PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA YPPK TERUNA BAKTI JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7564Keywords:
Problem Based Learning, GeoGebra, Hasil Belajar, Transformasi Geometri, RefleksiAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI F1 Teknik SMA YPPK Teruna Bakti melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra pada materi Transformasi Geometri Refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 31 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif berdasarkan Penilaian Acuan Patokan (PAP) skala lima. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada setiap siklus tindakan. Pada prasiklus, nilai rata-rata peserta didik sebesar 72,65 dengan tingkat ketuntasan 58,06%. Setelah penerapan PBL berbantuan GeoGebra pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 84,52 dengan ketuntasan 83,87%. Peningkatan yang lebih optimal terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,32 dan ketuntasan 93,55%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan GeoGebra efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep refleksi, keterlibatan peserta didik, serta kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan GeoGebra berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI di SMA YPPK Teruna Bakti.
References
Adi, I. K., Suputra, Y., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 5(3), 423–431.
Adiansha, A. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Geogebra pada Materi Banguan Ruang terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. 3, 99–106.
Dirgatama, C. H. A., Santoso, D., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. 1(1), 36–53.
Etha, M., & Margiati, S. H. K. Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Manipulatif Sekolah Dasar Kelas II. 1–11.
Fairuzia, K. N., Nikmah, A. R., & Kriswandani. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra dan Teka Teki Silang (TTS) terhadap Hasil. 5(3), 1539–1551.
Hakiki, S. M. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. 2(2), 57–64.
Nasional, P. S. (2021). Inovasi LPTK Ciptakan Guru Unggul (Issue November).
Nofziarni, A., Fitria, Y., & Bentri, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 3(4), 2016–2024.
Patmawati, Ahmad, H., & Febryanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Refrecentacy dengan Aplikasi Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis. 4.
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. 5(4), 2284–2301.
Sani, I. N., Bahar, A., Kimia, P., & Bengkulu, U. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA MAN 2 Kota Bengkulu. 4(2), 107–116.
Saputra, D. I., & Kurniati, L. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. 11(2), 201–209.
Saputra, T. A., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2019/2020. 1, 7–13.
Savitri, A. S., Sallamah, D., Permatasari, N. A., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P., Pembelajaran, S., & Belajar, M. (2022). Peran Strategi Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. 13(2), 505–511.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










