OPTIMALISASI KEAMANAN PENGGUNAAN PERANGKAT DIGITAL BAGI ANAK DI SANGGAR SUNGAI DELI: TINJAUAN NILAI-NILAI FILSAFAT PANCASILA DALAM PENDIDIKAN MASYARAKAT

Authors

  • Destri Natalia Telaumbanua Universitas Negeri Medan
  • Ebyghael JoitoNababan Universitas Negeri Medan
  • Yandira Arizki Fatiha Universitas Negeri Medan
  • Elizon Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Michael YudhaPratama Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7689

Keywords:

Keamanan Digital, Filsafat Pancasila, Anak, Pendidikan Masyarakat, SASUDE, Literasi Digital

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana anak-anak di Sanggar Anak Sungai Deli (SASUDE) menggunakan perangkat digital secara aman dengan menjadikan nilai-nilai Filsafat Pancasila sebagai dasar etika dalam pendidikan masyarakat. Walaupun anak-anak tidak memiliki perangkat digital pribadi, mereka sesekali memanfaatkan telepon seluler orang tua untuk hiburan. Paparan yang terbatas ini tetap menimbulkan potensi risiko seperti akses terhadap konten yang tidak sesuai usia, kurangnya pengawasan, serta minimnya pemahaman tentang etika digital. Dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan studi literatur dari tujuh jurnal dan lima buku akademik, penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila khususnya sila kedua dan kelima—relevan sebagai fondasi pembentukan perilaku digital yang aman, bertanggung jawab, dan beradab. Hasil penelitian merekomendasikan perlunya integrasi literasi digital berbasis Pancasila dalam kegiatan pendidikan masyarakat untuk memperkuat keamanan digital anak di SASUDE.

References

Chaudron, S. (2021). Young Children’s Rights in a Digital World. Springer

Harapan Ananda School. (2024). Media Pembelajaran Digital dan Risiko Penggunaan Berlebihan

IJORER. (2023). Navigating Digital Risks in Early Childhood Education

Informasi (UNY). (2022). Children’s Digital Literacy: Parental Role in Protection.

International Journal Education and Computer Studies. (2023). Analysis of the Impact of Smartphone Use among Elementary School Children.

Jayapangus Press. (2022). Penguatan Karakter Era Digital.

Nurhadi. (2021). Membentuk Karakter Anak di Sekolah melalui Literasi Digital. GagasMedia

Nurhayati, Y., & Chandra, R. D. A. (2023). “Literasi Digital Anak Usia Dini: Tinjauan Sistematis Atas Peluang Edukasi dan Risiko Adiksi di Era Teknologi.” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)

UHN. (2023). Literasi Digital Pendidikan. Universitas HKBP Nommensen

UNICEF. (2020). Digital Literacy Scoping Paper.

Wajdi, F. (2025). Pendidikan Karakter dan Moral Pancasila. Penerbit Widina.

Downloads

Published

2025-12-13