ANALISIS PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DAN BEBAN KERJA REPARASI APPAREL SEPATU MENGGUNAKAN METODE SERVAQUAL (SERVICE QUALITY) DAN WLA (WORK LOAD ANALYSIS)

Authors

  • Unggul Bayu Wicaksono Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ayudyah Eka Apsari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3648

Keywords:

Quality, Productivity, WLA, SERVQUAL

Abstract

Max Cleaning adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa pencucian dan reparasi apparel mengalami permasalahan pada kualitas pelayanan dan produktivitas yang mengakibatkan terjadinya tida tepat waktu. Untuk meningkatkan performa, Max Cleaning menggunakan metode SERVQUAL untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan metode WLA untuk mengurangi beban kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi SERVQUAL: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, serta untuk mengurangi beban kerja karyawan. Terdapat berbagai elemen kerja di unit washing dan repairing, termasuk penerimaan barang, klasifikasi material, proses cuci, reparasi, dan pengecekan kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelayanan sudah mendekati ekspektasi pelanggan, ada kekurangan pada dimensi tangibles dan responsiveness yang perlu diperbaiki. Secara keseluruhan, pelayanan UMKM ini sudah memenuhi harapan pelanggan. Namun, perhitungan beban kerja menunjukkan bahwa pekerja di unit washing dan repairing mengalami overload, dengan beban kerja yang melebihi kapasitas efisien. Oleh karena itu, disarankan untuk menambah jumlah pekerja atau melakukan redistribusi tugas untuk mengurangi beban kerja yang berlebihan dan meningkatkan efisiensi operasional.

References

Aditya, N. R., & Wibisono, Y. Y. (2024). INTEGRATION OF SERVQUAL AND IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS IN IMPROVING SERVICE QUALITY OF MORE COFFEE AND SPACE. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 8(3). https://doi.org/10.29040/ijebar.v8i3.14635

Anindita, E. (n.d.). PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA 2022.

Asti Nasution, S. T., Yahya, I., Lumbanraja, P., & Abubakar, E. (2023). ASSESSING THE AUDITOR’S WORKLOAD THROUGH PROFESSIONAL SKEPTICISM. Proceedings of International Conference on Finance Economics and Business (ICOFEB), 1, 0014. https://doi.org/10.29103/icofeb.v1i-.459

Astika, I. M. J., & Bastari, A. (n.d.). Workload Environment Analysis And Optimization Of The Number Personnel Of Ships Using WLA Methods.

Hastuti, S., Dpw, I. A., & Pawenang, S. (2023). Competency, Compensation, and Workload Occupational Therapist Performance with Motivation as a Moderating. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 3(2), 11–28. https://doi.org/10.37680/ijief.v3i2.5289

Ibrahim, A., Fitriani, L., Ruskan, E. L., Sevtiyuni, P. E., & Suarli, P. P. (2024). Analysis of the Level of Satisfaction with the Quality of Clinical Services Using the Servqual Method. JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, 7(2), 385–396. https://doi.org/10.31289/jite.v7i2.11171

Lubis, F. S. R., Maimunah, P., Munthe, S., & Salianto, S. (2024). Literature Study: The Relationship Between Workload and Work Stress in Nurses. PROMOTOR, 7(6), 768–773. https://doi.org/10.32832/pro.v7i6.856

Meisya, C., Fajriah, N. F., & Sari, S. (2022). WORKLOAD ANALYSIS TO OPTIMIZE LABOR OF TOFU FACTORY X WITH WORK LOAD ANALYSIS AND WORKFORCE ANALYSIS METHODS. Journal of Industrial Engineering Management, 7(2), 101–107. https://doi.org/10.33536/jiem.v7i2.941

Nursyamsi, F., & Irbayuni, S. (2025). THE INFLUENCE OF WORKLOAD AND COMPENSATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT J&T EXPRESS COURIERS IN THE NORTH SURABAYA REGION. 8(1).

Putra, S., Handoko, F., & Haryanto, S. (2020). ANALISIS BEBAN KERJA MENGGUNAKAN METODE WORKLOAD ANALYSIS DALAM PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL DI CV. JAYA PERKASA TEKNIK, KOTA PASURUAN. 3(2).

Sitepu, R. A., Harianto, E., & Sarwoko, E. (2024a). The Role of Organizational Citizenship Behavior (OCB) in Moderating the Relationship Between Entrepreneurial Leadership, Organizational Climate, and Workload on Employee Performance. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2), 01–13. https://doi.org/10.30762/joiem.v5i2.3637

Sitepu, R. A., Harianto, E., & Sarwoko, E. (2024b). The Role of Organizational Citizenship Behavior (OCB) in Moderating the Relationship Between Entrepreneurial Leadership, Organizational Climate, and Workload on Employee Performance. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2), 01–13. https://doi.org/10.30762/joiem.v5i2.3637

Solekha, A., & Yuamita, F. (n.d.). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM BATIK FAMILY MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL & IPA.

Sudiono, S., Mulyono, S., & Permatasari, H. (2023). ANALYSIS OF WORKLOAD AND WORK-RESULT LEVELS ON WORK FATIGUE IN ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS IN WEST KARAWANG DISTRICT. Jurnal Ners, 7(1), 556–563. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.13772

Suryanto, A., Salahudin, M., Kuncoro, B. N., & Putri, D. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Dengan Metode Servqual Pada PT. Sinergi Adhikarya Semesta. IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology, 5(1). https://doi.org/10.31294/imtechno.v5i1.2823

Tandilino, E. V., Dharma Widada, & Farida Djumiati Sitania. (2023). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Pelayanan Dengan Metode Servqual dan Customer Satisfaction Index (CSI). JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.31289/jime.v7i2.10205

Wahyudi, T., Forijati, R., & Heriadi, A. (n.d.). Service Quality Measurement System with Method.

Wahyulistiani, A. F., Safirin, M. T., Tranggono, T., & Lantara, D. (2022). WORKLOAD ANALYSIS TO DETERMINE THE NUMBER OF LABOR IN SOAP PRODUCTION USING THE FULL TIME EQUIVALENT METHOD: A CASE STUDY OF PT. XY. Journal of Industrial Engineering Management, 7(3), 232–237. https://doi.org/10.33536/jiem.v7i3.1322

Widhiarso, W., Zein, N. F. R., & Jatiningsih, M. G. D. (2022). Analisis Beban Kerja Menggunakan Metode Workload Analysis (WLA) Untuk Menentukan Kebutuhan Tenaga Kerja Optimal. Jurnal Teknik Industri, 1(2), 70. https://doi.org/10.30659/jurti.1.2.70-80

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles