MODEL SUPERVISI KLINIS DIFERENSIASI SEBAGAI STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ABAD KE-21

Authors

  • Asyifa Dalail Khairat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sufi Salsa Billa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dzakiyah Khairiyah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Miftahul Husna Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rena Revita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v3i1.7769

Keywords:

kepala sekolah, kompetensi guru, pembelajaran abad ke-21, supervisi klinis.

Abstract

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh profesionalisme guru dalam memenuhi kebutuhan Pembelajaran di Abad ke-21, terutama dalam menguasai keterampilan 4C yaitu Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kreativitas. Sebagai pemimpin dalam instruksi, kepala sekolah memegang peranan kunci dalam mendukung peningkatan kompetensi guru melalui program pembinaan yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan dan merumuskan model supervisi klinis kepala sekolah yang paling efisien untuk pengembangan keterampilan guru di era digital. Metode yang diterapkan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengevaluasi 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Analisis literatur dilakukan menggunakan metode PICO (Populasi, Intervensi, Perbandingan, Hasil) untuk memastikan kualitas serta relevansi temuan yang didapat. Hasil dari sintesis menunjukkan bahwa model yang paling efektif adalah Supervisi Klinis Diferensiasi, yang mengkombinasikan siklus perbaikan terfokus yang berbasis data dari Supervisi Klinis dengan pendekatan yang disesuaikan berdasarkan pengalaman guru. Penerapan dari model ini mencakup Supervisi Klinis intensif untuk guru pemula, Peer Coaching untuk guru berpengalaman, dan Self-Directed Supervision untuk guru yang ahli. Model ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang memicu Pemikiran Tingkat Tinggi (HOTS), mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta memperkuat kepercayaan diri dan praktik reflektif para guru. Penelitian ini menghasilkan sebuah kerangka teoritis yang menempatkan kepala sekolah sebagai pelatih dan mitra reflektif, memastikan bahwa pembinaan profesional bersifat sesuai, berkelanjutan, serta mampu beradaptasi dengan tantangan pendidikan yang modern.

Author Biographies

Asyifa Dalail Khairat, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Sufi Salsa Billa, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Dzakiyah Khairiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Miftahul Husna, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Rena Revita, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

References

Adli, N. and Rosadi, K. (2024) 'Peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas pembelajaran', Indonesian Journal on Education (IJoEd), vol. 2, no. 1.

Adli, S. Y. and Susanti, D. (2024) 'Strategi kepala sekolah melalui supervisi dalam meningkatkan kinerja guru menghadapi abad 21', Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 10, no. 2.

Ahmad, A., Santoso, B. and Wijaya, C. (2020) 'Efektivitas supervisi akademik berbasis coaching dalam peningkatan kinerja guru di era industri 4.0', Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 15, no. 3.

Alam, A. N., Supriyanto, A. and Burhanuddin (2016) 'Pelaksanaan supervisi klinis di sekolah dasar Islam', Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 11.

Andarini, P. (2020) 'Penerapan supervisi klinis sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran HOTS', Penelitian Tindakan Sekolah.

Anwar, S., Yasin, A. F. and Zuhriyah, I. A. (2024) 'Praktik atau pelaksanaan supervisi pendidikan Islam berbasis teknologi di era 5.0 smart society', Edulnovasi: Journal of Basic Educational Studies, vol. 4, no. 3.

Asmadin, Nelisma, Y., Candra, I. A., Dasril and Jarkasi (2023) 'Implementasi supervisi klinis untuk meningkatkan profesionalitas guru', Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, vol. 7, no. 1.

Aspika (2020) 'Penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan mengelola kelas', Jurnal Pendidikan, vol. 12, no. 2.

Asyifah, Y. N., Suryaningsih, R. and Nurman, N. (2024) 'Efektivitas supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar', QAZI: Journal of Islamic Studies, vol. 1, no. 2.

Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T. and Prayoga, A. (2020) 'Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual untuk meningkatkan kinerja guru', Manazhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2.

Babo, R. and Syamsuddin, A. (2022) 'Clinical supervision model to improve the quality of learning in elementary school', Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 6, no. 1.

Farsi, N. M. A. (2024) 'Differentiated supervision and its contribution to teacher performance in secondary schools', International Journal of Educational Management, vol. 38, no. 5.

Fitriana Indah Sari and Hasanah, N. (2023) 'Strategi kepala sekolah dalam penerapan supervisi akademik diferensiasi (differentiated supervision) di sekolah dasar', Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 24, no. 1.

Gordon, S. P. (2020) 'Educational supervision: Reflections on its past, present, and future', Journal of Educational Supervision, vol. 3, no. 1.

Hasanudin et al. (2025) 'A systematic literature review on academic supervision and digital leadership practices in creating teacher's performance', Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 6, no. 3.

Junaedi Sastradiharja, E. E., Tanrere, S. B. and Dzulfah, F. (2022) 'Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis terhadap kreativitas mengajar guru', Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 3.

Kaleka, M. B. U. and Nata, N. (2020) 'Peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual', OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1.

Kurniati (2020) 'Pendekatan supervisi pendidikan', Jurnal IDAARAH, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, vol. 4, no. 2.

Lee, T. H. and Chan, S. M. (2020) 'The impact of clinical supervision on teacher self-efficacy and reflective practice', Journal of Educational Research and Reviews, vol. 15, no. 4.

Maulidah, S. N. et al. (2024) 'Analisis peran guru dalam pembelajaran abad 21 pada siswa sekolah dasar di Kurikulum Merdeka', Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, vol. 3, no. 2.

Mustofa, M. and Sodiq, A. M. (2023) 'Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan profesionalisme guru di era pembelajaran digital', Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1.

Ningsih, A. (2022) 'Kolaborasi dalam supervisi klinis untuk meningkatkan kepercayaan guru', Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 11, no. 2.

Nurcholiq, M. (2017) 'Supervisi klinis', Evaluasi, vol. 1, no. 1.

Ofita, C. and Sururi (2023) 'Kompetensi pedagogik guru abad 21: Tinjauan peran guru menghadapi generasi Alpha', Jurnal Tata Kelola Pendidikan, vol. 5, no. 2.

Pardi, N. and Jamilus (2025) 'Supervisi akademik: Peran strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan', Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 7, no. 3.

Praditia, P., Berliana, K. and Hasan, B. (2024) 'Peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik melalui implementasi supervisi akademik', Academicus: Journal of Teaching and Learning, vol. 3, no. 2.

Putri, A. M. and Hidayat, R. (2024) 'The correlation between principal's instructional leadership and teacher's 21st century teaching skills', International Journal of Educational Management, vol. 39, no. 3.

Ramadhani, S. and Suroso, A. (2021) 'Supervisi akademik berbasis coaching dalam konteks pembelajaran abad ke-21', Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 4.

Rohmah, M. (2024) 'Apa itu Boolean search? Cek pengertian, operator & panduannya', Dibimbing.id, 25 September. Available at: https://dibimbing.id/blog/detail/apa-itu-boolean-search-cek-pengertian-operator-panduannya (Accessed: 15 December 2025).

Sartika, D. and Prasetyo, E. (2023) 'Peningkatan kompetensi guru abad ke-21 melalui pendekatan supervisi klinis yang berpusat pada guru', Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1.

Setiawan, H. et al. (2022) 'The implementation of differentiated supervision model to improve teacher's performance', International Journal of Education, vol. 14, no. 2.

Sujatmi, G. and Mulyono, R. (2022) 'Peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran abad 21 melalui manajemen supervisi klinis berkelanjutan', Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, vol. 8, no. 2.

Sukra, I. W. and Wirastiti, N. M. A. (2021) 'Supervisi klinis: Konsep dan relevansinya dengan pembinaan guru sekolah dasar', Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 3.

Supriyono (2022) 'Supervisi klinis: Konsep, prosedur, dan relevansinya dengan peningkatan mutu pendidikan', Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2.

Sutrisno, B. (2021) 'Penerapan supervisi klinis untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah menengah', Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 10, no. 1.

Wirastiti, N. M. A. and Ernawati, N. M. (2024) 'Implementasi supervisi akademik berbasis model klinis dalam peningkatan mutu pendidikan', Jurnal Administrasi & Supervisi Pendidikan, vol. 8, no. 2.

Zarlis, D. R. and Elfitra, S. (2024) 'Supervisi klinis dalam menghadapi dinamika pendidikan', QOSIM Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, vol. 2, no. 2.

Downloads

Published

2025-12-20