LITERASI SEBAGAI PONDASI MASA DEPAN: ANALISIS TANTANGAN DAN SOLUSI DI SDN KOLOR II
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3619Keywords:
Literasi; Solusi; TantanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program literasi di SDN Kolor II dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi di SDN Kolor II, seperti membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, Sabtu Ekspresi, dan pojok baca kelas, belum berjalan secara maksimal. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya minat siswa dalam membaca, minimnya fasilitas literasi, kurangnya kreativitas guru dalam mengelola program literasi, serta koleksi buku di perpustakaan yang belum diperbarui. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi program literasi di SDN Kolor II membutuhkan perbaikan fasilitas, peningkatan kreativitas guru, dan pembaruan koleksi buku perpustakaan agar dapat meningkatkan minat siswa terhadap literasi.
References
Amelia, N., Apriliya, S., & Alia, D. (2024). Kondisi Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Sebagai Fasilitas Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(3), 286-291.
Agustina, N., Ramadhani, S, I., & Enawar.(2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 2 SDN bojong 04. Jurnal Pendidikan dan konseling, 4(5), 1999-2003.
Bustam, R. N., Muyassarah, M., Hirghawati, H., Putri, D. G., Ratna, R., & Judti, N. A. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Anak di Desa Mantaren dengan Memaksimalkan Fasilitas Taman Baca. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 762-769,
Dwihartono, P., Sukmasetya, P., & Angraeni, D, L. (2023). Membangun Pondasi Pendidikan: Upaya Menungkatkan Literasi Numerasi Di SD Negeri Purberejo. Jurnal Madaniya, 4(4), 2001-2007.
Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.
Gifari, R. G., Badriyah, A. N., Salsabila, A. Z., Jamilah, I. S., Permana, I., Maksipah, L., ... & Awamirillah, W. N. (2024). Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90-102
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Hardiyanti, M, W., & Sabardila, A.(2022). Penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca Di SMP Negeri 1 Mojogedang. Jurnal Literasi, 6(2), 268-281.
Jaya, S. (2023). Meningkatkan Literasi Al-Quran Anak-Anak Di Lingkungan Masjid Al Masyithon Lingkar Timur Melalui Kegiatan Magrib Mengaji. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(03), 137-147.
Mansyur, U., Rahmawati, S., & Muhajir. (2023). Pojok Baca Mts Wahdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa Sebagai Wujud Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Madaniya, 4(1), 44-53.
Narbuko, S. (2023). Liberti ( Literasi Berbasis Teknologi Informasi Digital) Strategi CGP Meningkatkan Literasi Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Education Transformation. Vol 1, 1-10.
Paluvi, I., Mulia, T, I., Andina, M., Sari, N., & Dafit, F. (2023). Pentingnya Gerakan Literasi Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar 08 Kampung Rampak. Jurnal Pendidikan. 2(1), 263-265.
Putra, A. M., Sahputra, E., & Saputera, S. A. (2024). Peningkatan Minat Baca Dan Literasi Anak Melalui Program Pengabdian Masyarakat Di Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 156-160.
Raja, B, M, J., fahik, P, M., & Negara, Y, P, I. (2023). Pentingnya Edukasi Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Prosiding Sinaptek. Volume 6, 127-134.
Rokmana., Fitri, N, E., Andini, F, D., Misnawati., Nurachmana, A., Ramdhan, Y, I., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal Student Research. 1(1), 129-140.
Viyanti, P., Pramusinta, Y., & Faradilla, Y. P. A. (2024). Revitalisasi Perpustakaan Guna Meningkatkan Kualitas Literasi Baca Tulis Siswa MI Pembangunan Sidomukti Lamongan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 1807-1817.
Wattimena, M. C., Hukubun, R. D., Ratuluhain, E. S., Hanubun, E., & Madi, M. (2024). Peningkatan Minat Dan Bakat Melalui Pentas Seni Pada Siswa Sekolah Dasar. Transformasi Masyarakat: Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian, 1(3), 64-69.
Yanti, I. (2022). Pembiasaan sebagai Bentuk Penerapan Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Logas Tanah Darat. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 41-47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.