PENTINGNYA AKREDITASI DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.256Keywords:
Akreditasi, Mutu lulusan, sekolah dasarAbstract
Akreditasi sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu lulusan. karena, akreditasi sekolah membantu menetapkan standar kualitas pendidikan yang harus dipenuhi oleh lembaga Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendapatkan gambaran pentingnya akreditasi sekolah dasar; (2) mendapatkan gambaran pentingnya peningkatan mutu lulusan di sekolah dasar. Metode penelitian kuantitatif deskreftip dengan jenis penelitian survey. Responden adalah guru sekolah dasar yang berjumlah 30 orang di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Hasil penelitiannya mengambarkan akreditasi sekolah perlu dilakukan dengan kategori sangat penting; dan mutu lulusan perlu ditingkatkan dengan kategori sangat penting. Akreditasi memberikan kerangka hukum bagi lembaga pendidikan. Keberadaan badan akreditasi dapat membantu memastikan bahwa lembaga beroperasi sesuai dengan norma dan regulasi yang berlaku dalam meningkatkan mutu lulusan.
References
Afridoni, Afridoni, Suntama Putra, Salfen Hasri, and Sohiron Sohiron. 2022. “Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(3):13832–38. doi: 10.31004/jptam.v6i3.4402.
Akademik, Naskah, and Kata Pengantar. 2021. “Akreditasi Program Studi Program Sarjana Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan.” (4).
Amrulloh, M. A., and E. Istiyana. 2019. “Kompetensi Manajerial Kepala SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan … 9(2).
Andriesgo, Johan, Haris Riadi, and Joni Hendra K. 2020. “Analisis Problematika Mutu Pendidikan Tingkat Dasar Berdasarkan Hasil Akreditasi Di Kabupaten Kuantan Singingi.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4(2):41–52. doi: 10.33650/al-tanzim.v4i2.1099.
Hartanto, Setyo. 2015. “Konsep Dasar, Substansi Dan Aspek Perencanaan Sistem Pendidikan.” Widyaiswara LPPKS 1–34.
Hasyim Asy’ari, Zahrotul Munawwaroh, and Ulul Azmi. 2021. “Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Pembangunan UIN Jakarta.” Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan) 5(2):143–62. doi: 10.47766/idarah.v5i2.124.
Iskandar, Dedi. 2017. “Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 9(2):179. doi: 10.21831/jpipfip.v9i2.12918.
Kasmawati. 2019. “Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Idaarah III(36):138–47.
Khotimah, Husnul, Edi Harapan, and Nila Kesumawati. 2020. “Kualitas Guru Mengajar Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Status Akreditasi Sekolah.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 6(1). doi: 10.31851/jmksp.v6i1.4102.
Lestari, Resti Puji, and Maria Melani Ika Susanti. 2021. “Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Implementasi PPK Berbasis Kelas Di SD Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman.” Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2):100–111. doi: 10.47178/elementary.v3i2.1107.
Marjuki, Marjuki, Djemari Mardapi, and Badrun Kartowagiran. 2018. “Pengembangan Model Akreditasi Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah (SMA/MA).” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 22(1):105. doi: 10.21831/pep.v22i1.9860.
Nurhasanah, Zakia, Hasyim Asyari, and Sita Ratnaningsih. 2022. “Analisis Fungsi Akreditasi Sekolah Dalam Peningkatan Produktivitas Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10(02):118–24.
Program Magister Kajian Terorisme. 2019. Laporan Kinerja Program Studi Akreditasi Program Studi.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 38 Tahun 2023 Tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Rusmini, Rusmini. 2015. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam (Vol 6 (2015)):11–24.
Sholihin, Emilia Nur Chasanah, Ibrahim Bafadal, and Asep Sunandar. 2018. “Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(2):171–78. doi: 10.17977/um027v1i22018p171.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, Eko. 2013. “Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs Sd Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo).” Jurnal Penelitian Humaniora 14(2):144–52.
Tanjung, Rahman. 2022. “Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Glasser 6(1):29–36.
Wulandari, Fitri, Dwi Febriansyah, Salwa, and Raden Muhamad Sulaiman. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 308–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.