PENINGKATAN SIKAP MENGHARGAI PERBEDAAN PADA SISWA KELAS IV SDN 10 SIANOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Authors

  • Hasifa UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.31

Keywords:

Sikap Menghargai Perbedaan

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya sikap menghargai perbedaan pada diri siswa, yang kurangnya sikap menghargai ini menyebabkan rendahnya rasa percaya diri siswa. Hal ini Peneliti dapati pada pengamatan di lapangan siswa yang kurang menghargai temannya dengan tidak mendengarkan teman yang tampil di depan kelas. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini ialah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa angket siswa mengenai sikap menghargai, yang diberikan pada setiap siklus, dan juga observasi pelaksanaan model pembelajaran kooperatif. Data yang terkumpul setiap siklus akan dianalisis, diuji, dideskripsikan dan ditarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Hasil Penelitian yang didapatkan peningkatan sikap menghargai siswa dilihat dengan berkurangnya nilai angket yang berisi pernyataan negatif terkait sikap menghagai perbedaan. Pada siklus 1 total nilai 395, pada siklus 2 total nilai 350, dan pada siklus 3 total nilai 301.

 

 

References

Anda Juanda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. ( Yogyakarta: deepublish).

Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifmiboy dan Khairuddin.2017. Persepsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Bukittinggi Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis ICT.

Arikunto Suharsimin. 1993. Manajemen Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta).

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.KEMENDIKBUD.Profil Pelajare Pancasila. 09 Juli 2021. 12:45 diakses padalinkhttps://bpip.go.id/berita/1035/807/profil-pelajar-pancasila. tanggal 25/11/2022.

Diakses pada halaman https://repository.uksw.edu.dari Universitas Kristen Satya Wacana.

Fahlevi.Reza .27 Juli 2022.Kiat Menangani Anak yang egois.diakses pada Klikdokter.com.tanggal 28/11/2022.

Fauzan Ahmad dan Jamaludin. 2010. Buku Guru Kelas IV. (Jakarta Pusat.Pusat Kurikulum dan Perbukuan).

Hadi Abdul. Memahami Sikap Saling Menghargai dan Macam-Macamnya. 08 Juni 2021.Diakses pada https://tirto.id/ggyN. Pada tanggal 29/11/2022.

Halawa1 Agnes Monica. Adolfina Elisabeth Koamesakh. Natanel Wasiyono. danFredik Melkias Boiliu. 2022. Penerapan Metode Think Pair Share Dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen UntukMeningkatkan Sikap Menghargai Siswa.

Halawa1 Agnes. Adolfina Koamesakh. Natanel Wasiyono. Fredik Boiliu. Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Sikap Mengharai. Jurnal Basidu. Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022.

Hardianto. 2011. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam.Volume 3.Nomor 1.

Huda Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis danParadigmatis). (Yogyakarta : Pustaka Pelajar).

Iskandar. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

KBBI.6 Arti Kata Menghargai dalam KBBI.Diakses pada link 6 Arti Kata Menghargai di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (lektur.id) tanggal 23/11/2022.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi. Diakses pada link https://kemenkopmk.go.id/tantangan-pendidikan-di-masa-pandemi.tanggal 28/11/2022

Kementerian Pendidikan dan Budaya.Pengertian Capaian Pembelajaran. Diakses pada link https//:guru.kemdikbud.go.id. tanggal 08/11/2022

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Kusuma. Febrian Widya dan Mimin Nur Aisyah. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkaytkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2021/2020. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume X. No. 2

Leonard dan Rosita. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.Jurnal Formatif 3(1).

Leonard dan Rosita. 2018. Meningkatkan Kerjasama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.Jurnal Formatif. Volume 3.Nomor 2.

Ngafifi Muhamad dan Siti Irene Astuti D. 2014. Penerapan Model Think Pair ShareBerbantuanMediaUntuk Meningkatkan Aktivitas. Sikap. Dan Hasil Belajar Ips.

Novitasari Yesi dan Danag Prasatyo. 2020. Egosentrisme Anak Pada Perkembangan Kognitif Tahap Praoperasional. Jurnal Pendidikan. Volume 7.Nomor 1.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.Hlm. 17.diakses pada link https://pelayanan.jakarta.go.id. dari Pelayanan Jakarta. Tanggal 29/11/2022

RositaIta dan Leonard. 2013. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif. Volume 3. Nomor 1

Sari Novia Eka.Muhiddinur Kamal. Zulfani Sesmiati. dan Arifmiboy. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pembelajaran Fiqih Kelas VIII MTSS Fastabiqul Khairat Gunuang Malintang Pangkalan Koto Baru. Jurnal Multidisiplin Ilmu. Volume 1. Nomor 3

Sayyaf Muhammad. 15 Contoh Sikap Toleransi di Lingkungan Sekolah Materi tema 7 kelas 4 SD.29 november 2022. Diakses pada 15 Contoh Sikap Toleransi di Lingkungan Sekolah: Materi Tema 7 Kelas 4 SD - Sonora.id. tanggal 29/11/2022

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum2013. ( Yogyakarta : ar-ruzz media).

Surayya L.. I W. Subagia. I N.. dan Tika. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar IpaDitinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Syafnidawaty. 2020. Data Primer. Universitas Raharja. diakses pada link https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/. Pada tanggal 25/11/2022

Wati Hasna. 2016. The Effect of Jigsaw toward Third Year Student’s Learning Interest in IAIN Bukittinggi. Volume 23.Nomor 2.Al- Ta’lim Jounal.

Widarta.Model Pembelajran Kooperatif Learning. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Yatul Fitri. Salmi Wati. Charles. dan Muhiddinur Kamal. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Card Sord terhadap Hasil Belajar PAI Materi Hukum Tajwid Kelas XI IPS di SMA N 1 Timpeh. Volume 6.Nomor 2.

Yusminiwati.3 Desember 2021.Karakteristik Pembelajaran Kooperatif.Diakses padalink.https://www.kompasiana.com/yus_mini/552e2a5e6ea8349c128b456b/karakteristik-pembelajaran-kooperatif.tanggal 28/11/2022.

Zuriati Elly. 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui ModelPembelajaran Think Pair Share (TPS).

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles