ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI RUMAH BELAJAR SEBAGAI ALAT BANTU ASESMEN PADA PEMBELAJARAN Di SDN ROMBEN GUNA II
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3626Keywords:
Aplikasi Rumah Belajar, penilaianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Rumah Belajar sebagai alat bantu asesmen dalam pembelajaran. Aplikasi Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, menawarkan berbagai fitur edukatif yang dapat mendukung proses pembelajaran, termasuk dalam hal asesmen siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada sejumlah sekolah yang menerapkan aplikasi Rumah Belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mempermudah guru dalam melakukan asesmen formatif, memberikan umpan balik secara cepat, serta memonitor kemajuan belajar siswa secara lebih efektif. Aplikasi ini juga membantu siswa untuk melakukan evaluasi diri dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya pemahaman teknis dari sebagian guru dalam memanfaatkan fitur-fitur aplikasi secara maksimal. Secara keseluruhan, aplikasi Rumah Belajar dapat dijadikan alat bantu asesmen yang efektif jika didukung oleh pelatihan yang tepat untuk pendidik dan infrastruktur teknologi yang memadai.
References
Hambali Alman Nasution and Nasution, “Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi,” August 10, 2020.
Nizaruddin, Muhtarom, and Nugraha, “Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring.”
Hambali Alman Nasution and Fikri Alwi Nasution, “Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 2 (August 10, 2020): 106–16, https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1306.
Irkhamizzakiyal Fachiroh, “Pemanfaatan Aplikasi Rumah Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama,” 2022.
Nizaruddin Nizaruddin, Muhtarom Muhtarom, and Aryan Eka Prastya Nugraha, “Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12, no. 2 (June 30, 2021): 291–96, https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417.
Permatasari et al., “Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran.”
Endang Poerwanti, “KONSEP DASAR ASESMEN PEMBELAJARAN,” n.d.
Hambali Alman Nasution and Fikri Alwi Nasution, “Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi,” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 2 (August 10, 2020): 106–16, https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1306.
Yulia Isratul Aini, “PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR UNTUK PEMBELAJARAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU” 25 (2021).
Silvia Permatasari et al., “Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran” 6 (2023).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.