PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3625Keywords:
metode, metode diskusi, melatih, berpikir kritisAbstract
Metode pembelajaran adalah salah satu aspek yang sangat penting dan merupakan model yang digunakan seorang pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga tujuan dan proses pendidikan berlangsung efektif dan tercapai dengan baik, dengan hal ini metode pembelajaran sangat dibutuhkan dalam sekolah, khususnya bagi pembelajaran di dalam kelas. Metode diskusi dimaksudkan untuk merangsang siswa dalam belajar dan berpikir secara kritis dan mengeluarkan pendapatnya secara rasional dan objektif dalam pemecahan suatu masalah sehingga dengan metode ini diharapkan proses pembelajaran akan lebih mengarah pada pembentukan kemandirian siswa dalam berpikir dan bertindak. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sering kali dihadapkan pada persoalanpersoalan yang tidak dapat dipecahkan hanya dengan satu jawaban atau satu cara saja, tetapi perlu menggunakan banyak pengetahuan dan macam-macam cara pemecahan dan mencari jalan yang terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode SLR dan menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan informasi dari guru di SDN BABAN 1 terkait penerapan metode diskusi untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.
References
Yakin, A. (2020, November). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 157-163).
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234-241.
Hudah, N. (2020). Upaya meningkatan hasil belajar matematika melalui metode diskusi pada siswa kelas VI SD Negeri 24 Indralaya. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42-51.
Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193-198.
Septiani, B., & Djuhan, M. W. (2021). Upaya guru meningkatkan sikap sosial siswa melalui metode diskusi pada mata pelajaran ips. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 61-78.
Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan metode diskusi untuk mengaktifkan proses berpikir kritis siswa kelas 3 SD dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36-46.
Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students' Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 92, 99-119.
Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43-54.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073-082.
Susanti, Elli., Astri Sutisnawati., Iis Nurasiah. 2019. Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Jurnal Utile. Vol. 5 (2) 123-133
Saputri, L., Sudaryanto, Dian D. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning dan Media Gambar Materi Membuat Cerita Kelas II SD Intis School Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1304-1312.
Supriyati, I. (2020). Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104-116.
Widodo, T., Karim, A., & Nadjamuddin, L. (2020). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 4 Limboto. Jambura Elementary Education Journal, 1(2), 80-89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.