Analisis Fenomena Program Kajian Masa Kini Guna Meningkatkan Pemikiran Islami Gen Z

Authors

  • Reni Kusumawati Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Arliandi Pramadika Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Siti Nur Aisah Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Ahmad Pucuk Maksum Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Bisir Syauqi Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.251

Keywords:

Fenomenologi, Generasi Z, Kajian

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi penelitian dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Sumber data diperoleh dari studi pustaka, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, informan yaitu mahasiswi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang yang mengikuti kajian islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program kajian masa kini dikemas dengan bahasa dan topik yang sesuai dengan realitas remaja hingga sudah tidak lagi identik dengan kata “pengajian ibu-ibu”. Saat ini kajian islam berkembang menarik pendengar di kalangan generasi milenial dan generasi Z dan mengkonstruk masyarakat sehingga meningkatkan pemikiran islam di zaman ini. Adapun alasan narasumber mengikuti segala bentuk kajian islam karena ia haus akan ilmu agama, dan tidak sedikit juga dikarenakan mereka ingin mengubah hidupnya dekat dengan Allah SWT.

References

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/15550

Ummah, A. H., (2020). Dakwah Digital Dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Dakwah Digital Dan Generasi Millenial, vol 18. No.1. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151/1192

Ramdani, S., Tafsir, A., Sukandar, A. (2021). Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Serta Relevansinya terhadap Generasi-Z. The Journal of Educational Research. Vol. 1No. 3. http://journal.medpro.my.id/index.php/edukasi/article/view/104/31

Novanra, F., (2022). Self-Disclosure Dalam Second Account Instagram Pada Generasi Z Selama Pandemi Covid-19. http://repository.unj.ac.id/35859/

Sulistyawati, N., (2023). Representasi Muslim Gen Z Dalam Online Dating Bumble Di Surabaya. http://digilib.uinkhas.ac.id/24741/

Sari, Meutia P., and Evawani E. Lubis. (2017). "Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 4, no. 2, pp. 1-13. https://www.neliti.com/publications/199560/fenomena-penggunan-media-sosial-instagram-sebagai-komunikasi-pembelajaran-agama#cite

Irmansyah, I., (2020). Pemuda Hijrah: Antara Pietization dengan Lifestyle Pada Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Yogyakarta. Vol,10 No.1. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/10825

Novayani, I. (2019). Pendekatan Studi Islam: Pendekatan Fenomenologi dalam Kajian Islam. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44-58. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3412

Sholeh, F. (2016). Penerapan Pendekatan Fenomenologi Dalam Studi Agama Islam. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 1(2), 349-360. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/27

Sihabuddin, S. (2018). Pendekatan fenomenologi dalam studi Islam. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 108-114. https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/download/28/24

Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325-338. https://mail.online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/21211

Rahman, R. A., Mustopa, R. H. B. C., Fikri, M. D., Kusuma, A. R., & Rohman, A. (2021). Diskursus Fenomenologi Agama Dalam Studi Agama-Agama. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 16(2), 147-178. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/9853

Muwaffiqillah, M. (2023). Rekonstruksi Paradigma Studi Islam Pasca Orientalisme Melalui Pendekatan Fenomenologi Richard C. Martin. EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM, 32(2), 143-166. https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/empirisma/article/view/1178

Fajrussalam, H., Nursyahbani, A., Khoirunnisa, A., Nurbaiti, N., & Ningrum, N. C. (2023). Konten Dakwah Habib Ja’far Al-Haddar di Media Sosial Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1647-1659. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3403854&val=13365&title=Konten%20Dakwah%20Habib%20Jafar%20Al-Haddar%20di%20Media%20Sosial%20Tiktok

Firmansyah, M., & Nasvian, M. F. (2022). Dakwah “Pemuda Tersesat: Gaya Bahasa Dakwah Habib Ja’far Al Hadar”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1525-1533. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/599

Hermawan, H. (2017). Interaksi Islam dan Sains (Studi Historis-Fenomenologis di SMA Trensains Sragen). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 101-112. http://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/1702

Abdullah, S. D. A. (2018). PERAN HANAN ATTAKI DALAM MEMBANGUN PERSEPSI GENERASI MILENIAL TENTANG TUHAN (ANALISIS ISI ATAS VIDEO" KANGEN" DI YOUTUBE). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(1), 65-74. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/raushanfikr/article/view/2206

Zazin, N., & Zaim, M. (2020, September). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1). http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3744

Dahlan, M. (2010). Pemikiran Fenomenologi Edmund Husserl dan Aplikasinya dalam Dunia Sains dan Studi Agama. Jurnal Salam, 13(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/452

Parhan, M., & Alifa, S. (2020). Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki di Era Konvergensi Media. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(02), 175-196. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/komunida/article/view/1515

Downloads

Published

2023-11-28

Issue

Section

Articles