PENGELOLAAN RTQ DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RTQ AHLUL QUR’AN KUBU DALAM PARAK KARAKAH KOTA PADANG

Authors

  • Ummi Salama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.272

Keywords:

Pengelolaan, Minat Menghafal, RTQ Ahlul Qur.an

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat kepada Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an. Dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an tidak terlepas dari manajemen yang dilakukan Ketua oleh RTQ. Ketua RTQ telah berhasil menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an, Ketua RTQ Ahlul Qur’an telah melaksanakan program dengan baik dari semua aspek, mulai dari Perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Maka permasalahan yang penulis kemukakan dalam tesis ini adalah bagaimana Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal di RTQ Ahlul Qur’an Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Pengelolaan RTQ dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan evaluasi terhadap program RTQ.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an pada aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan program RTQ.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua RTQ, Ustadz/ah, serta santriwan/ti RTQ. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut : reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.

            Penelitian ini berhasil menemukan (1) Pengelolaan RTQ pada aspek perencanaan adalah menetapkan tujuan, menetapkan program perencanaan, mengidentifikasi peluang dan hambatan, mengembangkan kegiatan dalam menetapkan tujuan, menetapkan sember daya yang ada di RTQ dan menetapkan pembiayaan terhadap program. (2) Pengelolaan RTQ pada aspek pengorganisasian adalah memberikan tugas dan kepercayaan kepada personil RTQ, mulai dari Ketua RTQ, Wakabidang RTQ, sekretaris RTQ, bendahara RTQ, serta ustadz/ah pengajar. (3) Pengelolaan RTQ pada aspek pelaksanaan adalah program dirancang tergambar dalam program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian. Pelaksanaan program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian.(4) Pengelolaan RTQ pada aspek evaluasi adalah melakukan rapat, supervisi, merangkum data dan meminta laporan program.

 

References

Abror, Abd. Rachman, Psikologi Pendidikan Yogyakarta: PT. Tiara Kencana,

Abubakar., Umarulfaruq, Jurus Dahsyat Mudah Hafal al-Qur’an Untuk Anak,

Surakarta : Ziyad Books, 2016

Adimata ,Roni Angger, Pengantar Manajemen : Teori dan Aplikasi, Malang : AE

Publishing, 2020

Adimiharja, Djasman, Psikologi Umum Pusat Pengembangan Penataran Guru

Tertulis Bandung, 1987-1988

Ahmadi, Abu, Psikologi umum Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003

Al-Gautsani., Yahya bin Abdurrazaq, Cara Mudah dan Cepat Menghafal al-

Qur’an, Jakarta : Pustaka Imam Asy-Syafi’I, 2003

Al-Ju’fiy, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn Mughirah Al

Bardazbah, Shahih al- Bukhari Jilid I, Lebanon : Darul Kutub al-

‘Ilmiyyah,1998

Al-Jufri, Abu Abdullah Muhammad bin Ismâil bin Ibrahîm bin al-Mughirah

Shahîh al-Bukhârî Juz 6, Bairut: Dar al-Fikr, 1994

Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa., Terjemah Tafsir al-Maraghi Jilid 18, Semarang

: CV Toha Putra, 2002

Al-Naisaburi Abu al-Husain Muslim Ibn al-Hajjaj al-Qusyairiy, Shahih Muslim

Jilid I, Beirut : Dar Ihya al-Turats Alarabiy

Al-Qattan, Manna’ Khalil, Studi-studi Ilmu Qur’an, diterjemahkan dari bahasa

Arab oleh Drs. Mudzakir AS : Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an, Cet. 9,

Bogor : Litera Antar Nusa, 2006

Al-Shalih, Subhi., Mabahits Fi ‘Ulumil Qur’an, Beirut : Dar al-‘Alam lil

Malayiin, cet, 16, 1985

Al-Tirmidzi , Muhammad ben Isa., Al-Jami’ al-Sahih Sunan al-Tirmidzi Jilid 4,

Lebanon : Darul Kutub al-Ilmiyyah, 2011

Ash-Shiddieqy, M. Hasbi., Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Qur’an / Tafsir,

Jakarta : Bulan Bintang, 1987

H. Djaali ,Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2009

Hadari Nawawi dan Mimi Kartini, Penelitian Terapan, Yogyakarta : Gajah Mada

University Press, 1994

Hambal, Imam Ahmad Bin., Al-Musnad Imam Ahmad Bin Hambal, Jilid 4, Ttp :

Darul Fikri, 1991 Riyadh, Sa’ad, Metode Tepat Agar Anak Hafal al-Qur’an : Cara Mudah Membimbing Anak Untuk Cinta dan Mau Menghafal al- Qur’an, Solo : Pustaka Arafah, 2015

Ro’uf, Abdul Aziz Abdur, Menghafal al-Qur’an Itu Mudah Seri 2 Anda Pun Bisa

Menjadi Hafidz al-Qur’an, Jakarta : Markas Al Qur’an, 2010

Rochman, Muhammad, Manajemen Pendidikan: Analisis Solusi Terhadap

Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran Yang Efektif,

Jakarta: Prestasi Putakaraya, 2012

Rusyd., Raisya Maula Ibnu Panduan Tahsin, Tajwid, dan Tahfizh Untuk Pemula,

Yogyakarta : Saufa, 2015

Sa’dulloh., 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.

Shaleh, Abd. Rahman, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam

Jakarta: PT. Prenada media 2004

Shihab, M. Quraish., Tafsir al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian al-

Qur’an, Jakarta : Lentera Hati, 2002

Slameto, Belajar dan faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Srianti, Wahyu,Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-

Qur’an Di SDIT Dar el-Iman Padang. Tesis Sarjana Pendidikan,

Padang: Perpustakaan Pasca UIN Imam Bonjol Padang, 2018

Subroto, Suryo, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. 2 Jakarta: Rineka

Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D, Bandung: Alfabeta, 2015

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2011

Downloads

Published

2023-09-27

Issue

Section

Articles