Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatan Brand Image SD Negeri Baban I Sumenep

Authors

  • Amelia Prischa Wirandita STKIP PGRI Sumenep
  • Bella Helliana Febria STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3669

Keywords:

Manajemen, Ekstrakurikuler, Sarana dan Prasarana, Perjanjian (MoU)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Baban I Sumenep. Yang mana ini berdasarkan pada hasil temuan peneliti terkait pendapatan kejuaraan atau prestasi yang diraih oleh peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah negeri Baban I Sumenep. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan : Diperlukan adanya manajemen yang matang, dalam hal ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dalam pemaparan MoU dalam pemenuhan sarana dan prasarana ekstrakurikuler kepada pihak eksternal.

 

References

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.

Astuti, T. (2016). pelaksanaan manajemen mutu kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Purwokerto. 3.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Eca Gesang Mentari, dkk, Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler, (Temanggung: Pustaka Indonesia, 2019), 103.

Estiani, S. W., & Hasanah, E. (2022). Principal’s Leadership Role in Improving Teacher Competence. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 229–241.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Kanya, N., Fathoni, A. B., & Ramdani, Z. (2021). Factors Affecting Teacher Performance. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1462–1468.

Makmur, A. D. M., Saputra, A. W., & Dewi, B. M. (2023). Amatan Hukum Perikatan Mengenai Otoritas Memorandum of Understanding (MoU) sebagai Tahapan Pra Kontrak. Legal Journal of Law, 2(2), 36-45.

Marlya Fatira AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Na’Im, Z., Yulistiyono, A., Arifudin, O., Irwanto, I., Latifah, E., Indra, I., ... & Gafur, A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam.

Nurrahman, N., Oviyanti, F., & Syarnubi, S. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 166-175.

Oktavianti, F. (2019). Manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Joyful Learning Journal, 8(4), 184-192.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada

Rizqina, A. L. (2020). Manajemen ekstrakurikuler pada peserta didik di PAUD IT Alhamdulillah Yogyakarta. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116-123.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159-177.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193-208.

WAHDIAN, A., & Hardiansyah, F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Wacana Didaktika, 9(01), 1-17.

Yuliana, W., & Zainuddin, Z. (2024). Kemampuan Kepala Sekolah dan Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Performa Guru di sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 214-226.

Downloads

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles