PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI DARI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP SWASTA TELADAN PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.188Keywords:
Personality Competence, Shiva MotivationAbstract
This type of research is quantitative research with a quantitative descriptive data analysis approach with the testing media used is SPSS 21. The population in this study was 75 people, and the sample used was 75 people. The sample collection technique used was the total sample. The data collection technique used was a questionnaire. The hypothesis data collection technique uses multiple regression analysis and the coefficient of determination (R2). The results of this research state that: 1) there is a positive influence of teacher personality competence on student learning outcomes. This result can be seen in the t test where the t value of teacher personality competence (3.108) > t table value (1.993). 2) there is no positive and significant influence of student motivation on student learning outcomes, this result can be seen in the t test where the t value of student learning interest (0.006) > t table value (1.993) which means this variable is not significant. 3) teacher personality competence and learning motivation together influence student learning outcomes, these results can be seen in the F test where the Fcount value (11.125) > Ftable value (3.12). The R square coefficient of determination test was found to be 0.236, which means that 23.6% of the variables of teacher personality competence and student motivation on student learning outcomes are on the learning outcomes of class 9 students at the exemplary private junior high school in Pematang Siantar, and 76.4% is the influence of other variables that are not examined in this research.
References
Dr.E.Mulyasa, M.Pd, Oktober 2013. Standar Kompetensi dan Setifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Bandung. Alfabeta).
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Achmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Nasional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, M. Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijkan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Lilik, Setiono, 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Berbagai Media. Http://omtion.blogspot@google.com.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indrakusuma, Amir Daien. 1978. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Khazizah, Siti. 2008. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di MTS Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2006/2007.” Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Marlina, Reni. 2012. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata P elajaran Akuntansi XI IPS SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Pelajaran 2011/2012.” Skripsi Sarjana Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. J akarta: Bumi Aksara.
Mustaqim dan Abdul Wahib. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S. 1994. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Situmorang, J. B. 2009. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klaten : Saka Mitra Kompetensi.
Sri. 20 12. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mts Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak Tahun Ajaran 2011/ 2012.” Skripsi Sarjana Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Subagyo, Joko. 2000. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Hana. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Graha Indonesia
Siregar, N. & Hartini, N. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia.
Uno, H.B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh Uzer. 1990. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.