Analisis Fenomena Program Kajian Masa Kini Guna Meningkatkan Pemikiran Islami Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.251Keywords:
Fenomenologi, Generasi Z, KajianAbstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi penelitian dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Sumber data diperoleh dari studi pustaka, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, informan yaitu mahasiswi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang yang mengikuti kajian islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program kajian masa kini dikemas dengan bahasa dan topik yang sesuai dengan realitas remaja hingga sudah tidak lagi identik dengan kata “pengajian ibu-ibu”. Saat ini kajian islam berkembang menarik pendengar di kalangan generasi milenial dan generasi Z dan mengkonstruk masyarakat sehingga meningkatkan pemikiran islam di zaman ini. Adapun alasan narasumber mengikuti segala bentuk kajian islam karena ia haus akan ilmu agama, dan tidak sedikit juga dikarenakan mereka ingin mengubah hidupnya dekat dengan Allah SWT.
References
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/15550
Ummah, A. H., (2020). Dakwah Digital Dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Dakwah Digital Dan Generasi Millenial, vol 18. No.1. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151/1192
Ramdani, S., Tafsir, A., Sukandar, A. (2021). Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Serta Relevansinya terhadap Generasi-Z. The Journal of Educational Research. Vol. 1No. 3. http://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi/article/view/104/31
Novanra, F., (2022). Self-Disclosure Dalam Second Account Instagram Pada Generasi Z Selama Pandemi Covid-19. http://repository.unj.ac.id/35859/
Sulistyawati, N., (2023). Representasi Muslim Gen Z Dalam Online Dating Bumble Di Surabaya. http://digilib.uinkhas.ac.id/24741/
Sari, Meutia P., and Evawani E. Lubis. (2017). "Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 4, no. 2, pp. 1-13. https://www.neliti.com/publications/199560/fenomena-penggunan-media-sosial-instagram-sebagai-komunikasi-pembelajaran-agama#cite
Irmansyah, I., (2020). Pemuda Hijrah: Antara Pietization dengan Lifestyle Pada Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Yogyakarta. Vol,10 No.1. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/10825
Novayani, I. (2019). Pendekatan Studi Islam: Pendekatan Fenomenologi dalam Kajian Islam. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44-58. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3412
Sholeh, F. (2016). Penerapan Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Agama Islam. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 1(2), 349-360. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/27
Sihabuddin, S. (2018). Pendekatan fenomenologi dalam studi Islam. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 108-114. https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/download/28/24
Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325-338. https://mail.online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/21211
Rahman, R. A., Mustopa, R. H. B. C., Fikri, M. D., Kusuma, A. R., & Rohman, A. (2021). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-Agama. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 16(2), 147-178. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/9853
Muwaffiqillah, M. (2023). Rekonstruksi Paradigma Studi Islam Pasca Orientalisme Melalui Pendekatan Fenomenologi Richard C. Martin. EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM, 32(2), 143-166. https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/empirisma/article/view/1178
Fajrussalam, H., Nursyahbani, A., Khoirunnisa, A., Nurbaiti, N., & Ningrum, N. C. (2023). Konten Dakwah Habib Ja’far Al-Haddar di Media Sosial Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1647-1659. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3403854&val=13365&title=Konten%20Dakwah%20Habib%20Jafar%20Al-Haddar%20di%20Media%20Sosial%20Tiktok
Firmansyah, M., & Nasvian, M. F. (2022). Dakwah “Pemuda Tersesat: Gaya Bahasa Dakwah Habib Ja’far Al Hadar”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1525-1533. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/599
Hermawan, H. (2017). Interaksi Islam dan Sains (Studi Historis-Fenomenologis di SMA Trensains Sragen). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 101-112. http://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/1702
Abdullah, S. D. A. (2018). PERAN HANAN ATTAKI DALAM MEMBANGUN PERSEPSI GENERASI MILENIAL TENTANG TUHAN (ANALISIS ISI ATAS VIDEO" KANGEN" DI YOUTUBE). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(1), 65-74. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/raushanfikr/article/view/2206
Zazin, N., & Zaim, M. (2020, September). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1). http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3744
Dahlan, M. (2010). Pemikiran Fenomenologi Edmund Husserl dan Aplikasinya dalam Dunia Sains dan Studi Agama. Jurnal Salam, 13(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/452
Parhan, M., & Alifa, S. (2020). Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki di Era Konvergensi Media. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), 175-196. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/komunida/article/view/1515
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.