Membangun Reputasi Burger King Di Tengah Krisis: Peran Public Relations Dalam Menghadapi Kontroversi Publik

Authors

  • Nunu Nurdianti Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Nadia Puspa Anggraini Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Destalifta Wimbakti Awaliah Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.271

Keywords:

Manajemen Krisis, Komunikasi, Reputasi, Public Relations

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran public relations dalam menghadapi kontroversi publik khususnya dalam membangun reputasi perusahaan di tengah krisis yang tengah melanda. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Burger King yang bisa mengembalikan reputasi baiknya dengan cara menjalankan manajemen komunikasi yang terbagi menjadi 3 bentuk yakni komunikasi informatif, komunikasi persuasif dan komunikasi koersif.

References

A Rahmawati. (2018). Penerapan Aspek Pengelolaan Website Sebagai Bentuk Cyber Publice Relations (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan). Konsep Dasar Humas, 10–35.

Abdul Kadir Badjamal. (2016). IMPLEMENTASI STRATEGI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) MELALUI PROGRAM ICD (INTEGRATED COMMUNITY DEVELOPMENT) PADA PT TIRTA INVESTAMA AQUA

PANDAAN. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 1– 23.

Adhi Murti Citra Amalia. (2021). Kenapa Perlu Mengelola Reputasi Perusahaan? – Public Relations. Retrieved March 12, 2023, from Binus University: Faculty of Economics & Communication website: https://binus.ac.id/malang/public- relations/2021/03/29/kenapa-perlu-mengelola-reputasi-perusahaan/

Ahmad Faiq Syukron. (2021). KOMUNIKASI KRISIS EIGER DAN TANTANGAN

PERBAIKAN REPUTASI DI ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2).

David Rishan, Luis, Widyo Hartanto, Prayanto, & Milka B, Rebecca N. (2017). Perancangan Corporate Identity CV. Inti Calcium. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1, 95432.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Corporate Identity Perusahaan Burger King.

Flynn, Jake. (2022). 15+ Telling Burger King Statistics [2023]: Burger King Revenue + Sales – Zippia. Retrieved March 16, 2023, from Zippia website: https://www.zippia.com/advice/burger-king-statistics/

Kurnia, Indhira Hari, Santoso, Djoko, & Dkk. (2017). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2), 1–17. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/13532-ID-strategi-humas-dalam- meningkatkan-reputasi-sekolah-studi-kasus-di-sma-negeri-1-s.pdf

Marketing, Slc. (2016). Membentuk Perspektif Masyarakat Melalui Citra Perusahaan | SLC MARKETING INC. Retrieved March 16, 2023, from Slc Marketing Inc website: https://slcmarketinginc.com/corporate-reputation-and-employee- responsibility/

Mihendra, Nanda. (2020). Paradigma Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah

Tahun 2015-2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 2(1), 46–54.

Mirawati, Ira. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E- Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58–80. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Oktaviani, Femi. (2020). AKTIVITAS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA REPUTASI PERUSAHAAN. 8(1), 15–29.

Patrianti, Tria. (2020). Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran. Kais,1(1),44–55. Retrieved fromhttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/kais/article/view/6289

Poetra, Rafika Hani. (2021). Strategi Event Public Relations Pada Expo ASESI Dalam Membangun Reputasi Sekolah Sunnah. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.2533

Raturahmi, Leadya, Dewi S.Y, Rosanti Utami, & Meisani, Sayida. (2021). Strategi Komunikasi PT.Pos Indonesia Dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.51977/jdigital.v3i1.415

RepTrak. (2022). 2022 Global RepTrak 100 (Vol. 21). Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Ria Basa Olo Bakara. (2019). Strategi Public Relation dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada PT Telkomsel Sudirman Pekanbaru. Universitas Muhammadiyah Riau, 12–26.

Sari, Kartika. (2019). Peran Public Relations dalam Mempertahankan Reputasi Lembaga Penyiaran Sebagai Media Dakwah. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 140–159. https://doi.org/10.32923/maw.v8i1.702

Siahaan, Flora Meliana. (2021). KOMUNIKASI INTERNAL GUNUNG STEEL GROUP DALAM PELAKSANAAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS UNTUK MEMBANGUN REPUTASI. 2(April), 40–51.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2018). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thompson, Julie. (2021). Brand Fails on Social Media. Retrieved March 14, 2023, from Business.com website: https://www.business.com/articles/social-media-brand- fails/

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles