Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Pemahaman Materi Siswa Pada Materi Kebijakan Fiskal

Authors

  • Cheresentia Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Agnes Dea Lita Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Bona Vintura Suyana Pandiangan Universitas Negeri Medan
  • Olive Katrina Joyanka Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.4843

Keywords:

Canva, learning media, understanding of material, fiscal policy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Canva terhadap pemahaman siswa pada materi kebijakan fiskal di SMA Negeri 17 Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, data dikumpulkan dari 38 siswa kelas XI-2 melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Canva berpengaruh signifikan terhadap pemahaman materi siswa (sig. 0,001 < 0,05) dengan koefisien regresi 0,641. Nilai Adjusted R² sebesar 0,256 menunjukkan bahwa 25,6% variasi pemahaman siswa dipengaruhi oleh penggunaan Canva. Dengan demikian, Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran ekonomi yang menarik dan interaktif.

References

Afina, Hoirunnisak, Kusmiyati, Hatip, A., & Silver, S. T. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika . Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan , 266 - 270 .

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, M. &. (2020). Efektivitas Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Motivasi dan Kualitas Pembelajaran Siswa. Jurnal PEDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-10.

Deliana, A. R. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 298–303.

Divia, B., Syarifah, L. R., Marcella, I., Ramadhan, E. F., Puspita, D., & N. K. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas 4 Sd Muhammadiyah Blawong 1. Prosiding Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1980-1989.

Hajar, O., Kasiyun, S., Susanto, R. U., & Akhwani. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6404 - 6413.

Haryadi, Wardana, V., Sembiring, G. B., Sianturi, T., & Sitorus, M. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jurnal of Citizen Research and Development, 548-554.

Ikram, D., & Nasir, M. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar-Mengajar. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 84-90.

Johan, E. P., Rustam, & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster Di Smp Nasional Sariputra Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 137-149.

Lestari, D., Kantun, S., & Herlindawati, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 62-76.

Mila, e. a. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Transformasi Pendidikan Ramah Pengguna. Prosiding Seminar Nasional Unimbone.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 1-18.

Rohayati, Y., Nuryana, & Wijaya, A. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Journal of Social Science Education, 241-252.

Saputra, D. S. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di SMP Negeri 18 Balikpapan. Prosiding Berkal Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan.

Shoimah. (2020). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Edukatif, 78-95.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 102-118.

Yasser Maulana Iqbal Alif, S. (2021). Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smks Nurut Taqwa. IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 372-380.

Yassha, P. M., Basyirun, F., & Putri, D. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Fase E Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 3 Solok. Jurnal Ekonomi Dinamis , 71-77.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles