MOTIVASI SISWA DALAM PELAKSANAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ 30 DI SDN 01 TANGAH KABUPATEN AGAM

Authors

  • Wilda Febriani UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fauzan UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hamdi Abdul Karim UIN Sjech. M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.30

Keywords:

Tahfidz Al-Qur’an,Motivasi,Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya Pelaksanaan tahfidz Al- Qur’ an guru mematok hafalan anak didik dari kelas 1 hingga dengan kelas 6 dari surah An- Naba’ hingga dengan surah An- Nas serta tidak ditargetkan berapa surah yang dihafal tiap naik tingakatan kelasnya, namun bila para siswa kelas 6 hendak lolos dari sekolah wajib melunasi sasaran hafalan yang sudah diresmikan oleh sekolah yang wajib dicapainya, meski para guru mematok hafalannya dari An- Naba’ hingga dengan surah An- Nas kebanyakan dari para anak didik tidak menggapai hafalannya alhasil sasaran hafalannya belum berhasil sebab beberapa dari anak didik yang tidak mengulang hafalannya dirumah alhasil dikala bayaran hafalan di sekolah tidak bisa melaksanakan bayaran. Tipe Riset yang pengarang jalani merupakan riset dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan informasi yang pengarang maanfaatkan merupakan pemantauan, tanya jawab, serta pemilihan. Informan kunci dalam riset ini merupakan para anak didik kelas IV serta V, serta guru informan pendukung. Hasil penelitian ini serta hasil tanya jawab yang pengarang jalani, hingga bisa didapat kesimpulan kalau para anak didik yang menjajaki program tahfidz ini kebanyakan tidak mempunyai motivasi dan angan- angan serta harapan selaku penghafal al- Qur’ an, meski guru tahfidz telah melaksanakan tugasnya dengan bagus serta maksimum supaya para anak didik itu bisa menjajaki program ini cocok dengan tujuan yang diharapkan namun perihal ini belum seluruhnya berhasil serta menghasilkan program itu tidak optimal.

 

References

Akbar. Ali. Hidayatullah Ismail. 2016. Tata cara Tahfidz Al- Qur’ an di Pondok Madrasah Kampar. Harian Ushuluddin Vol. 24 Nomor. 1 Januari, Pekanbaru, UIN Suska Riau.

Ari, Kunto, Suharsimi serta Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2004. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Alam Aksara,

Dkk, Muhaimin. 2009. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam kategorisasi konsep pengembangan sekolah ataupun perguruan. Jakarta: Emas.

Fattah, Nanang. 2008. Alas Manajemen Pendidikan. Bandung: Anak muda Rosdakarya.

Meleong J, Lexy. 2008. Metodologi Riset Kualitatif. Bandung: PT Anak muda Rosdakarya.

Margono, S. 2007. Metodologi Riset. Jakarta: Rineka.

M. A, Sadirman.Interaksi serta dorongan berlatih membimbing.

Mudjiono, Dimyati. 2009. Berlatih serta Penataran. Jakarta: PT Rineka.

Nanang, Fattah. , 2008. Alas Manajemen Pendidikan. Bandung: Anak muda Rodkarya

Sugiono. 2009.Tata cara Riset Pendidikan. Bandung: Alfabeta. cetke8.

Suryosubroto, B, Manajemen Pendidikan Sekolah,( Yogyakarta: Rineka Membuat, 2004)

Qardhawi, Yusuf, Berhubungan Dengan Al- Qur’ an, Terj., Abdul Hayyie Angkatan laut(AL) Katanni( Jakarta: Dengung Insani, 1999).

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles