness of E-Government Implementation at the Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) of Gorontalo City.” 2(3): 134–47.

Andani, Diah, and Ade Suparman. 2025. “Evaluasi Dampak Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Terhadap Pelayanan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Subang.” The World of Public Administration Journal 7(1): 18–24. doi:10.37950/wpaj.v7i1.2321.

Azizah, Nur, Rahayu Kusuma Dewi, and Cecep Wahyu Hoerudin. 2022. “Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang.” JurnalIlmiahMahasiswaFISIPUSK 7(4): 1–11.

Daaris, Yuli Yanti, and Sadrul Imam. 2024. “Transformasi Digital Dalam Pelayanan Publik: Pelajaran Dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bima.” JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5(2): 245–55. http://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i2.367.

Firmansyah, Moch Andre, and Rosyidatuzzahro Anisykurlillah. 2023. “Efektivitas Program Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Di.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 19(19): 510–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.8412238.

Futum Hubaib, Jamil Bazarah, Ahmad Jubaidi, dan. 2021. “KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia).” Dedikasi 22(2): 105. doi:10.31293/ddk.v22i2.5860.

Gulo, T E K, and M T Bingamawa. 2025. “Analisis Kematangan Website Dpmptsp Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kabupaten Nias.” : 1–13. http://eprints.ipdn.ac.id/23541/%0Ahttp://eprints.ipdn.ac.id/23541/1/32.0108_Tulus Enoni.pdf.

Hariyadi, Ahmad, and Dwi Novaria Misidawati. 2020. “Pengenalan Pendidikan Ekonomi Islam Kepada Generasi Muda: Upaya Peningkatan Mutu Ekonomi Masa Depan.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(3): 217. doi:10.37905/aksara.6.3.217-224.2020.

Irawan, Muhammad Naufal. 2024. “Kualitas Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Padang Pada Bidang Penanganan Fakir Miskin Tahun 2023.” : 1–146.

Kurniawan, Didik, and Haryanto. 2024. “Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) Berbasis Literasi Digital Pada Pelayanan Publik Di Kalurahan Watugajah Kapanewon Gedangsari Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Pelangi Pendidikan 1(2): 85–95.

Muhammad Aziz, and Darul Islam. 2024. “Optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Perspektif Manajemen Bisnis Syariah.” I’THISOM : Jurnal Ekonomi Syariah 3(2): 153–69. doi:10.70412/its.v3i2.98.

Nurlaila Nurlaila, Nurhasanah Nurhasanah, and Zuriatin Zuriatin. 2024. “Optimalisasi Pelayanan Perizinan Dengan Sistem Online Single Submission (OSS) Dalam Mempercepat Pembangunan Di Kota Bima.” Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata 20(3): 66–79. doi:10.56910/gemawisata.v20i3.390.

Radiani, Riska, and Monalisa. 2025. “Efektivitas Pelayanan Perizinan Sistem Online Single Submission (OSS) Oleh Dinas.” Jpm Jurnal Mahasiswa Pemerintahan 2(April): 210–15.

Ramadhan, Ruslan. 2024. “In Konsep Good Governance Dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur.” Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik 6(1): 55–67. doi:10.55542/saraqopat.v6i1.328.

Sari, Yunita. 2025. “Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada DPMPTSP Kota Padang.” 3(2): 144–58.

Sombo, Agustina, and Timbul Dompak. 2023. “Implementasi Pelayanan Berbasis Elektronik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Kota Batam.” eCo-Buss 6(2): 835–47. doi:10.32877/eb.v6i2.1041.

Downloads

Published

2025-12-08