PERAN AKHLAQ TASAWUF DALAM MENANAMKAN NILAI SPIRITUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3657Keywords:
Akhlak Tasawuf, nilai spiritual, Pendidikan Sekolah DasarAbstract
Penerapan akhlak sufi dalam mengajarkan nilai-nilai spiritual kepada peserta didik sekolah dasar merupakan langkah mendasar dalam membentuk pribadi keagamaan yang baik sejak usia dini. Moralitas sufi berakar pada ajaran Islam tentang penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) dan penguatan hubungan seseorang dengan Allah, serta menekankan pentingnya kejujuran, ketulusan, kasih sayang, dan kerendahan hati dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak sekolah dasar berada dalam masa perkembangan yang kritis dan nilai-nilai moral dan spiritual dapat diajarkan secara efektif melalui pendekatan yang disesuaikan dengan sifatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode penerapan akhlak Sufi di lingkungan sekolah dasar, menganalisis efektivitasnya, dan mengeksplorasi tantangan yang dihadapinyaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam terhadap guru, orang tua dan siswa, serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akhlak tasawuf dilakukan melalui berbagai cara, seperti amalan doa sehari-hari (doa, dzikir, permohonan), serta transmisi nilai-nilai spiritual melalui kisah-kisah inspiratif dari masyarakat. Ini menunjukkan bahwa hal itu mungkin terjadi. Al-Qur'an dan Hadits B. Menciptakan budaya sekolah yang kondusif bagi pengembangan spiritual, termasuk kegiatan pembelajaran agama, pengajaran, dan kerja sosial. Lebih lanjut, keteladanan guru sebagai teladan menjadi faktor penting dalam penanaman nilai-nilai tasawuf pada siswa. Penerapan ini telah memberikan dampak positif yang signifikan sebagai berikut: B. Meningkatkan kesadaran spiritual peserta didik, mempererat hubungan dengan Allah SWT, dan mengembangkan karakter yang mencerminkan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, kesabaran, dan saling menghormati. Namun penelitian ini menunjukkan sejumlah tantangan, termasuk kurangnya pemahaman mendalam tentang moralitas sufi di kalangan pendidik dan terbatasnya waktu untuk memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam kurikulum yang sudah sibuk.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan moralitas tasawuf merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan kesadaran spiritual dan moral pada anak sekolah dasar, asalkan didukung oleh sinergi antara sekolah, keluarga dan masyarakat, saya simpulkan. Rekomendasinya antara lain melatih para pendidik dalam etika tasawuf, mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel, dan memperkuat komunikasi antara orang tua dan sekolah untuk menjamin keberlangsungan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa.
References
Al-Ghazali, Imam. Ihya Ulumuddin. Beirut: Dar al-Ma’rifah Ahyar,
Al-Hamid, Muhammad. Tasawuf dan Etika Kehidupan: Perspektif Kontemporer. Jakarta: Pustaka Al-Qalam, 2022.
Ali, A. (2024). Membangun Karakter Anak MeMembangun Karakter Anak Melalui Kisah-Kisah Inspiratif dalam Islam. Jakarta: Lembaga Penerbitan Islam.
Anwar, Abdul Azis. Filsafat Akhlak Tasawuf: Konsep dan Implementasi dalam Masyarakat.
Fathani, Ahmad. Penyucian Jiwa dalam Tasawuf: Tazkiyatun Nafs dan Penerapannya. Yogyakarta: LKiS, 2023.
Hassan, MA (2023). Tasawuf dan Pendidikan Anak: MTasawuf dan Pendidikan Anak: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Sufistik dalam Pendidikan Karakter
Hidayat, Abdurrahman. Akhlak Tasawuf dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial. Malang: UMM Pers, 2020.
Kamil, Nuruddin. Hablum Minallah dalam Perspektif Tasawuf: Keikhlasan dalam Beribadah. Surabaya: Zahir, 2024.
Kurniawati, S. (2020). Spiritualitas dalam Pendidikan Anak: Panduan untuk Orang Tua dan Guru. Surabaya: Nuansa Cendekia.
Muhammad, Abdullah Nasih Ulwan. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Gema Insani
Mumtaz, A. (2021). Peran Pendidikan Spiritual dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Insani.
Rahman, F. (2022). Pendidikan Anak Spiritual : Implementasi Pendidikan Spiritual Anak: Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari. Yogyakarta: Karya Utama.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Suwito, Moh. (2010). Tasawuf dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LKiS.
Wibowo, Agus. Tasawuf dan Keseimbangan: Membangun Hubungan Harmonis dengan Alam Hidup dan Sesama. Jakarta: Gramedia, 2023.
Yuliatun, Jurnal. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama, Vol. 1, 2013.
Zakiah Daradjat. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.