ANALAISIS KUALITATIF PERSEPSI MASYARAKAT RT 02/06 KECAMATAN PASAR KEMIS TENTANG APLIKASI GOJEK YANG DIPERGUNAKAN SEBAGAI MEDIA BERSELINGKUH
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.308Keywords:
Teknologi, Media Sosial, Gaya Hidup, Perselingkuhan, Ancaman CintaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitatif terhadap persepsi masyarakat di Rt 02/06 Kecamatan Pasar Kemis terkait penggunaan aplikasi Gojek sebagai media untuk melakukan perselingkuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang persepsi masyarakat terhadap permasalahan ini. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola pemikiran yang muncul dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Rt 02/06 Pasar Kemis memiliki persepsi yang beragam tentang penggunaan aplikasi Gojek sebagai media untuk berselingkuh. Beberapa responden melihat aplikasi ini sebagai sarana yang memudahkan untuk melakukan perselingkuhan, sementara yang lain melihatnya sebagai sebuah alat transportasi yang tidak terkait dengan masalah perselingkuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi masyarakat terhadap penggunaan aplikasi Gojek sebagai media berselingkuh sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kontekstual seperti norma sosial dan nilai-nilai moral yang ada di masyarakat tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana masyarakat di Rt 02/06 Pasar Kemis memahami dan menginterpretasikan fenomena penggunaan aplikasi Gojek dalam konteks perselingkuhan.
References
Anggraeni, F. N. (2021). ANALYSIS OF USER SATISFACTION OF PUBLIC TRANSPORTATION OJEK ONLINE (GOJEK) THROUGH SERVICE INSTRUMENTS. In Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis (Vol. 1, Issue 2).
Asriana, W., & Ratnasari, Y. (2012). Kecemburuan pada Laki-laki dan Perempuan dalam Menghadapi Perselingkuhan Pasangan Melalui Media Internet (Vol. 1, Issue 1).
Aziah, A., Popon, ), Adawia, R., & Sitasi, C. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala, 18(2), 149–156. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Cahya, A. D., Aminah, A., Rinaja, A. F., & Adelin, N. (2021). Pengaruh Penjualan Online di masa Pademi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 857–863. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.407
Dalam Metode Penelitian Komunikasi, S., Mudjiyanto, B., Nur, E., Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Jakarta, B., & Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar Jl Abdurrahman Basalama, B. (n.d.). Volume 16 No. 1-April 2013 Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa-PEKOMMAS 73.
Darma, S., Giovani Sahri, Ms., Asnita Hasibuan, Ms., Wayan Wirta, Mp. I., Immanuel B Silitonga, Ms. D., Vina Merina Br Sianipar, Mp., Miftahul Khoiriah Sri Ayu Rayhaniah, Mp., Nancy Angelia Purba, Ms., Supriadi, Mp., Abwabul Jinan, Mh., Muhammad Hasyim, Sk., Editor, Ms., & Ali Mursid Alfathoni, M. (n.d.). PENGANTAR TEORI SEMIOTIKA. www.medsan.co.id
Effendi, F. P., & Dewi, D. A. (n.d.). Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial.
Ekonomi, J. :, Fakultas, S., Ekonomi, :, & Islam, B. (n.d.). SKRIPSI PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP MAHASISWA IAIN METRO Oleh: DEWI OKTAVIANI NPM. 14118004.
Fakhriyah, P. (2020). JURNAL COMM-EDU PENGARUH LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (GOJEK) TERHADAP PERLUASAN LAPANGAN KERJA BAGI MASYARAKAT DI KOTA CIMAHI (Vol. 3, Issue 1).
Fitrah Nurrizka, A. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial (Vol. 5, Issue 1).
Hidayat, R. (2014). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA MOTIVASI PADA LIRIK LAGU “LASKAR PELANGI” KARYA NIDJI. 2(1), 243–258.
Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. In The Journal of Society & Media (Vol. 2, Issue 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index
Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif (Materi Kuliah Metodologi Penelitian PPs. UIN Maliki Malang). (n.d.).
Nurjamad, M. A., & Larasati, D. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PADA KEPUASAN PELANGGAN FITUR GO-RIDE PT. GOJEK INDONESIA. www.cnbcindonesia.com
samsi. (n.d.).
Shaleha, R. R. A., & Kurniasih, I. (2021). Ketidaksetiaan : Eksplorasi Ilmiah tentang Perselingkuhan. Buletin Psikologi, 29(2), 218. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.55278
Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Syam, S. (n.d.). Al-Usrah : Jurnal Al-ahwal As-Syakhsiyah PEMICU MEDIA SOSIAL DAN PENGARUHNYA AKIBAT PERSELINGKUHAN: FENOMENA DALAM KEHIDUPAN KELUARGA.
Widyastuti, W., Sulistyowati, R., Pd, S., & Pd, M. (2021). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN FITUR GO-FOOD (STUDI PADA PENGGUNA GOJEK DI SURABAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9.
Zahid|, A., Media, K. S., Mcluhan, M., Media, A., Kini, M., Prodi, Z., & Agama, S. (n.d.). SENSUALITAS MEDIA SOSIAL DI ERA GLOBALISASI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.