PENGELOLAAN RTQ DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RTQ AHLUL QUR’AN KUBU DALAM PARAK KARAKAH KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.272Keywords:
Pengelolaan, Minat Menghafal, RTQ Ahlul Qur.anAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat kepada Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an. Dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an tidak terlepas dari manajemen yang dilakukan Ketua oleh RTQ. Ketua RTQ telah berhasil menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an, Ketua RTQ Ahlul Qur’an telah melaksanakan program dengan baik dari semua aspek, mulai dari Perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Maka permasalahan yang penulis kemukakan dalam tesis ini adalah bagaimana Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal di RTQ Ahlul Qur’an Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Pengelolaan RTQ dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan melakukan evaluasi terhadap program RTQ.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan RTQ dalam menumbuhkan minat menghafal Al-Qur’an pada aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan program RTQ.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua RTQ, Ustadz/ah, serta santriwan/ti RTQ. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut : reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini berhasil menemukan (1) Pengelolaan RTQ pada aspek perencanaan adalah menetapkan tujuan, menetapkan program perencanaan, mengidentifikasi peluang dan hambatan, mengembangkan kegiatan dalam menetapkan tujuan, menetapkan sember daya yang ada di RTQ dan menetapkan pembiayaan terhadap program. (2) Pengelolaan RTQ pada aspek pengorganisasian adalah memberikan tugas dan kepercayaan kepada personil RTQ, mulai dari Ketua RTQ, Wakabidang RTQ, sekretaris RTQ, bendahara RTQ, serta ustadz/ah pengajar. (3) Pengelolaan RTQ pada aspek pelaksanaan adalah program dirancang tergambar dalam program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian. Pelaksanaan program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian.(4) Pengelolaan RTQ pada aspek evaluasi adalah melakukan rapat, supervisi, merangkum data dan meminta laporan program.
References
Abror, Abd. Rachman, Psikologi Pendidikan Yogyakarta: PT. Tiara Kencana,
Abubakar., Umarulfaruq, Jurus Dahsyat Mudah Hafal al-Qur’an Untuk Anak,
Surakarta : Ziyad Books, 2016
Adimata ,Roni Angger, Pengantar Manajemen : Teori dan Aplikasi, Malang : AE
Publishing, 2020
Adimiharja, Djasman, Psikologi Umum Pusat Pengembangan Penataran Guru
Tertulis Bandung, 1987-1988
Ahmadi, Abu, Psikologi umum Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003
Al-Gautsani., Yahya bin Abdurrazaq, Cara Mudah dan Cepat Menghafal al-
Qur’an, Jakarta : Pustaka Imam Asy-Syafi’I, 2003
Al-Ju’fiy, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn Mughirah Al
Bardazbah, Shahih al- Bukhari Jilid I, Lebanon : Darul Kutub al-
‘Ilmiyyah,1998
Al-Jufri, Abu Abdullah Muhammad bin Ismâil bin Ibrahîm bin al-Mughirah
Shahîh al-Bukhârî Juz 6, Bairut: Dar al-Fikr, 1994
Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa., Terjemah Tafsir al-Maraghi Jilid 18, Semarang
: CV Toha Putra, 2002
Al-Naisaburi Abu al-Husain Muslim Ibn al-Hajjaj al-Qusyairiy, Shahih Muslim
Jilid I, Beirut : Dar Ihya al-Turats Alarabiy
Al-Qattan, Manna’ Khalil, Studi-studi Ilmu Qur’an, diterjemahkan dari bahasa
Arab oleh Drs. Mudzakir AS : Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an, Cet. 9,
Bogor : Litera Antar Nusa, 2006
Al-Shalih, Subhi., Mabahits Fi ‘Ulumil Qur’an, Beirut : Dar al-‘Alam lil
Malayiin, cet, 16, 1985
Al-Tirmidzi , Muhammad ben Isa., Al-Jami’ al-Sahih Sunan al-Tirmidzi Jilid 4,
Lebanon : Darul Kutub al-Ilmiyyah, 2011
Ash-Shiddieqy, M. Hasbi., Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Qur’an / Tafsir,
Jakarta : Bulan Bintang, 1987
H. Djaali ,Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2009
Hadari Nawawi dan Mimi Kartini, Penelitian Terapan, Yogyakarta : Gajah Mada
University Press, 1994
Hambal, Imam Ahmad Bin., Al-Musnad Imam Ahmad Bin Hambal, Jilid 4, Ttp :
Darul Fikri, 1991 Riyadh, Sa’ad, Metode Tepat Agar Anak Hafal al-Qur’an : Cara Mudah Membimbing Anak Untuk Cinta dan Mau Menghafal al- Qur’an, Solo : Pustaka Arafah, 2015
Ro’uf, Abdul Aziz Abdur, Menghafal al-Qur’an Itu Mudah Seri 2 Anda Pun Bisa
Menjadi Hafidz al-Qur’an, Jakarta : Markas Al Qur’an, 2010
Rochman, Muhammad, Manajemen Pendidikan: Analisis Solusi Terhadap
Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran Yang Efektif,
Jakarta: Prestasi Putakaraya, 2012
Rusyd., Raisya Maula Ibnu Panduan Tahsin, Tajwid, dan Tahfizh Untuk Pemula,
Yogyakarta : Saufa, 2015
Sa’dulloh., 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.
Shaleh, Abd. Rahman, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam
Jakarta: PT. Prenada media 2004
Shihab, M. Quraish., Tafsir al-Mishbah : Pesan, Kesan dan Keserasian al-
Qur’an, Jakarta : Lentera Hati, 2002
Slameto, Belajar dan faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Srianti, Wahyu,Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Qur’an Di SDIT Dar el-Iman Padang. Tesis Sarjana Pendidikan,
Padang: Perpustakaan Pasca UIN Imam Bonjol Padang, 2018
Subroto, Suryo, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. 2 Jakarta: Rineka
Cipta, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D, Bandung: Alfabeta, 2015
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.